Pengguna Microsoft Windows 10 2021

Yang Dinantikan Pengguna Windows 10 di Tahun 2021

NESABAMEDIA.COMTahun 2020 ini, Microsoft menekankan bahwa sistem operasi Windows 10 buatannya adalah sebuah produk penting dalam portofolio mereka, sebab karena wabah pandemi membuat orang-orang lebih banyak menggunakan PC untuk menyelesaikan pekerjaan atau melakukan aktivitas dari rumah. 

Microsoft pun mampu memaksimalkan kesempatan ini dengan melakukan strategi yang cepat, seperti menghadirkan Microsoft Teams, Edge versi baru, dan aplikasi Office untuk bisa memenuhi kebutuhan mereka yang bekerja dari rumah. Namun Windows sebagai sistem operasi sangat berbeda dengan program-program itu, karena tidak bisa berinovasi dengan cepat. 

Akan tetapi inovasi itu bukan tidak akan pernah hadir. Pada awal tahun 2020, Microsoft menempatkan Panos Panay sebagai Chief Product Officer. Ini artinya, ahli hardware terbaik Microsoft sekarang yang mengemban tugas untuk mengamati kebutuhan pengguna dan juga serangkaian fitur di Windows 10. 

Panos Panay juga sedang mengembangkan pembaruan besar di Windows 10 yang diharapkan akan hadir pada akhir tahun 2021 nanti. Pembaruan besar ini diberi nama kode Sun Valley, dan bertujuan untuk memberikan pengalaman baru kepada pengguna Windows 10, dengan desain dan pengalaman yang lebih modern dan konsisten.

Namun, sejauh ini masih belum bisa dipastikan apa saja yang akan ditawarkan oleh Sun Valley nantinya. Selain petunjuk soal perubahan pada tampilan antarmuka dan peningkatannya. Pengguna pun berharap ada sejumlah perubahan dan hal baru yang bisa mereka dapatkan di Windows 10 tahun depan.

Pengalaman Menggunakan Tablet

Windows 10 saat ini kurang begitu baik di perangkat yang tidak menggunakan keyboard dan mouse. Jauh dari kata cepat dan memudahkan, sehingga Microsoft perlu untuk berfokus dalam mengembangkan pengalaman menggunakan perangkat layar sentuh. 

System Tray

Windows memiliki fitur System Tray yang telah lama ada sejak versi-versi sebelumnya. Kini saatnya Microsoft untuk bisa memberikan peningkatan pada System Tray itu. Seperti melakukan perubahan pada tampilan tanggal dan waktu, dan memindahkan menu overflow ke Action Center misalnya. Atau bisa mengadaptasi System Tray yang ada di Windows 10X, yang terlihat lebih modern dan ramah.

Timeline

Fitur Timeline di Windows 10 bisa dibilang sebuah kegagalan besar. Pengguna mengabaikannya, atau bahkan banyak pengguna yang tahu bahwa fitur ini benar-benar ada. Salah satu penyebabnya mungkin karena letaknya yang tidak pas, di mana selama ini terpasang di Task View. Mungkin akan lebih baik jika dipindahkan ke Start Menu saja. 

Selain itu, Microsoft juga harus memikirkan apa saja yang seharusnya tampil di Timeline. Memunculkan apa yang lebih dibutuhkan oleh pengguna, seperti menampilkan dokumen yang terakhir digunakan, atau file yang terakhir dibuka. Atau sekalian saja menghapusnya, karena sebenarnya sudah ada fitur “Recent Documents”, 

Integrasi Aplikasi Your Phone

Pada awalnya, kehadiran aplikasi Your Phone di Windows 10 adalah salah satu hal yang banyak ditunggu pengguna. Bahkan saat itu bisa diprediksi akan menjadi aplikasi terbaik yang ada di sistem operasi tersebut. Namun sayangnya, aplikasi ini sangat terbatas sekali penggunaanya. 

Hanya smartphone dan aplikasi tertentu saja yang bisa dihubungkan dengan aplikasi Your Phone ini. Pengembangannya pun dirasa sangat lambat, di mana saat ini hanya bisa terintegrasi dengan beberapa smartphone Samsung saja. 

Leave a Reply

Send this to a friend