Cara-Aktifkan-Mode-Focus-di-Windows-11-4

Windows 11 Hadirkan ‘Focus Mode, Berani Coba?

NESABAMEDIA.COM – Windows 11 kini telah hadir dengan pembaruan terbarunya, ada beberapa perubahan dari perbaikan fitur dan peningkatan didalamnya. Salah satu fitur yang kini bisa langsung digunakan ialah Focus Mode yang akan memblokir semua jenis pemberitahuan di desktop, Sabtu (03/09).

Microsoft memang telah merilis beberapa jenis perbaikan untuk pengguna Windows 11, khususnya untuk mereka yang mengakses layanan uji coba sistem Windows 11 dalam Insider Dev Channel, yang mana rutin memberikan versi terbaru dari Windows 11 22H2 yang kemungkinan akan dirilis. Namun, memang hanya masa percobaan.

Salah satu fitur yang cukup menarik untuk digunakan ialah Focus Mode, fitur ini bisa diakses oleh pengguna Windows 11 untuk memaksimalkan pekerjaan sehari-hari. Dengan menggunakan Focus Mode, maka Anda sebagai pengguna tidak akan menerima informasi apa pun melalui pemberitahuan Windows11.

Seperti yang telah pengguna Windows ketahui bersama, bahwa fitur pemberitahuan di Windows memberikan akses untuk dapat menerima pemberitahuan dari berbagai macam layanan dan media sosial, mulai dari Web Client, hingga program yang terpasang di PC.

Fitur yang satu ini akan sangat berguna ketika digunakan oleh mereka yang ingin lebih fokus dalam menyelesaikan pekerjaan. Dengan menggunakan Focus Mode, maka Anda dapat langsung mengatur waktu yang dibutuhkan untuk tidak menerima pemberitahuan apa pun selama bekerja. Maka dari itu, fitur ini akan sangat bergantung pada akses waktu atau Clock di Windows.

Jadi, ketika menggunakan fitur ini maka Anda harus memperhatikan penggunaan waktu yang ada di PC. Sering kali PC tidak memiliki zona waktu yang diatur oleh pengguna, maka dari itu perlu diperhatikan sebelum mengaktifkan fitur Focus Mode ini.

Windows 11 semakin disempurnakan melalui beberapa fitur kecil namun fungsional, salah satunya fitur Focus ini. Anda bisa langsung dengan mudah mengaksesnya dengan menekan kombinasi Win + N, kemudian Focus akan langsung terbuka dengan maksimal durasi hingga 1 jam. Setelahnya, Anda bisa langsung memilih perintah Focus tepat pada bagian sampingnya.

Nantinya, akan ada sebuah ikon Bell yang terletak pada bagian samping kanan atas desktop yang bisa juga disembunyikan. Ketika disembunyikan, maka akan ada ikon pemberitahuan dengan tambahan huruf Z yang menandakan bahwa fitur Focus sedang aktif.

Bagaimana tanggapan Anda? Fitur ini sebelumnya telah hadir di Windows 11 dengan istilah Focus Assistant, namun kembali disempurnakan dalam pembaruan terbaru Windows 11 Insider Dev.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend