Windows-10-ARM-x64

Microsoft Rilis Emulator Aplikasi x64 di Windows 10 ARM

NESABAMEDIA.COMMicrosoft telah mengumumkan bahwa emulator aplikasi berbasis x64 kini telah tersedia dalam versi pratinjau di perangkat Windows 10 ARM. Pengguna yang tergabung dalam program Windows Insider bisa melakukan unduhan dan pemasangan pembaruan tersebut.

Microsoft diketahui pertama kali memamerkan keberadaan emulator aplikasi x64 pada bulan September lalu. Penambahan emulator aplikasi x64 untuk Windows 10 ARM diharapkan mampu menutup celah kosong dan jarak yang selama ini menjadi masalah. Saat ini, Windows 10 ARM bisa menjalankan aplikasi ARM 32-bit dan ARM 64-bit, namun hanya bisa menghadirkan bentuk emulator dari aplikasi berbasis X86-32.

“Dalam versi pratinjau ini, pengguna bisa memasang aplikasi x64 dari Microsoft Store dari lokasi manapun yang dipilih. Pengguna bisa mencoba aplikasi x64 yang berfokus pada produktivitas seperti Autodesk Sketchbook hingga aplikasi game seperti Rocket League. Aplikasi lain seperti Chrome, yang saat ini berjalan di ARM64 sebagai aplikasi 32-bit, bisa menjalankan versi 64-bit dengan menggunakan emulator tersebut,” kata Microsoft.

Pembaruan emulator ini disebutkan sedang dalam tahap pengembangan, sehingga ada kemungkinan pengguna akan mengalami masalah atau isu teknis. Beberapa aplikasi yang diinginkan berjalan menggunakan emulator, kemungkinan tidak akan bekerja. Jika pengguna mengalaminya, pihak Microsoft menyarankan agar mengirimkan feedback, sehingga bisa diperbaiki untuk versi finalnya.

Pihak Microsoft mengatakan, untuk bisa mendapatkan pengalaman terbaik, pengguna perangkat Samsung Galaxy Book S, Lenovo Flex 5G, dan juga Surface Pro X disarankan untuk memasang versi pratinjau dari driver grafis Qualcomm Adreno.

Microsoft juga mengatakan bahwa pengguna juga diharuskan memasang versi pratinjau dari C++ redistributable ARM64. Jika sudah memasang, nantinya tidak akan dibutuhkan pemasangan baru lagi dua program tersebut di versi pratinjau Insider yang akan datang.

Dengan semakin dekatnya kehadiran versi stabil dari emulator aplikasi x64, pengguna mungkin juga akan tertarik dengan Surface Pro X yang baru saja diperbarui oleh Microsoft. Surface Pro X yang mengusung prosesor SQ2 yang berbasis Qualcomm Snapdragon 8cx Gen 2. Dan jika belum terdaftar sebagai member dari program Windows Insider, pengguna bisa bergabung melalui link berikut ini.

Leave a Reply

Send this to a friend