Windows 11 Alami Memory Leak Disebabkan Oleh File Explorer

Windows 11 Alami Memory Leak Disebabkan Oleh File Explorer

NESABAMEDIA.COMWindows 11 baru saja diluncurkan untuk perangkat PC dan laptop yang menurut Microsoft merupakan “era baru untuk PC”. Namun, ada masalah pada Windows 11 yang baru diluncurkan itu, setelah sejumlah pengguna melaporkan mengalami masalah kebocoran memori (memory leak) yang ternyata disebabkan oleh Windows File Explorer.

Kebocoran memori adalah istilah yang mengacu pada program komputer yang mengalokasikan terlalu banyak RAM untuk suatu tugas, dan kemudian tidak melepaskan memori cache yang tidak digunakan. Sehingga pada akhirnya penggunaan memori menjadi penuh, dan tugas lain tidak bisa dijalankan karena tidak mendapatkan ruang. Tampaknya Windows 11 memiliki masalah khusus ini yang disebabkan oleh bug pada program File Explorer.

Seharusnya, ketika pengguna menutup dan membuka kembali File Explorer, ruang pada RAM yang sebelumnya penuh akan kembali kosong setelah program ditutup. Efek ini berlanjut hingga anda me-restart File Explorer dari Task Manager atau mereset komputer anda.

Postingan asli yang menjelaskan soal kebocoran memori tersebut telah didukung lebih dari 1.000 kali oleh pengguna Reddit lainnya, kemungkinan besar mereka adalah pengguna yang memiliki masalah yang sama. Dan tampaknya jika masalah tersebut tidak segera diperbaiki menggunakan metode yang seharusnya, jumlah pemakaian RAM akan terus meningkat tidak memberikan ruang tersisa. Hasilnya? PC atau laptop anda akan melambat atau menjadi tidak responsif sama sekali.

Untuk memeriksa masalah ini di perangkat yang anda miliki, buka Task Manager dan urutkan proses berdasarkan penggunaan memori tertinggi. Kemudian berulang kali gunakan Win+E dan periksa untuk melihat apakah penggunaan RAM meningkat. Jika demikian, terapkan perbaikan dengan cara yang telah diuraikan di atas.

Microsoft belum merilis pernyataan resmi sampai sekarang, meskipun masalah ini telah dilaporkan ke feedback Hub oleh pengguna Reddit dan mudah-mudahan akan segera diselidiki. Namun, jika anda belum mengunduh Windows 11, mungkin alangkah lebih baik jika anda menundanya. Bagaimanapun, Microsoft masih membutuhkan waktu untuk menyelesaikan masalah yang ada dan Windows 10 sendiri masih akan didukung hingga 2025.

Leave a Reply

Send this to a friend