Peningkatan Fitur di Microsoft Windows 10

Windows 10 Dapatkan Peningkatan Fitur Zona Waktu, WSL dan Alat File Sistem Baru

NESABAMEDIA.COMPembaruan selanjutnya dari Windows 10 adalah versi 21H1 dan saat ini telah memasuki tahap finalisasi, lebih awal dari jadwal perilisan pada paruh pertama tahun 2021 ini. Namun seperti yang sudah diberitakan sebelumnya bahwa pembaruan ini merupakan pembaruan minor, dan jangan berharap akan membawa banyak fitur-fitur baru. Namun setidaknya, akan ada banyak peningkatan fitur di Windows 10.

Microsoft pun bahkan telah memulai pengujian beta dari fitur baru yang kemungkinan akan hadir di Windows 10 versi 21H2. Pada pembaruan Preview Build terakhir, Microsoft diketahui tengah menguji coba baris perintah baru di sistem yang bernama DiskUsage, kemudian juga peningkatan pada Windows Subsystem for Linux (WSL) dan pengalaman transisi program zona waktu bawaan.

Semua peningkatan ini telah dirilis untuk para pengguna yang bergabung di program Windows Insider, dan beberapa perubahan ini nantinya akan dirilis ke pengguna publik melalui pembaruan kumulatif bulanan atau paket pengalaman fitur. 

DiskUsage Tool

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, bahwa Microsoft tengah mengerjakan sebuah tool baru bernama DiskUsage. Ini merupakan sebuah tool berbasis baris perintah yang memungkinkan pengguna untuk melihat dan mengelola penggunaan kapasitas penyimpanan, dan juga melacak file menggunakan filter tertentu.

DiskUsage Tool Windows 10

DiskUsage Tool Windows 10

Pada pembaruan Build 21286 atau yang lebih baru, tool ini sudah tersedia untuk umum. Dengan menggunakan program DiskUsage ini, pengguna bisa melakukan pemindaian pada direktori tertentu untuk mengidentifikasi file dan folder yang memakan banyak ruang di penyimpanan.

Peningkatan WSL

Peningkatan fitur Windows 10 lainnya yakni hadir pada WSL. Sistem dukungan Linux bawaan di Windows 10 kini telah mendapatkan dukungan fitur baru, yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan perintah Linux saat pertama membuka WSL.

WSL on Start Up

WSL on Start Up

Pengguna bisa menggunakan fitur perintah startup dengan melakukan modifikasi pada file wsl.conf. Dengan menggunakan dukungan perintah startup ini, pengguna juga bisa melakukan pendataan setiap kali menjalankan WSL distro. 

Zona Waktu

Perubahan Pada Pengaturan Zona Waktu Windows 10

Perubahan Pada Pengaturan Zona Waktu Windows 10

Microsoft juga tengah memperbarui fitur “Atur zona waktu secara otomatis” yang ada di Windows 10 untuk memberikan notifikasi ke pengguna, ketika perubahan zona waktu terdeteksi oleh sistem. Notifikasi itu jika diklik, nantinya akan membuka halaman Settings, dan membuka zona waktu baru yang telah dikonfigurasi oleh Windows. 

Pengaturan Ruang Penyimpanan

Modern Storage Space Windows 10

Modern Storage Space Windows 10

Setelah memperkenalkan tool pengelola disk modern, Microsoft kini menghadirkan cara baru untuk mengelola ruang penyimpanan melalui halaman Settings. Fitur ini bisa diakses melalui Settings → System → Storage → Storage Spaces. 

Leave a Reply

Send this to a friend