Windows 11 Akan Ikuti Model Layanan Windows 10

Windows 11 Akan Ikuti Model Layanan Windows 10

NESABAMEDIA.COMMicrosoft telah mengkonfirmasi bahwa Windows 11 akan menjadi sebuah layanan seperti Windows 10 dengan pembaruan keamanan bulanan, pembaruan kumulatif opsional, pembaruan out-of-band, pembaruan servicing stack, dan banyak lagi. Selain itu Microsoft juga telah mengkonfirmasi bahwa akan ada versi Saluran Layanan Jangka Panjang (LTSC) dari Windows 11. 

Windows 11 merupakan bagian dari model ‘Windows sebagai layanan’ Microsoft dan akan mendapatkan service setiap bulan, menurut dokumentasi yang telah diperbarui. Dalam dokumen tersebut, Microsoft mencatat bahwa tidak ada perubahan pada model layanan yang sudah ada dan pembaruan akan terus dirilis setidaknya dua kali sebulan.

Pada hari Selasa kedua setiap bulan, pembaruan keamanan akan dirilis untuk Windows 10 dan Windows 11. Pembaruan ini akan mencakup perbaikan keamanan dan non-keamanan. Hanya pembaruan Patch Tuesday yang akan diunduh secara otomatis dan pembaruan kumulatif opsional akan muncul di bawah bagian pembaruan opsional.

Tidak seperti Windows 10, pembaruan pada Windows 11 akan memiliki ukuran yang lebih kecil. Nantinya juga akan ada pembaruan opsional C atau D, yang dirilis pada minggu ketiga dan keempat setiap bulannya. Pembaruan ini pada umumnya siap untuk digunakan dalam produksi, namun akan bersifat opsional dan perbaikan akan dimasukkan ke rilisan Patch Tuesday berikutnya.

Pengguna bisa memasang pembaruan opsional jika mereka ingin mendapatkan perbaikan bug lebih awal untuk pengujian. 

Windows 11 dan Windows 10 juga akan mendapatkan pembaruan out of the band. Pembaruan itu juga akan dirilis tanpa adanya pengumuman khusus jika ada perbaikan keamanan yang tidak bisa menunggu pembaruan Patch Tuesday

Sementara itu untuk LTSC adalah sebuah versi dari Windows yang tidak membutuhkan pembaruan konstan dan biasanya diperuntukkan bagi perusahaan atau organisasi. Jika anda memiliki Windows versi LTSC, anda bisa melewati pembaruan fitur atau pembaruan utama dan mendapatkan pembaruan keamanan bulanan untuk periode yang lebih lama. 

Microsoft biasanya merilis versi LTSC setiap tiga tahun sekali, dan masing-masing rilisan akan berisi kemampuan baru. Windows 10 versi 21H2, yang hadir akhir tahun ini, akan menjadi versi LTSC dan akan bisa digunakan sampai dengan lima tahun mendatang. 

Leave a Reply

Send this to a friend