Pengertian Buffering Beserta Penyebab Buffering Ketika Mengakses Youtube

Sebagian besar dari kita pasti sering menikmati akses video dari youtube, bahkan ada yang menganggap youtube lebih dari tv. Ketika koneksi internet yang kita gunakan untuk menonton youtube mengalami hambatan atau penurunan kecepatan, pasti akan terasa menyebalkan di benak kita.

Di momen tersebut pasti anda melihat ada sebuah tampilan yang menandakan bahwa ada sebuah proses yang sedang berjalan, proses tersebut namanya adalah Buffering. Nah pada kesempatan kali ini, yang akan di bahas adalah pengertian buffering ketika mengakses Youtube.

Pengertian Buffering

Secara resmi istilah Buffering memiliki pengertian bahwa, Buffering adalah sebuah proses yang menandakan adanya sebuah proses transaksi data baik dalam mengakses audio maupun video seperti yang terjadi di youtube. Buffering terjadi hanya pada proses video on demand, dimana video yang anda tonton tidak langsung di download ke dalam komputer, tetapi langsung di mainkan. Begitu juga ketika anda sedang mendengarkan musik secara online, ketika proses mengakses datanya terkendala koneksi yang tidak stabil, maka akan terjadi Buffering.

Apa itu Buffering

Pengertian Buffering Ketika Mengakses Youtube

Namun yang perlu anda ketahui adalah, bahwa buffering dan streaming biasanya terjadi dalam satu momen yang sama, ketika anda sedang menonton video youtube, itu bernama streaming dimana video yang ditonton dalam komputer tidak di unduh ke dalam komputer, sedangkan ketika proses menonton video anda terganggun dengan koneksi internet yang tidak stabil kemudian mengalami proses delay, itu namanya Buffering.

Penyebab Buffering

Setelah mengetahui pengertian buffering ketika mengakses Youtube. Lalu apa penyebab beffering? Secara umum penyebab terjadinya Buffering sama, yaitu pada koneksi internet yang tidak stabil, namun tidak semua kejadian Buffering di akibatkan oleh koneksi yang tidak stabil, ada juga penyebab lain terjadinya Buffering, yaitu aplikasi peramban yang tidak normal atau terlalu berat.

biasanya peramban yang berat di akibatkan oleh banyaknya plugin yang terpasang pada browser, jika anda tidak familiar dengan kata plugin, mungkin yang lebih anda kenal adalah extension, kedua istilah itu sama saja. Nah jika browser anda terlalu banyak extension, sebaiknya kurangi dengan cara melakukan disable atau sekalian melepas extension yang tidak terpakai.

Selain browser yang terlalu berat, kejadian Buffering juga bisa saja karena kapastias ram yang sudah hampir penuh, kemungkinan karena masalah ram terjadi jika internet yang anda miliki memang benar-benar cepat dan stabil, RAM bisa saja menjadi penyebab terjadinya Buffering, jika kapastias ram yang terpakai hampir mencapai titik maksimalnya. Mengingat fungsi dari RAM adalah untuk menyimpan data yang tidak permanen, dan data video on demand termasuk dalam data tidak permanen atau data sementara.

Lalu Bagaimana Cara mengatasi Buffering?

Pengertian Buffering

Pengertian Buffering Ketika Mengakses Youtube

Tidak selamanya Buffering terus menerus menimpa anda, karena nyatanya Buffering dapat kita atasi, dalam artikel ini ada sedikit tips yang bisa anda gunakan untuk mengatasi permasalahan Buffering. Namun yang perlu ketahui adalah, pastikan koneksi internet yang anda gunakan sudah normal. Jika memang koneksi internet yang anda gunakan normal, selanjutnya anda bisa ikuti beberapa tips di bawah ini, berikut adalah tips yang bisa anda gunakan untuk mengatasi Buffering ketika sedang menonton youtube.

1. Bersihkan cache browser

Bersihkan cache browser

Cache Browser

Semakin sering ketika mengakses internet menggunakan browser maka penumpukan cache browser akan semakin banyak. Untuk informasi saja, bahwa cache adalah sebuah data berupa riwayat penggunaan browser, termasuk di dalamnya adalah riwayat alamat website, data dari website yang pernah di buka, dan lain sebagainya.

Cache tersebut tidak akan terhapus, jika kita sebagai pengguna browser tidak menghapusnya dan akan terus menumpuk sehingga browser terasa berat. Nah untuk mengatasi beratnya browser yang mengakibatkan Buffering, anda bisa mengtasinya dengan mengahpus cache yang ada.

2. Cobalah browser lain

Pengertian Buffering

Browser

Jika anda sudah mencoba untuk menghapus cache namun tetap sering terjadi Buffering padahal koneksi internet anda lancar. Berarti masalahnya mungkin terjadi karena browser yang anda gunakan tidak cocok dengan spesifikasi komputer yang anda gunakan.

Jika sekarang anda menggunakan browser chrome, maka cobalah ganti dengan browser lain seperti, opera, mozila, dan lain sebagainya. Karena jika anda menggunakan browser chrome sedangkan komputer yang anda gunakan memiliki spesifikasi komponen pas-pasan, akan terasa berat. Mengingat browser chrome memang terkenal banyak memakan sumber daya.

3. Tidak dalam mode Auto Resolution

Jika anda teliti ketika sedang menonton video dalam youtube, di layar video youtube bagian kanan bawah ada sebuah icon gerigi. di situlah anda dapat mengatur resolusi dan kwalitas video yang anda tonton. Dalam hal ini pihak youtube memang cukup cerdas dalam melayani penggunanya. Dimana kualitas video yang di sajikan sangat tergantung dengan kecepatan koneksi internetnya, hal ini untuk menjangkau seluruh pengguna youtube yang datang dengan berbagai macam kecepatan.

Pengertian Buffering

Resolusi Video

Jika koneksi lambat maka kualitas video menurun, nah jika koneksi lancar maka kualitas video semakin baik. Namun kadangkala fitur ini mengakibatkan terjadinya Buffering, nah untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa mengatur kualitas video ke resolusi pertengahan, yaitu tidak terlalu rendah karena bisa menyakitkan mata, namun juga tidak terlalu tinggi karena bisa menyebabkan sering terjadi Buffering.

Nah itulah pengertian buffering ketika mengakses Youtube dan tiga tips cara tepat untuk mengatasi Buffering jika internet lancar tapi sering Buffering. Selain tiga tips di atas ada juga cara lain untuk terhindar dari Buffering, yaitu dengan tidak menggunakan tunneling VPN, karena jika anda menggunakan koneksi vpn, maka proses jalanya data terlalu jauh sehingga proses transfer data video terlalu lama, dan ini bisa mengakibatkan sering terjadinya Buffering.

Leave a Reply

Send this to a friend