• Our Partners:

Zynn Kloningan TikTok Penuh Konten Curian, Kini Dihapus dari Google Play Store

NESABAMEDIA.COM – Zynn adalah aplikasi tiruan TikTok yang membayar penggunanya. Strategi tersebut sukses membawa namanya ke dalam daftar 10 aplikasi terpopuler di Google Play Store, sampai akhirnya Google memutuskan untuk menghapusnya setelah muncul berbagai keluhan mengenai pelanggaran hak cipta.

Di dalam Zynn, banyak video yang sepertinya diambil dari Instagram, YouTube, dan terutama Tiktok, tanpa persetujuan pemiliknya. Banyak pula akun influencer yang dipalsukan, seperti akun @ebonychlo di TikTok yang jumlah pengikutnya hampir mencapai 18 ribu orang.

Ketika akun-akun palsu tersebut diselidiki, ada satu temuan yang aneh. Banyak video di dalam akun-akun itu yang diunggah pada tanggal 19 Februari. Padahal, menurut data dari Sensor Tower, pengguna Android menginstall Zynn melalui Google Play pertama kalinya pada tanggal 5 Mei, sedangkan Zynn baru muncul di App Store pada tanggal 7 Mei.

Akun @ebonychlo termasuk akun TikTok yang videonya dicuri dan diunggah pertama kalinya di Zynn pada tanggal 19 Februari. Kasus pembajakan konten yang demikian juga dialami oleh Tiffany Hunt, seorang ahli tata rias yang populer di Instagram dan TikTok.

Masalah lain yang menghinggapi Zynn adalah sistem reward yang dianggap sama seperti skema piramida. Namun karena sistem itulah popularitas Zynn mampu melejit dalam hitungan waktu yang sangat singkat. Menurut perwakilan Zynn, sistem reward yang demikian dianggap sebagai langkah yang lebih baik daripada menghabiskan uang untuk beriklan di platform Google atau Facebook.

Jumlah imbalan yang disediakan memang cukup menarik minat, terutama imbalan yang diberikan apabila pengguna berhasil mengundang orang lain untuk membuat akun di Zynn. Dengan syarat, setiap pendaftar yang diundang harus benar-benar aktif menggunakan Zynn. Bonus juga disediakan untuk pengguna yang berhasil mencapai target referal yang ditentukan Zynn.

Mengenai hilangnya laman aplikasi Zynn di Google Play Store, hingga saat artikel ini disusun masih belum ada penjelasan dari Google. Tapi, perwakilan dari Zynn mengaku kepada media Financial Times bahwa plagiarisme adalah penyebab dihapusnya Zynn dari platform milik Google tersebut. Sedangkan di App Store, Zynn masih tersedia seperti biasanya. [az/tn]

Leave a Reply

Send this to a friend