Windows 11 Build 22478 Hadir di Kanal Pengembang Bawa Fluent Emoji

Windows 11 Build 22478 Hadir di Kanal Pengembang Bawa Fluent Emoji

Microsoft telah merilis build Windows 11 baru untuk pengguna Windows Insiders di kanal Pengembang dengan Build 22478 yang menghadirkan banyak fitur baru. Hal baru yang disorot adalah adanya Fluent Emoji baru yang sebelumnya telah diumumkan perusahaan awal tahun ini. Ini adalah bagian dari upaya perusahaan untuk memodernisasi emoji dengan membuatnya dalam bentuk tiga dimensi.

Kumpulan emoji baru juga menyertakan ikon Clippy untuk penjepit kertas. Perusahaan juga menambahkan dukungan untuk emoji Unicode hingga Emoji 13.1, dan membawa opsi tambahan.

Menariknya, pengguna yang menjalankan versi rilis publik dari OS tidak perlu menunggu hingga tahun depan untuk menikmati emoji baru karena perusahaan berjanji untuk membawa Windows 11 Build 22748 ini ke versi rilis lewat Windows Update nantinya. Fitur ini hadir dengan lebih banyak perbaikan bug yang sedang dibuat di kanal Pengembang yang dijanjikan untuk versi publik OS.

Selain emoji baru, ada juga beberapa peningkatan lainnya, termasuk pengoptimalan pada platform pengindeks yang akan menghasilkan pengurangan penggunaan ruang disk pada sistem. Microsoft juga menambahkan kemampuan untuk mengubah volume sistem dari ikon volume menggunakan mouse wheel dengan melakukan scroll pada ikon. Meskipun fitur tersebut telah hadir di Windows 10, anehnya fitur tersebut dihilangkan di Windows 11.

Panel Emoji Baru

Panel Emoji Baru

Selain Fluent Emoji, berikut adalah sejumlah peningkatan yang dibuat dengan Windows 11 build 22748:

  • Versi terbaru dari IME Korea, yang mulai diluncurkan dengan Build 22454, kini tersedia untuk semua pengguna di kanal Pengembang.
  • Saat laptop ditutup, sekarang mungkin untuk masuk ke PC dengan menggunakan fitur Face Recognition (Windows Hello) pada monitor eksternal yang terhubung jika memiliki kamera terpasang yang mendukungnya.
  • Kami telah membuat perubahan pada platform pengindeks yang mendasari untuk membantu meningkatkan keandalan dan ukuran database secara keseluruhan, yang akan membantu mengurangi penggunaan ruang disk pada sistem, terutama jika pengguna memiliki kotak surat Outlook yang sangat besar.
  • Menggulir mouse wheel pada ikon volume di Taskbar sekarang akan mengubah level volume.
  • Membuat beberapa penyesuaian kecil pada dialog saat menambahkan bahasa baru di halam Settings agar terlihat sedikit lebih modern, termasuk membulatkan sudut.

Seperti biasa, ada banyak perbaikan bug yang selalu diterima. Seperti yang disebutkan sebelumnya, beberapa di antaranya akan dibawa ke Windows 11 versi 21H2 melalui pembaruan layanan di masa mendatang.

Ini adalah salah satu kanal Pengembang pertama yang dibuat untuk mengemas beberapa fitur baru. Namun, beberapa peningkatan ini pada akhirnya akan membuatnya menjadi versi Windows 11 yang saat ini tersedia untuk pengguna publik. Fitur-fitur baru utama belum mulai muncul untuk OS, yang akan ditujukan untuk rilis tahun depan, yang tidak terkait dengan versi saat ini.

Selain fitur, perusahaan juga mengumumkan bahwa mereka sedang menguji “proses untuk memberikan peningkatan pembaruan baru” dengan cara Update Stack Packages. Paket-paket tersebut akan memungkinkan Microsoft untuk “memberikan peningkatan pada pengalaman pembaruan sebelum PC melakukan pembaruan bulanan atau Feature Update. 

Terakhir, Microsoft merayakan ulang tahun ketujuh Program Windows Insider. Untuk memperingati tonggak sejarah tersebut, Microsoft memberikan dua wallpaper baru yang bisa diunduh di tautan berikut.

Leave a Reply

Send this to a friend