Yang Akan Diungkap di Event Microsoft Surface 22 September

Yang Akan Diungkap di Event Microsoft Surface 22 September

NESABAMEDIA.COMMicrosoft bersiap untuk merilis perangkat keras baru bulan ini. Perusahaan telah mengkonfirmasi acara virtual Microsoft Surface untuk tanggal 22 September, di mana produk Surface baru diharapkan menjadi akan menjadi pusat perhatian.

Gambar teaser resmi menunjukkan perangkat 2-in-1 baru, di mana Surface Pro 8 atau Surface Go 3 kemungkinan menjadi kandidat. Namun, ada banyak produk Surface yang bisa dihadirkan September ini. Beberapa telah memasuki siklus pembaruan tahunan reguler, sementara yang lain mengalami keterlambatan.

Microsoft sebelumnya juga mengatakan bahwa mereka sangat antusias untuk bisa mengeluarkan sebanyak mungkin produk komputernya bisa menjalankan Windows 11, setelah mengkonfirmasi tanggal rilisnya adalah 5 Oktober. Selain itu ada Surface Duo berbasis Android atau produk audio pribadi Microsoft, yakni Surface Earbuds dan Surface Headphone.

Kali ini nesabamedia.com mencoba memahami rumor yang ada sejauh ini dan memprediksi apa yang mungkin menjadi agenda pada event Microsoft Surface tanggal 22 September. Ini murni berdasarkan kebocoran dan spekulasi yang tersedia sejauh ini, karena di sisi lain Microsoft bisa dengan mudah membuat satu atau dua kejutan.

Perangkat Surface Baru

Surface Duo 2

Surface Duo generasi pertama baru berusia satu tahun, dan perangkat tidak diluncurkan di luar pasar Amerika hingga Februari tahun ini. Meskipun demikian, tampaknya tindak lanjut telah dilakukan selama beberapa waktu, dan diharapkan menjadi salah satu pengumuman utama.

Pembaruan berulang kemungkinan besar akan terjadi, dengan Microsoft bertujuan untuk menghilangkan beberapa poin yang menjadi keluhan di perangkat pendahulunya. Rumor menunjukkan bahwa mereka akan beralih ke chipset Qualcomm Snapdragon 888, yang juga akan membawa dukungan 5G. Diharapkan akan ada tiga kamera belakang baru dan sedikit penyempurnaan desain.

Surface Pro 8

Ada dua alasan utama mengapa banyak orang percaya Pro 8 akan diumumkan pada event Microsoft Surface. Pertama adalah gambar resmi yang digunakan Microsoft untuk mempromosikan acara tersebut, yang terlihat seperti perangkat 2-in-1, dan diharapkan perusahaan bisa bangkit dengan tablet atau laptop hybrid andalannya. 2020 juga merupakan tahun pertama absennya Surface Pro baru sejak lini ini memulai debutnya pada 2013. Meskipun ada yang masih bisa membeli Surface Pro 7 Plus, namun itu ditujukan untuk pelanggan bisnis dan edukasi.

Bisa ditebak, Pro 8 diharapkan untuk pindah ke prosesor Tiger Lake terbaru Intel, di samping layar yang sedikit lebih besar dan SSD yang dapat dilepas. Tipe Cover baru juga mungkin, tetapi mungkin akan dijual secara terpisah. Tetapi jika menunggu desain ulang yang telah lama ditunggu, mungkin hasilnya adalah sebuah kekecewaan.

Surface Go 3

Jika Surface Pro 8 tidak diumumkan, maka Go 3 akan menjadi gantinya. Ini adalah satu-satunya perangkat lain yang disematkan Microsoft dalam gambar teaser, kecuali jika itu menambahkan produk baru ke jajaran Surface.

Asumsi umum adalah bahwa nantinya akan ada perangkat Surface Go baru bulan ini, meskipun rumornya relatif tipis di lapangan. Microsoft diharapkan untuk meningkatkan prosesor, jadi akan ada kinerja yang lebih baik bahkan di tingkat pemula.

