• Our Partners:

Windows Cloud PC, Jadi Bisnis Microsoft di Masa Depan?

Windows Cloud PC, Jadi Bisnis Microsoft di Masa Depan?

Kemarin, kita sempat mendapatkan informasi bahwa Microsoft memiliki rencana untuk menghadirkan program komputasi awan mereka sendiri. Namun, sistem Windows yang akan menjadi program tersebut dan bisa dibeli dengan berlangganan, Senin (07/11).

Melalui Principal Software Engineering Manager, Microsoft mengatakan bahwa mereka akan mengembangkan program komputasi awan atau Cloud untuk menghadirkan sistem operasi Windows dengan model Cloud.

Rancangan ini nantinya akan menghadirkan sistem operasi Windows yang bisa diakses dengan menggunakan web-server atau sejenisnya, kemudian aksesnya pun akan dipermudah untuk semua sistem operasi.

Tujuan Microsoft sendiri ialah dengan mencoba menghadirkan produk PC (Personal Computer) dengan harga yang lebih murah, yang mana akan menggunakan metode berlangganan dan iklan di dalamnya (kemungkinan menggunakan Windows 365).

Jadi, bisa dikatakan bahwa Microsoft ingin menghadirkan versi Windows 365 dengan dukungan beberapa fitur penunya. Seperti yang telah banyak diketahui bersama bahwa Windows 365 ini tidak memiliki penyimpanan lokal dan spesifikasi perangkat keras.

Windows 365

Windows 365

Dalam Job List mereka, Microsoft menuliskan bahwa mereka akan membuat sebuah komputasi awan di Windows, menciptakan sebuah Prototype dan menggunakan data konsumen untuk bahan penelitian menemukan ide menarik untuk dikembangkan ke depannya.

“[The] team will partner with Product Management and Design to ideate and build new experiences aligned with the mission to drive cloud-first experiences into Windows, create prototypes to validate early thinking, and use ongoing customer data and research to validate our ideas,” tulis Microsoft melalui Job List mereka.

Kita bisa menarik kesimpulan bahwa Microsoft terlihat akan memperluas strategi mereka dengan memperluas dukungan dari Windows, mengombinasikan bisnis dengan menjual PC dengan harga murah dan kualitas perangkat lunak yang maksimal tentu akan menjadi daya tarik tersendiri.

Tentu, pengguna Windows tidak perlu lagi memikirkan spesifikasi perangkat mereka ketika ingin menggunakan Windows dalam versi Cloud. Karena memang, untuk menjalankan Windows 11 22H2 saja harus dibarengi dengan minimal spesifikasi dari Microsoft.

Kemungkinan besar pengguna yang ingin menikmati layanan Cloud Windows ini akan disuruh untuk berlangganan dengan menggunakan Windows 365, namun belum diketahui secara pasti kapan akan mulai dirilis.

Bagaimana menurut Anda? Tertarik dengan rancangan Microsoft untuk ke depannya? Tuliskan tanggapan Anda di kolom komentar ya!

Editor: Hudalil Mustakim

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend