Windows 11 Tidak Bisa Tayangkan Konten 4K Netflix

Windows 11 Tidak Bisa Tayangkan Konten 4K Netflix

Sudah banyak pengguna yang telah memutakhirkan perangkat mereka ke Windows 11. Namun rupanya ada kabar buruk, bagi mereka yang gemar menonton tayangan berlangganan Netflix. Pasalnya, saat ini Windows 11 belum mendukung tayangan video 4K dari Netflix, dan tidak satu orang pun yang tahu penyebab hal itu bisa terjadi. 

Para pengguna pun membombardir media sosial Netflix maupun Microsoft terkait permasalahan itu, dan mereka berharap masalahnya bisa segera teratasi.

Windows 11 tidak mengizinkan streaming 4K di Netflix

Pengguna yang tidak bisa menonton serial kesayangan mereka dalam resolusi 4K bukanlah sesuatu yang sama sekali baru, jika kita berbicara tentang Netflix. Memang ada solusi alternatif untuk mengatasi masalah itu, yang sayangnya tidak lagi bisa digunakan saat ini.

Pada dasarnya, untuk dapat melakukan streaming film Netflix dalam resolusi 4K, yang dibutuhkan hanyalah spesifikasi yang tepat di perangkat, monitor atau layar yang kompatibel, dan beli paket premium, yang memungkinkan anda menonton semua tayangan dalam kualitas UHD.

Sayangnya, banyak pengguna yang tidak bisa memutar film di resolusi 4K di perangkat Windows 11 mereka, meskipun telah memiliki paket premium dan perangkat keras yang sangat mumpuni. Pengguna mencoba streaming melalui aplikasi Netflix, yang tersedia di Microsoft Store, atau langsung dari situs web Netflix, yang diakses melalui browser.

Banyak yang awalnya berpikir bahwa ini adalah masalah pada aplikasi, bukan masalah browser. Namun saat dilakukan percobaan dengan cara yang berbeda, tampaknya baik aplikasi maupun browser tidak dapat disalahkan atas masalah ini. Karena sumber masalah ternyata ada pada Windows 11.

Bisakah HEVC menyelesaikan masalah ini?

Netflix mengatakan bahwa ekstensi HEVC adalah suatu keharusan untuk bisa memutar konten 4K di Windows 10. Memang saat ini kita berbicara tentang Windows 11, tetapi prinsipnya sebagian besar masih sama.

Untuk memeriksa apakah ekstensi HEVC telah terpasang pada PC, anda dapat merekam video H.265, mentransfernya ke perangkat, dan membukanya dengan aplikasi Movie & TV.

Sekarang, jika video mulai diputar segera, mesin anda mendukung ekstensi HEVC, jika tidak, anda akan mendapatkan pop-up dengan pesan error yang mengatakan bahwa untuk memutar video ini, anda memerlukan codec baru dan menyertakan tautan ke Microsoft Store.

Tetapi sebagian besar PC generasi baru sudah memiliki ini di sistem mereka, jadi mungkinkah ini yang menyebabkan seluruh masalah ini?

Sayangnya, pengguna juga mencoba membeli ekstensi HEVC di Microsoft, namun hasilnya tetap sama. Mereka hanya mendapatkan video 1080p dengan HDR. Layar terhubung dengan DP1.4 atau HDMI2.1 dan pengaturan pemutaran diatur ke Tinggi. Juga, ketika mengklik ‘More Info’, yang ada hanya pilihan HD, HDR, ATMOS, penanda 5.1 di sebelah judulnya, dan tidak ada penanda 4K. Namun, ketika melakukan hal yang sama di beberapa TV dengan aplikasi Netflix, pengguna mendapatkan penanda 4K.

Apakah Masalah Ini Hanya Terjadi di Windows 11?

Ternyata tidak, dilihat dari tanggapan pengguna yang juga mengalami masalah tersebut. Ini adalah situasi yang aneh, karena banyak yang mengatakan bahwa mereka mengalami masalah yang sama di Windows 10, dengan skenario di mana HDR tidak akan berfungsi, tetapi streaming 4k bisa.

Ini sangat aneh, mengingat HDR membutuhkan codec HEVC untuk bisa memberikan kepada pengguna resolusi tinggi yang mereka inginkan.

Yang bisa dilakukan sekarang adalah menunggu Netflix dan Microsoft untuk menyelesaikannya dan menemukan solusi, terutama karena orang-orang membayar untuk layanan Premium tetapi tidak bisa menggunakannya.

Leave a Reply

Send this to a friend