Xiaomi Pad 5 Dengan Windows 11 ARM, Mejeng di Geekbench

Xiaomi Pad 5 Dengan Windows 11 ARM, Mejeng di Geekbench

NESABAMEDIA.COMPada awal November 2021 lalu, seorang pengembang mampu melakukan booting Windows 11 ARM di perangkat Android Xiaomi Pad 5. Kini, pengembang lainnya telah meneruskan proyek tersebut dan sepertinya mampu membuat beberapa peningkatan agar sistem operasi itu bisa berjalan dengan lebih baik lagi. 

Walaupun ada beberapa hal yang masih harus diperbaiki, namun hal itu tidak menghentikan mereka untuk menjalankan Geekbench di Xiaomi Pad 5 dengan Windows 11 ARM itu, dan memamerkan skor yang berhasil didapatkan. 

Hasilnya pengujian, perangkat itu mampu mendapatkan skor 465 dan 1,992 poin untuk single-core dan multi-core. Ini jauh di bawah skor 780 dan 2800 saat menjalankan software versi stock atau bawaan, namun apapun itu ini adalah awal. 

Geekbench Xiaomi Pad 5 Windows 11 ARM

Geekbench Xiaomi Pad 5 Windows 11 ARM

Pengembang di balik proyek tersebut diketahui adalah pria dengan nickname @PaluRookie di Weibo, dan mengatakan bahwa saat ini dirinya mengalami masalah dengan driver Platform Extension Plugins (PEPs). GPU juga tidak berfungsi karena drivernya juga masih belum ada, namun diharapkan kedua masalah itu bisa segera terselesaikan. 

Semua yang ada di proyek tersebut sepertinya memanfaatkan proyek Windows on ARM (WOA), yakni sebuah inisiatif dari komunitas untuk membuat versi Windows yang lebih baru, yang bisa berfungsi pada perangkat Lumia dan perangkat Android baru lainnya, karena sistem operasi itu sendiri sudah tidak lagi mendukung untuk perangkat seluler. 

Itu sebelumnya didasarkan pada Windows 10 untuk ARM, tetapi dengan dukungan ARM yang lebih baik pada Windows 11, para pengembang sekarang sedang bergegas untuk bisa mendapatkan perangkat seluler yang bisa menjalankan sistem operasi desktop tersebut. 

Sebelumnya juga ada pengembang lain yang berhasil melakukan beberapa penyetelan pada Android 13 sehingga bisa menjalankan Windows 11, di mesin virtual. Pengembang dengan akun kdrag0n itu berhasil menjalankan booting Windows 11 lewat hypervisor bawaan yang tersedia di Android 13. 

Meski demikian, upaya yang dilakukan kdrag0n itu masih menimbulkan pertanyaan, karena tentunya upaya yang dilakukan tidaklah sedikit dan lebih rumit dari yang terlihat, terlebih hal tersebut kemungkinan kecil bisa dilakukan oleh pengguna awam atau rata-rata. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend