• Our Partners:

Windows 11 Dapatkan Versi Pratinjau Tab File Explorer

Windows 11 Dapatkan Versi Pratinjau Tab File Explorer

NESABAMEDIA.COMPada bulan Maret lalu, Microsoft dilaporkan sedang melakukan pengujian terhadap fitur Tab di File Explorer untuk Windows 11. Ini adalah sebuah ide yang telah menjadi pertimbangan perusahaan sejak beberapa tahun yang lalu, termasuk meninggalkan pengujian di Windows 10.

Sekarang tampaknya Microsoft lebih berkomitmen pada fitur Tab File Explorer dan sebuah pratinjau baru Windows 11 memperkenalkan fitur tersebut.

Dalam Windows Blog, Microsoft mengatakan bahwa pengguna Windows Insider kini mendapatkan Windows 11 Build Pratinjau 25136. Ini adalah pembaruan pertama yang menampilkan fitur Tab File Explorer. Perlu dicatat bahwa build ini meluncur ke saluran Pengembang. Sementara itu Brandon LeBlanc, Manajer Program Senior Microsoft mengatakan dalam akun Twitternya bahwa fitur ini hadir secara bertahap.

Microsoft akan menunggu adanya feedback dari para penguji sebelum meluncurkan fitur baru ini ke lebih banyak pengguna Insider di saluran berikutnya.

Sebagai catatan, Microsoft telah melakukan pengujian atas fitur Tab File Explorer sejak Windows 10. Saat itu, fitur tersebut masih bernama Windows Sets dan terlihat lebih berambisi dibandingkan File Explorer, sebuah sistem Tab yang akan bisa diterapkan di seluruh Windows 10. Bisa dibilang itu adalah kemampuan Tab universal untuk aplikasi. 

Microsoft kemudian menghentikan proyek pengembangan fitur tersebut pada tahun 2019, namun ada petunjuk baru di 2020, bahwa mereka kembali melanjutkan pengembangan, setidaknya dalam kapasitas yang berbeda. 

Mungkin Tab File Explorer ini bukanlah Windows Sets, namun itu memiliki kemiripan di beberapa aspek. Fitur ini akan mengubah bagaimana cara File Explorer akan bekerja, namun Microsoft tidak melakukan perombakan pada antarmuka aplikasi. 

Fitur Baru Lainnya

Dalam Windows 11 Build Pratinjau 25136, Microsoft telah memperkenalkan sebuah panel navigasi baru di sebelah kiri File Explorer. Di sini, pengguna akan melihat tombol Home lebih dahulu, dan kemudian opsi OneDrive untuk melakukan sinkronisasi folder ke awan. Kemudian akan ada folder Quick Access, dengan This PC di bawahnya.

Microsoft mengatakan, “Folder Windows umum yang tersedia secara default di panel navigation, tidak lagi ditampilkan di bawah This PC, untuk menjaga fokus pengguna tetap berada di drive PC.”

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

1 Comment
Inline Feedbacks
View all comments
Linuxer

Akhirnyaaa…. setelah sekian lama, muncul juga fitur ini di Windows.

Send this to a friend