Windows 11 Miliki Action Center Baru Dengan Kontrol Lebih Luas

Windows 11 Miliki Action Center Baru Dengan Kontrol Lebih Luas

NESABAMEDIA.COMSeperti yang sudah diperkirakan sebelumnya, Windows 11 mendapatkan elemen antarmuka pengguna yang aslinya direncanakan untuk digunakan di Windows 10X. Microsoft sendiri telah menghentikan pengembangan dari Windows 10X dan tidak akan dirilis ke pengguna, namun sejumlah fitur yang ada di sana, dibawa ke Windows 11. Kali ini yang diungkap Microsoft adalah Action Center yang ada di Windows 11.

Sementara ikon System Tray di sebelah kanan tidak hilang di Windows 11, beberapa fiturnya sekarang akan dipindahkan ke Action Center yang baru. Action Center yang juga dikenal sebagai pusat notifikasi, telah sepenuhnya didesain ulang di Windows 11 dengan fitur WinUI dan Fluent Design, dan juga dilengkapi dengan panel Quick Setting yang baru.

Action Center yang ada di Windows 11 terlihat sangat berbeda dengan Action Center yang saat ini ada di Windows 10. Ini menggunakan desain panel baru, di mana notifikasi dan kontrol pengguna akan dibagi menjadi beberapa grup, dengan notifikasi ditempatkan di bagian atas panel Quick Setting.

Action Center sekarang dapat diubah ukurannya atau bersifat adaptif, dan masih dilengkapi dengan tombol Hapus Semua di bagian kanan atas panel. Seperti di Windows 10, panel Quick Setting baru akan menawarkan akses cepat ke pengaturan yang umum digunakan pengguna. Kontrol ini mencakup pengaturan Bluetooth, Wi-Fi, Mode Pesawat, Penghemat Baterai, Focus Assist, serta sejumlah kontrol baru untuk hal-hal seperti kecerahan dan volume.

Secara keseluruhan, fungsionalitas Action Center tersebut tetap tidak mengalami perubahan, tetapi panel Quick Setting kini sekarang lebih dapat disesuaikan. Misalnya, ketika pengguna mengklik tindakan seperti Wi-Fi atau Bluetooth, panel konfigurasi baru akan muncul dan pengguna bisa beralih di antara koneksi Wi-Fi atau Bluetooth yang berbeda langsung dari Action Center. 

"<yoastmark

Sebelumnya, tindakan ini dialihkan ke aplikasi Settings, namun pengguna sekarang bisa mengkonfigurasinya langsung dari dalam panel pusat notifikasi. 

Ada beberapa sentuhan yang rapi pada bagian animasi dan itu akan terlihat ketika pengguna mengklik tindakan di Action Center untuk mengaktifkan fitur tersebut. Misalnya, ikon Bluetooth sedikit berubah untuk mengetahui pengguna telah melakukan klik.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, fungsi dasar dari Action Center tetap tidak mengalami perubahan, yang artinya pengguna masih bisa mengakses aplikasi Settings untuk melakukan kustomisasi lebih jauh untuk mengatur bagaimana notifikasi akan dimunculkan.

Leave a Reply

Send this to a friend