• Our Partners:

YouTube Premium untuk Family Plans kini Semakin Mahal

YouTube Premium untuk Family Plans kini Semakin Mahal

YouTube Premium terlihat memberikan kenaikan harga untuk layanan mereka, bagi pengguna yang mendaftar Family Plans maka bulan ini YouTube Premium akan menaikkan harga berlangganan hingga Rp 358.000,00, Jumat (21/10).

YouTube Premium secara resmi telah mengirimkan sejumlah surel atau email kepada semua pelanggannya, yang mana akan menaikkan harga berlangganan per bulan mereka. Dalam pembaruan ini, mereka menaikkan harga berlangganan yang semula $17 USD atau sekitar Rp 265.000,00 menjadi $22.99 USD atau sekitar Rp 358.000,00.

YouTube Premium menegaskan bahwa kenaikan harga ini hanya berlaku untuk mereka yang menggunakan layanan YouTube dengan Family Plan. Masih tetap sama, YouTube Premium masih memberikan dukungan hingga enam akun berbeda untuk ikut di layanan ini.

Jika kita telisik dari kenaikan harganya, YouTube Premium menaikkan harga ini hingga 25%. Bahkan, kenaikan harga ini akan semakin naik ketika pengguna melakukan perpanjangan di Apple Apps Store yang naik hingga $29.99 USD atau sekitar Rp 464.000,00.

Hingga saat ini, YouTube Premium belum memberikan kenaikan harga yang serupa bagi pengguna YouTube Premium secara individu, yang mana biaya berlangganannya masih mencetak angka $11 USD atau sekitar Rp 171.000,00.

YouTube Premium untuk Family Plans kini Semakin Mahal

Gambar: Daftar Harga Berlangganan YouTube Premium

Setelah melakukan pemeriksaan, ternyata kenaikan harga ini juga bukan hanya terjadi di Amerika Serikat saja. Melainkan beberapa negara maju lainnya seperti Jepang, Turki, Argentina, Inggris dan Kanada.

Jika terus berlanjut ke negara lain, maka kemungkinan negara di Asia Tenggara termasuk Indonesia akan mendapatkan kenaikan harga. Tentu pengguna YouTube Premium di beberapa negara lainnya harus menunggu keputusan YouTube Premium, jika memang mereka berniat memberikan kenaikan harga yang sama.

Untuk kenaikan harga ini, pihak YouTube Premium sendiri akan memberikan sebuah informasi melalui email sebulan sebelum menaikkan harga dari YouTube Premium. Pihak YouTube Premium akan memberikan informasi kapan kenaikan harga ini akan mulai diresmikan.

Dalam emailnya, YouTube Premium akan memberikan isi pesan yang cukup rinci mengenai kenaikan harga, seperti berikut ini:

YouTube Premium Family Plans

Gambar: Isi Email dari YouTube Premium dengan Family Plan

Hingga saat ini, pihak YouTube Premium sama sekali tidak memberikan informasi mengenai alasan mereka menaikkan harga dari YouTube Premium melalui Family Plan. Mengingat, YouTube Premium telah lama tidak menaikkan harga mereka sejak 2018.

Bagaimana menurut Anda? Setuju jika YouTube Premium memberikan kenaikan harga ini untuk semua pelanggannya? Tuliskan tanggapan Anda di kolom komentar di bawah ya!

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend