Youtube Bakal Pasang Iklan di Konten Shorts

Youtube Bakal Pasang Iklan di Konten Shorts

NESABAMEDIA.COMJika anda berpikir bisa menghindari munculnya iklan ketika menonton Youtube Shorts, maka anda salah. Dari laporan yang diterima nesabamedia.com, Youtube tengah dalam proses menguji iklan di konten Shorts mereka. 

Google dilaporkan tidak mampu memenuhi target pendapatan mereka di kuartal pertama 2022, namun Youtube mengalami pertumbuhan. Dalam hal pendapatan iklan, Youtube mengalami peningkatan sebesar 14%. Dan sepertinya Google akan memanfaatkan momentum tersebut. 

Dalam sebuah wawancara, Philipp Schindler selaku Chief Business Officer Google menyatakan bahwa Youtube akan mulai menempatkan iklan untuk konten Shorts-nya. Shorts sendiri merupakan jawaban Youtube atas tantangan TikTok, di mana saat ini banyak platform media sosial yang juga mulai menghadirkan konten video pendek semacam ini. Videonya diambil dalam mode vertikal potret, biasanya berisi video yang sangat acak dan orang-orang cenderung mengunggah konten mulai dari yang menginspirasi sampai hal-hal gila.

TikTok menawarkan iklan di platform mereka sudah cukup lama, dan itu juga membantu menghasilkan pendapatan bagi para TikToker terkenal. Selain itu, perusahaan juga menggelontorkan jutaan dolar pada para kreator mereka, melalui Creator Fund. 

Kini, Youtube mencoba menawarkan hal yang sama di konten Shorts mereka. Schindler menyatakan bahwa Youtube akan berfokus dalam menawarkan iklan untuk pengunduhan aplikasi saat ini. Walaupun perusahaan juga kemungkinan akan memperluas ke lebih banyak jenis iklan di masa mendatang. 

Jika ini berhasil, maka akan mulai terlihat iklan di platform yang diformat dalam orientasi potret. Ini berarti para pengiklan juga harus membuat iklan yang diformat dengan bentuk khusus itu. Jika ada, mungkin itu bisa dibayangkan seperti iklan yang ada di Snapchat

Untuk sekarang, seharusnya anda tidak akan melihat iklan semacam ini dalam waktu dekat, karena ini masih dalam tahap pengembangan awal, sesuai dengan pernyataan Schindler. Ketika iklan untuk Youtube Shorts itu tiba, diharapkan itu akan diawali oleh semacam pengumuman resmi dari pihak Google

Jika iklan untuk Shorts adalah fokus jangka panjang perusahaan, untuk fokus mendesak, Youtube mengaku akan memperbaiki sejumlah masalah, utamanya adalah masalah pada tombol Like yang menghilang, yang dialami beberapa pengguna belakangan ini. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend