2 Cara Menemukan dan Menghapus File Duplikat di Android dengan Sangat Cepat

Sejak tempat penyimpanan atau memory sudah semakin dapat menampung banyak file, sering kali pengguna  memakainya secara boros. Sadar atau tidak sadar, pengguna terbiasa menyimpan segala sesuatu di memory internal maupun external. Tidak jarang pula file yang sudah ada terkadang malah disimpan kembali dalam memori tersebut. Sehingga, file-file tersebut akan menjadi duplikat atau ganda.

Sebagian besar smartphone dengan sistem operasi Android biasanya secara otomatis akan menyimpan file duplikat sebagai backup atau hal lainnya. Hal ini tentunya dapat membuat tempat penyimpanan cepat penuh, apalagi jika kapasitas memori yang digunakan tergolong kecil. File duplikat di Android dapat berupa file yang sama atau file dengan ekstensi yang berbeda yang disimpan dalam memori perangkat.

Oleh karena itu, jika pengguna tidak sering menemukan dan menghapus file duplikat yang terdapat di Android, akibatnya tempat penyimpanan akan penuh dan tidak dapat digunakan untuk menyimpan file baru lagi. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk menemukan dan menghapud file duplikat di Android. Yuk, simak penjelasan berikut ini.

2 Cara Menemukan dan Menghapus File Duplikat di Android

Adapun cara menemukan dan menghapus file duplikat yang terdapat di Android ini dapat dilakukan secara manual maupun otomatis. Namun, jika pengguna melakukannya secara manual atau dengan menemukan satu per satu maka akan membutuhkan waktu yang lama dan sangat tidak efisien.

Oleh sebab itu, saya akan memberi tahu Anda cara menemukan dan menghapus file duplikat di Android dengan sangat cepat dan mudah. Pada kesempatan ini, kita akan menggunakan aplikasi tambahan. Pada dasarnya, cara kerja dari aplikasi di bawah ini yaitu aplikasi melakukan scan terhadap file duplikat kemudian meghapus file sesuai yang dipilih.

Cara 1: Menggunakan Aplikasi Duplicate File Remover

Pada cara pertama, kita akan menggunakan aplikasi Duplicate File Remover yang dapat menemukan dan menghapus file duplikat di Android.

Bagi Anda yang memiliki Android dengan penyimpanan terbatas, Anda tidak perlu khawatir karena ukuran aplikasi ini sangat kecil, yaitu hanya 3,4 MB. Masalah kehandalan, aplikasi ini dapat menemukan dan menghapus fle berupa foto, audio, video, dokumen, dan file lainnya.

1. Download dan install aplikasi Duplicate File Remover di Google Play Store.

1 - Download dan install aplikasi Duplicate File Remover di Google Play Store

2. Setelah itu, buka aplikasi Duplicate File Remover. Maka aplikasi secara otomatis akan membaca penyimpanan ponsel seperti pada gambar di bawah ini.

2 - aplikasi secara otomatis akan membaca penyimpanan ponsel

3. Kemudian silakan pilih menu yang tersedia yaitu Scan Duplicate Images (foto), Audios (suara), Videos (video), Docs (dokumen), dan file lainnya. Misalnya Anda ingin menghapus file berupa foto ganda, maka silakan pilih Scan Duplicate Images.

3 - pilih menu yang tersedia

4. Tunggu hingga proses scan file selesai > setelah proses scan selesai, maka akan muncul semua file duplikasi beserta ukuran dan tempat penyimpanan file > lalu silakan pilih atau ceklis box pada file duplikat yang ingin Anda hapus > lalu pilih tombol Delete Now.

4 - pilih atau ceklis box pada file duplikat yang ingin Anda hapus lalu pilih tombol Delete Now

5. Kemudian akan muncul kotak konfirmasi, lalu pilih OK.

5 - pilih OK

6. Selanjutnya pilih GRANT PERMISSION untuk mengizinkan aplikasi membaca serta menghapus file yang berada di memori eksternal.

6 - pilih GRANT PERMISSION

7. Pilih SD card atau memori eksternal.

7 - Pilih SD card atau memori eksternal

8. Lalu silakan pilih SELECT “SD card”.

8 - cara menemukan dan menghapus file duplikat di Android

9. Maka, file duplikat telah berhasil ditemukan dan dihapus menggunakan aplikasi Duplicate File Remover.

9 - selesai

Cara 2: Menggunakan Aplikasi Duplicate Files Fixer

Sama dengan aplikasi pada cara pertama, aplikasi Duplicate Files Fixer ini dapat menemukan dan menghapus file duplikat. Aplikasi yang telah di-download lebih dari satu juta kali ini memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dari aplikasi sebelumnya yaitu 12 MB.

1. Download dan install aplikasi Duplicate Files Fixer di Google Play Store.

cara 1 - Download dan install aplikasi Duplicate Files Fixer di Google Play Store

2. Setelah itu, buka aplikasi > lalu pilih SKIP.

cara 2 - pilih SKIP

3. Kemudian pilih menu Scan Audio (suara), Videos (video), Pictures (foto), Documents (dokumen), Full Duplicate, dan Contacts (kontak). Anda dapat memilih Full Duplicate Scan untuk menemukan semua file duplikat > lalu pilih Scan Now.

cara 3 - pilih menu lalu scan now

4. Maka akan tampil seluruh file duplikat. Anda juga dapat memilih file audio, video, foto, atau dokumen saja dengan cara pilih nama menu yang Anda inginkan.

cara 4 - pilih menu

5. Setelah memilih menu, silakan pilih file yang ingin dihapus > lalu pilih Delete Now.

cara 5 - pilih file yang ingin dihapus lalu pilih Delete Now

6. Kemudian akan muncul kotak konfirmasi, silakan pilih OK.

cara 6 - cara menemukan dan menghapus file duplikat di Android

7. Lalu pilih Grant Permission untuk mengizinkan aplikasi membaca dan menghapus file yang terdapat di SD card atau memori eksternal.

cara 7 - pilih Grant Permission

8. Pilih SD card atau memori eksternal.

cara 8 - Pilih SD card atau memori eksternal

9. Lalu silakan pilih SELECT “SD card.

cara 9 - pilih SELECT SD card

10. Silakan pilih OK apabila telah selesai dan pilih Scan More Duplicates untuk menemukan dan menghapus file lainnya. File duplikat telah berhasil ditemukan dan dihapus menggunakan aplikasi Duplicate Files Fixer.

cara 10 - cara menemukan dan menghapus file duplikat di Android

Mudah bukan cara menemukan dan menghapus file duplikat di Android dengan cepat? Anda dapat menghapus file duplikat ini secara berkala untuk tetap membuat tempat penyimpanan pada perangkat Android tidak cepat penuh. Anda dapat mencoba salah satu cara di atas maupun semuanya untuk dapat menentukan cara mana yang paling efektif menurut Anda.

Sekian artikel mengenai cara menemukan dan menghapus file duplikat di Android. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Tetap kunjungi Nesabamedia untuk mendapatkan informasi menarik dan terbaru.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend