Windows 11 Kalahkan Linux Dalam Kinerja Dengan Intel Alder Lake

Windows 11 Kalahkan Linux Dalam Kinerja Dengan Intel Alder Lake

Sebuah laporan yang diterima nesabamedia.com mengungkap bahwa CPU Intel Alder Lake memiliki kinerja yang lebih baik di lingkungan Windows 11, ketimbang di Linux.

Diketahui masalah yang paling mempengaruhi perbedaan kinerja ini adalah terkait dengan sistem penjadwal klaster Linux, yang tidak dioptimalkan untuk arsitektur hibrid Alder Lake. Itu artinya, Alder Lake yang saat ini digadang-gadang sebagai CPU terbaik untuk gaming, lebih cocok untuk Windows 11 ketimbang Linux. 

Laporan ini cukup mengejutkan, karena selama ini kinerja Linux rata-rata lebih baik dari semua versi Windows sebelumnya. 

Pengujian dilakukan dengan menggunakan perangkat yang ditenagai oleh Intel Core i9-12900K dan Windows 11 Pro, Ubuntu 21.10 plus Linux 5.16 git, Ubuntu 21.10, Ubuntu 21.1.0 plus Linux 5.15, Clear Linux 35250 dan juga Fedora Workstation 35.

Sistem operasi tersebut diuji dengan beragam tolak ukur yang berbeda, termasuk browser, video dan image encoding, blender dan banyak lagi lainnya. 

Hasilnya, Windows 11 Pro memenangkan 45% dari semua tes dibandingkan sistem operasi lainnya, membuatnya menjadi sistem operasi yang paling optimal untuk sistem Alder Lake. 

Sebagai informasi, chipset Alder Lake terdiri dari dua jenis inti yang berbeda, yakni inti besar dan inti berkinerja cepat (P-Cores), yang disandingkan dengan inti kecil namun sangat efisien (E-Cores), yang mampu melahap semua proses dengan kecepatan yang mengagumkan. 

Sementara itu, penjadwal Linux didesain untuk mengontrol beberapa klaster inti, namun tidak didesain untuk membedakan beberapa jenis inti yang berbeda, seperti inti P-Cores dan E-Cores yang ada di Alder Lake. Sayangnya, itu berarti bahwa penjadwal Linux tidak memahami perbedaan kinerja antar kedua inti tersebut, seperti yang terjadi di Windows 10. Hasilnya, penjadwal akan mengirimkan tugas ke E-Cores yang seharusnya dikerjakan oleh P-Cores dan sebaliknya. 

Linux dan Windows 10 memiliki masalah yang sama, sehingga harus bisa mengadopsi cara berinteraksi dengan Intel Thread Director, yang memberikan sistem pengukuran secara real time, sehingga lebih baik dalam menjadwalkan thread ke jenis inti yang tepat, sehingga bisa memberikan performa terbaik. 

Kabar buruk lainnya, sampai saat ini masih belum ada cara untuk mengatasi masalah ini. Diharapkan, Linux 5.16 akan memperkenalkan kompatibilitas yang lebih baik dengan Alder Lake, namun tidak ada jaminan kapan perubahan itu akan datang.

Leave a Reply

Send this to a friend