Smartphone Samsung 2021 Galaxy Fold 2 2021

Yang Perlu Dilakukan Samsung Untuk Hadirkan Smartphone Lebih Baik di 2021

NESABAMEDIA.COMJika ada perusahaan yang konsisten dalam melakukan inovasi dan pengembangan smartphone Android, tidak bisa dipungkiri itu adalah Samsung.

Selain telah menjadi penguasa pasar smartphone lipat, ada banyak alasan lain untuk terus memantau apa yang sedang dilakukan Samsung untuk produk-produknya di masa mendatang. Lalu, apa yang harus dilakukan Samsung untuk bisa menghasilkan smartphone berkualitas di tahun 2021 nanti?

Tahun 2020 bisa dibilang menjadi tahun yang sangat sukses untuk Samsung. Perusahaan telah merilis tiga flagship dan semuanya berada di jajaran pasar kelas atas, seperti Galaxy S20, Galaxy Z Flip dan Z Fold 2. Semua smartphone itu hadir dengan aksesoris yang fantastis dan komitmen pembaruan tiga tahun-nya.

Namun jika diperdalam, sebenarnya masih banyak ruang yang bisa dikembangkan oleh Samsung, yang selama ini mungkin dilupakan oleh perusahaan asal Korea Selatan itu. 

Kaca Yang Lebih Kuat Untuk Smartphone Lipat

Samsung menawarkan dukungan untuk S Pen hampir di seluruh produk terbarunya, seperti Galaxy S21 Ultra dan Galaxy Z Fold 3. Ide dukungan S Pen pada smartphone Z Fold ini sangat menarik, namun untuk bisa memberikan pengalaman terbaik, Samsung harus bisa meningkatkan kekuatan dari teknologi Ultra Thin Glass-nya (UTG). 

UTG sendiri merupakan peningkatan dari layar plastik di Galaxy Fold, namun kekuatannya masih dianggap kurang. Karena pada dasarnya merupakan kaca, maka layarnya mudah tergores dan bahkan sangat mudah bengkok, lebih dari yang ditawarkan semestinya.

Jika Samsung menginginkan pengguna untuk bisa menggambar atau menjelajahi fitur Z Fold 3 menggunakan S Pen, maka mereka harus bisa mencari cara untuk meningkatkan kekuatan teknologi UTG mereka. 

Menjadi Pesaing Nyata Pixel 4a

Salah satu kemenangan terbesar Samsung di tahun ini adalah berkat dirilisnya Galaxy S20 FE. Meski demikian Galaxy S20 FE yang dibanderol seharga USD10 jutaan, masih belum bisa menarik hati konsumen, yang menginginkan smartphone berteknologi dengan harga yang lebih terjangkau. Pasar ini pun saat ini masih dikuasai oleh Pixel 4a dan Moto G Power. 

Untuk bisa memenangkan pasar tersebut, banyak pihak berharap Samsung bisa mengeluarkan smartphone seharga Rp4 – Rp5 jutaan di tahun 2021 mendatang. 

Fokus Pada Sustainabilitas

Produk Apple dan Google selama beberapa tahun terakhir, terlihat sangat menekankan pada hal sustainabilitas atau menawarkan teknologi untuk keberlangsungan hidup. Banyak komponen dari iPhone 12 yang terbuat dari material tanah jarang yang bisa didaur ulang. Speaker Nest Audio milik Google juga terbuat dari hasil daur ulang botol plastik. 

Samsung memang berupaya untuk bisa menawarkan produk yang sama, namun untuk saat ini levelnya masih belum bisa menyamai apa yang telah dilakukan Apple dan Google. Tahun 2021 akan menjadi tahun yang akan lebih banyak melibatkan kebijakan kelestarian lingkungan, dan Samsung harus bisa memanfaatkannya.

Tinggalkan Layar Melengkung

Samsung memiliki hubungan yang buruk dengan teknologi layar melengkung di tahun 2020 ini. Galaxy S20, S20 Plus dan S20 Ultra semua memang memiliki teknologi layar melengkung, namun lengkungannya kurang menonjol, bahkan malah cenderung datar. 

Note 20 dan S20 FE keduanya hadir dengan layar yang benar-benar datar. Namun Samsung kembali lagi ke layar melengkung pada Note 20 Ultra. Dan smartphone itu pun mendapatkan respon buruk, karena lengkungannya itu malah sangat mengganggu. 

Untuk menghindari respon buruk itu, Samsung sebaiknya benar-benar meninggalkan penggunaan layar melengkung, dan lebih baik menghadirkan smartphone dengan layar yang benar-benar datar. 

Leave a Reply

Send this to a friend