Surface Book 4

Surface Book 3 diluncurkan bersama Go 2 pada Mei 2020, jadi banyak pihak yang mengharapkan kehadiran penerusnya segera. Jika akhirnya diluncurkan bulan ini, mungkin ada beberapa perubahan besar.

Rumor menunjukkan Microsoft ingin sepenuhnya mendesain ulang perangkat, membuang layar yang dapat dilepas dan menggantinya dengan layar yang tergantung di atas keyboard dan trackpad. Sebuah paten menunjukkan ini akan menjadi desain yang mirip dengan iPad Pro dengan Magic Keyboard, dan berarti Microsoft tidak perlu lagi memasukkan semua internal di bawah layar.

Memang, besarnya perubahan ini telah membuat beberapa orang menyarankan bahwa itu tidak akan dikenal sebagai Surface Book 4 sama sekali, namun sejauh ini nama tersebut adalah yang paling memungkinkan.

Surface Studio 3

Microsoft belum memperbarui desktop All-in-One sejak akhir 2018, tetapi Surface Studio 2 telah banyak menjadi berita belakangan. Itu karena persyaratan perangkat keras baru Windows 11 yang pada awalnya berarti Studio 2 tidak akan didukung, meskipun Microsoft terus menjual perangkat di situs webnya.

Microsoft sejak saat itu kemudian membuat pengecualian untuk perangkat, tetapi hal tersebut malah menambah anggapan bahwa penggantinya sedang dalam perjalanan. Namun, tanpa rumor atau bocoran sejauh ini, event 22 September mungkin bisa dibilang datang terlalu cepat.

Surface Laptop Go 2

Microsoft memperkenalkan laptop baru yang terjangkau dalam bentuk Surface Laptop Go pada Oktober 2020. Perangkat tersebut bertindak sebagai versi yang diperkecil dari jajaran Surface Laptop, dengan layar yang lebih kecil dan internal yang kurang kuat.

Tanpa rumor konkret sejauh ini, akan menjadi sebuah kejutan untuk melihat peluncuran perangkat generasi kedua bulan ini.

Surface  Pro X (2021)

Surface Pro X awalnya diluncurkan pada Oktober 2019, sebelum versi yang ditingkatkan dengan prosesor berbasis ARM baru dan kompatibilitas aplikasi yang ditingkatkan tiba setahun kemudian. Logikanya adalah akan ada generasi ketiga yang hadir September ini, tetapi sulit untuk mengetahui apa yang bisa diharapkan dari perangkat tersebut.

Prosesor SQ3 yang diperbarui kemungkinan besar akan digunakan, tetapi kemungkinan lebih besar ditujukan pada chip Snapdragon 8cx Gen 3 Qualcomm yang akan datang. Jika itu terwujud, peluncuran 2022 tampaknya lebih mungkin.

Surface Earbud 2 atau Surface Headphone 3

Acara Surface yang akan datang mungkin tidak semuanya tentang komputer. Microsoft juga dapat memperbarui produk audio pribadinya, dengan Surface Earbud 2 dan Surface Headphone 3 keduanya diharapkan akan segera diluncurkan. Namun, tidak ada informasi soal spesifikasi atau fitur pada tahap ini.

Yang Tidak Akan Ada di Event Microsoft Surface

Satu-satunya Surface PC yang diyakini tidak akan diumumkan Microsoft adalah Surface Laptop 5. Perusahaan hanya meluncurkan model generasi keempat pada bulan April, dan perangkat itu akan memenuhi syarat untuk upgrade gratis ke Windows 11.

Acara ini juga diharapkan secara eksklusif berfokus pada perangkat keras. Microsoft telah mengadakan acara khusus untuk Windows 11 pada bulan Juni, dan sejauh yang diketahui, tidak ada perangkat lunak lain yang sedang dikembangkan. Yang paling dekat yang mungkin akan didapatkan adalah berita tentang perangkat lunak Surface Neo. Awalnya dimaksudkan untuk berjalan di Windows 10X, tetapi sekarang telah dibatalkan. Namun, tidak jelas apakah Microsoft sekarang akan merilis Neo atau tidak.

Leave a Reply

Send this to a friend