Windows Kini Bisa Dipasang di Steam Deck

Windows Kini Bisa Dipasang di Steam Deck

NESABAMEDIA.COMSalah satu janji besar Valve sebelum meluncurkan Steam Deck adalah, mereka mengatakan bahwa seperti halnya perangkat PC pada umumnya, anda bisa menghapus sistem operasi yang ada di Steam Deck tersebut dan memasang sistem operasi yang anda inginkan, seperti Windows misalnya. 

Saat itu, driver Windows masih belum siap untuk peluncuran Steam Deck, namun sekarang Valve mengumumkan dalam sebuah postingan di blog resminya bahwa konsol tersebut telah siap untuk sistem operasi Windows. Namun perlu dicatat ada beberapa batasan dalam hal ini.

Anda bisa melakukan pemasangan penuh Windows dengan driver yang ada, namun melakukan dual booting masih belum memungkinkan untuk saat ini. 

“Meski Steam Deck pada dasarnya mendukung penuh untuk dual booting, namun pemasang SteamOS yang menyediakan wizard dual booting masih belum siap. Driver yang ada saat ini hanya kompatibel dengan Windows 10 karena Windows 11 membutuhkan BIOS baru dengan dukungan fTPM, dan itu akan dikirimkan dalam waktu dekat,” jelas pihak Valve.

Sementara itu, GPU, Bluetooth dan Wi-Fi yang ada di Steam Deck semuanya bisa bekerja, namun untuk audio saat ini terbatas hanya mendukung USB-C atau Bluetooth saja. Meski headphone 3.5mm bisa dicolokkan, namun itu tidak akan bisa mengeluarkan suara apapun.

Di sisi lain, halaman sumber daya Windows, juga telah menyediakan pengunduhan driver dan beberapa instruksi untuk melakukan pemasangan. Terdapat juga halaman yang terpisah untuk melakukan pemulihan pemasangan SteamOS jika terjadi permasalahan dan mengharuskan anda kembali ke status pemasangan awal.

Pihak Valve menambahkan bahwa dukungan dual booting, termasuk wizard dual boot untuk memilih sistem operasi mana yang akan diluncurkan, akan dikirimkan bersamaan dengan SteamOS 3 begitu itu selesai pengerjaannya. 

Memasang Windows di Steam Deck cukup masuk akal jika anda ingin menggunakan konsol gaming itu sebagai PC portable, menambahkan monitor ketimbang menjadikannya sebagai sistem gaming mandiri. 

Meski Windows menawarkan kompatibilitas game lebih banyak ketimbang SteamOS melalui Proton, namun itu tidak dirancang untuk memudahkan navigasi dengan pengendali Steam Deck. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend