Windows 10 Build 19044.1200 Telah Dirilis ke Kanal Rilis Pratinjau

Windows 10 Build 19044.1200 Telah Dirilis ke Kanal Rilis Pratinjau

NESABAMEDIA.COMMicrosoft telah merilis Windows 10 21H2 build 19044.1200 ke program Windows Insiders yang menjalankan versi 21H2 di kanal Release Preview. Build inilah yang nantinya akan menambahkan fitur yang dijanjikan untuk versi 21H2, seperti dukungan untuk WPA3 H2E, penerapan yang disederhanakan tanpa kata sandi melalui Windows Hello untuk bisnis, dan banyak lagi. Build tersebut juga dilengkapi dengan banyak perbaikan, yang dibagikan dengan pembaruan yang diluncurkan untuk versi 21H1 menuju ke kanal Release Preview yang masih menjalankan 21H1, menjadikan versi ke 19043.1200.

Sementara pengguna yang telah mengikuti program Windows Insider yang awalnya menjalankan versi Pratinjau Rilis versi 21H2 akan menerima pembaruan ini secara otomatis, sementara pengguna yang berpindah dari saluran Beta ke saluran Pratinjau Rilis baru-baru ini akan menerima pengalaman “Seeker”, yang berarti bahwa mereka hanya akan mendapatkan pembaruan jika mereka memeriksa secara manual. Namun, pembaruan pada akhirnya akan tersedia untuk semua Insider sebelum menuju ke pengguna publik akhir tahun ini.

Alasan mengapa paket pembaruan untuk Windows 10 versi 21H1 dan 21H2 begitu identik adalah karena versi 21H2 hanyalah paket pengaktifan. Sementara changelog untuk build 19044.1200 menyertakan fitur-fitur baru, fitur-fitur tersebut juga akan ditambahkan ke versi 21H1, tetapi dalam keadaan tidak aktif.

Saat pengguna menerima Pembaruan Oktober 2021, Paket Pengaktifan, akan mengaktifkan fitur-fitur ini. Itu berarti bahwa build yang dirilis untuk versi 2004 dan 20H2 juga akan berisi fitur ini karena empat versi terakhir dibuat pada basis kode yang sama.

Dengan penjelasan tersebut, berikut adalah fitur yang ditambahkan untuk pengguna 21H2:

  • Menambahkan dukungan standar WPA3 H2E untuk keamanan Wi-Fi yang ditingkatkan
  • Windows Hello for Business memperkenalkan metode penerapan baru yang disebut Cloud Trust untuk mendukung penerapan tanpa kata sandi yang disederhanakan dan mencapai status penerapan untuk bisa dijalankan dalam beberapa menit
  • Dukungan komputasi GPU dalam penerapan Windows Subsystem for Linux (WSL) dan Azure IoT Edge for Linux on Windows (EFLOW) pada Machine Learning dan alur kerja intensif komputasi lainnya

Ada banyak perbaikan bug yang dilakukan pada sistem operasi. Perbaikan ini akan diterapkan pada pengguna Windows 10 versi 2004, 20H2, dan 21H1 sebagai pembaruan opsional pada akhir bulan ini, sebelum ditambahkan ke pembaruan Patch Tuesday bulan depan. Berikut sebagian daftar perbaikannya:

  • Kami memperbaiki masalah yang mencegah pengguna melacak kegagalan aktivasi Distributed Component Object Model (DCOM).
  • Kami memperbaiki masalah threading yang mungkin menyebabkan layanan Windows Remote Management (WinRM) berhenti bekerja saat beban tinggi.
  • Kami memperbaiki masalah yang menyebabkan proses host penyedia Windows Management Instrumentation (WMI) berhenti bekerja. Hal ini terjadi karena pelanggaran akses tidak tertangani yang terjadi saat menggunakan Desired State Configuration (DSC).
  • Kami memperbaiki masalah yang menyebabkan migrasi file antara jalur Distributed File System (DFS) yang disimpan pada volume yang berbeda mengalami kegagalan. Masalah ini terjadi saat Anda menerapkan migrasi menggunakan script PowerShell yang menggunakan perintah Move-Item.
  • Kami memperbaiki masalah yang mencegah pengguna menulis ke repositori WMI setelah terjadi kondisi memori rendah.
  • Kami memperbaiki masalah yang mengatur ulang kecerahan untuk konten Standard Dynamic Range (SDR) pada monitor High-Dynamic Range (HDR). Ini terjadi setelah pengguna me-restart sistem atau menyambung kembali ke sistem dari jarak jauh.
  • Kami memperbaiki masalah yang mungkin menyebabkan monitor eksternal menampilkan layar hitam setelah Hibernasi. Masalah ini mungkin terjadi saat monitor eksternal tersambung ke stasiun dok menggunakan antarmuka perangkat keras tertentu.
  • Kami memperbaiki masalah yang mencegah pengguna mengetik kata apa pun di kotak nama pengguna selama proses Out-of-Box Experience (OOBE). Masalah ini terjadi saat pengguna menggunakan Input Method Editor (IME) Cina.
  • Kami memperbaiki masalah yang menyebabkan aplikasi yang menggunakan Shim atau Compatibility Fix berhenti bekerja. Masalah ini terjadi pada perangkat yang tidak menginstal edgegdi.dll. Pesan kesalahannya adalah, “Eksekusi kode tidak dapat dilanjutkan karena edgegdi.dll tidak ditemukan”.

Ada satu masalah yang diketahui yang telah dimasukkan ke daftar changelog oleh Microsoft. Ini terkait dengan halaman pengaturan Windows Update untuk pembaruan opsional, yang memiliki solusi sederhana. Berikut daftarnya:

  • Halaman pengaturan Windows Update mungkin macet setelah pengguna mengunduh pembaruan opsional. Tutup dan buka kembali halaman pengaturan Windows Update jika pengguna mengalami masalah ini.

Seperti yang telah dijelaskan, pembaruan ini diluncurkan melalui halaman Windows Update untuk pengguna di kanal Release Preview, dengan fitur baru hanya berlaku untuk versi yang menjalankan 21H2. Microsoft juga akan merilis versi LTSC berdasarkan versi 21H2 akhir tahun ini, yang mungkin sejalan dengan rilis Windows 10 versi 21H2.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend