• Our Partners:

Microsoft Perluas Dukungan Baru PowerToys di Windows 10

Microsoft Perluas Dukungan Baru PowerToys di Windows 10

Beberapa waktu yang lalu, Microsoft telah merilis pembaruan terbaru mereka untuk PowerToys di Windows 11 22H2 dengan menghadirkan fitur File Locksmith, ternyata fitur ini juga telah diberikan untuk mereka yang menggunakan Windows 10, Senin (07/11).

Microsoft memberikan pembaruan terbaru mereka untuk pengguna Windows 11 dan Windows 10, setelah akhirnya memberikan dukungan pembaruan dan fitur baru di Windows 11. Microsoft kembali memperluas dukungan mereka bagi pengguna Windows 10.

PowerToys melalui fitur File Locksmith ini menghadirkan kemampuan menarik untuk Anda yang sering kebingungan mencari berkas yang sedang digunakan, sistem Windows bekerja dengan kompleks. Ketika berkas yang ingin dipindahkan, dihapus dan disalin sedang dibuka oleh program lain, maka pengguna harus menutupnya terlebih dahulu.

Masalahnya ialah, ketika program lain itu bekerja di latar belakang dan ada banyak program yang saat itu terbuka. Pastinya akan memakan waktu yang cukup banyak untuk mencari di mana letak program yang menggunakan berkas tersebut.

Nah, inilah fungsi dari File Locksmith, pengguna Windows 10 kini bisa menggunakannya selayaknya pengguna Windows 11. Fitur File Locksmith adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menemukan di mana program yang sedang membuka berkas yang sama.

Sehingga, program tersebut kemudian bisa langsung ditutup dan pengguna akan mendapatkan akses berkas kembali. Ini merupakan salah satu fitur terbaru dan kemampuan menarik dari PowerToys.

Banyak pengguna yang sering menggunakan akses dari Task Manager, tetapi sayangnya Task Manager tidak dapat menemukan berkas apa yang sedang diakses oleh program. Fiturnya hanya menunjukkan sejumlah program yang saat itu terbuka di PC.

Untuk pengguna Windows 10, Anda bisa langsung memeriksa program apa yang sedang mengakses berkas melalui klik kanan, kemudian pilih alat “What’s Using this File?” sepeti pada gambar di bawah ini.

PowerToys Windows

Setelah akhirnya Anda mengklik fitur ini, maka akan ada jendela yang terbuka yang akan mengarahkan Anda ke fitur File Locksmith yang ada di PowerToys, nantinya akan ada sebuah jendela yang menampilkan daftar program yang tengah mengakses berkas seperti berikut.

File Locksmith windows

UI File Locksmith

Anda bisa langsung menutup program dan kemudian mendapatkan akses dari berkas kembali, sederhana bukan? Akhirnya Microsoft memperluas fitur ini untuk pengguna Windows 10, setelah kemarin memberikan pembaruan untuk pengguna di Windows 11.

Editor: Hudalil Mustakim

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend