• Our Partners:

YouTube Android

YouTube Android Hadirkan Lockscreen Widget

Mengikuti pengguna iOS akhir bulan lalu, YouTube kini memberikan perubahan yang sama dari antarmuka mereka untuk pengguna Android. Kini YouTube memberikan sejumlah Widget di Lockscreen ponsel Android, Kamis (03/11).

Akhir bulan September lalu, YouTube memberikan sejumlah fitur menarik untuk pengguna iOS yang mana bisa menambahkan sejumlah Widget di Lockscreen mereka. Pengguna mendapatkan akses lebih cepat ke pencarian YouTube hingga ke kanal YouTube kreator lain.

Dengan adanya Widget ini, maka pengguna YouTube bisa langsung menggunakan fitur YouTube dengan lebih cepat. Maka dari itu, fitur ini cukup fungsional untuk mereka yang sering sekali mengakses platform YouTube.

Kemarin, YouTube memberikan dua fitur utama yang selalu hadir di Widget mereka, yaitu Search Bar untuk langsung menggunakan fitur pencarian YouTube dan Quick Actions untuk mencari dari melihat semua video yang ada di YouTube.

Kini, Google memberikan dukungan yang sama dengan menghadirkan Widget YouTube khusus untuk pengguna Android, setelah akhirnya hampir sebulan tidak mendapatkan dukungan yang sama dengan sistem operasi iOS.

YouTube Widget Android

Tampilan YouTube Widget di Android

Di Android, tampilan Widget akan memiliki ukuran yang lebih lebar, namun masing-masing fitur seperti Home, Subs, Library dan Shorts memiliki ukuran setara yaitu 3×2. Jadi terbilang cukup ringkas untuk diterapkan di Lockscreen.

Widget ini hadir karena integrasi yang sesuai dengan sistem terbaru di Android 13, yang mana menjadi bagian dari Material You Design dan Dynamic Color yang memang telah menjadi UI inovasi Google.

Menariknya dan yang membedakannya dengan versi iOS adalah, Widget YouTube ini akan menampilkan warna yang berbeda-beda setiap kali kita menggunakan pilihan Wallpaper yang berbeda. Karena memang akan disesuaikan dengan Dynamic Color itu sendiri.

Google sendiri telah merilis versi Widget ini untuk mereka yang menggunakan versi YouTube terbaru, yaitu 17.43.36 yang kini telah mulai dirilis di Play Store. Pembaruan kali ini juga masih memberikan dukungan UI terbaru seperti Dark Theme dan beberapa perbaikan ketika memainkan video di Video Player YouTube.

Sementara itu, Google hari ini telah resmi menghentikan layanan Google Hangout mereka. Pengguna Hangout juga diberikan informasi untuk dapat mencadangkan data mereka melalui Google Takeout sebelum tanggal 1 Januari 2023 nanti.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend