Begini Cara Nonton Youtube Offline di Android, Tanpa Menggunakan Kuota Internet!

Sebagai salah satu produk Google, Youtube berhasil menjadi layanan yang banyak digandrungi banyak orang diseluruh dunia. Apalagi, dengan adanya berbagai smartphone Android semakin memudahkan kita untuk mengakses Youtube kapan dan dimana saja. Akan tetapi, ada kendala yang dihadapi dimana untuk mengakses Youtube diperlukan kecepatan internet yang tidak terbatas.

Memahami hal itulah, akhirnya Google meluncurkan fitur terbaru pada Youtube yaitu streaming video offline. Dengan fitur ini, Anda dapat menambahkan video dan menontonnya kembali walaupun perangkat Anda tidak terhubung ke jaringan internet, baik itu melalui WiFi atau paket data.

Fitur terbaru ini membantu Anda dalam menghemat kuota internet yang biasa digunakan untuk melakukan streaming video online dan pastinya baterai perangkat Anda bisa lebih hemat karena tidak ada konsumsi daya tambahan yang digunakan. Lantas, bagaimana cara menikmati fitur menonton youtube secara offline itu ?

Dalam artikel ini Anda dapat memperoleh jawaban mengenai cara nonton youtube offline di HP android. Untuk itu, simak penjelasannya berikut ini.

Cara Nonton Youtube Offline

Untuk dapat menonton video di Youtube dengan nyaman tanpa adanya buffer sedikitpun, pengguna harus memiliki koneksi internet yang cepat dan stabil. Jika tidak, maka kegiatan menonton Anda jadi sangat terganggu. Namun, dengan adanya fitur Youtube offline ini, Anda tidak perlu takut kehabisan kuota. Sebab kuota yang akan digunakan hanya sebatas pada proses downloadnya saja.

Pengguna dapat menyimpan video tersebut di aplikasi Youtube dan dapat ditonton lagi kapanpun yang Anda mau tanpa terhubung koneksi internet. Untuk lebih jelasnya, ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

1. Pertama, buka aplikasi Youtube pada smartphone Anda. Jika belum ada, Anda dapat mengunduh aplikasinya di Google Play Store.

2. Kemudian, buka video yang ingin Anda tonton secara offline. Pada halaman video tersebut, Anda akan menemukan tombol Download yang terletak dibagian kanan seperti pada gambar. Tap tombol Download tersebut.

cara nonton youtube offline

3. Selanjutnya, Anda diminta untuk memilih resolusi dari video. Disini saya memilih resolusi HD – 720 p agar kualitas video lebih jernih. Sesuaikan resolusi video dengan kemampuan resolusi layar smartphone Anda. Setelah itu, klik OK.

cara nonton youtube offline

4. Tunggu hingga proses download selesai seperti pada gambar dibawah. Anda pun sudah dapat menikmati fitur Youtube offline ini.++

cara menonton youtube offline

5. Setelah itu, coba Anda matikan jaringan internet. Kemudian buka kembali Youtube. Pilih See Your Download atau klik dibagian Library Youtube tersebut.

cara menonton youtube secara offline

6. Anda pun dapat melihat video yang baru saja di download yang telah ditambahkan dalam library Youtube Anda.

cara nonton youtube offline

7. Akhirnya, Anda sudah dapat menonton Youtube tanpa harus terhubung ke jaringan internet.

cara nonton youtube offline

Sangat mudah bukan tutorial cara nonton youtube offline diatas? Demikianlah penjelasan mengenai cara yang dapat Anda lakukan untuk menonton video Youtube secara offline. Yang perlu Anda ingat bahwa Youtube akan menyimpan video tersebut selama 2 hari atau 48 jam.

Selanjutnya, Youtube akan kembali melakukan pengecekan apabila terjadi perubahan didalamnya. Tetap saja memerlukan kuota internet untuk mendownloadnya, hanya saja dengan fitur ini lebih menghemat kuota Anda dan pastinya Anda dapat menikmati video tanpa ada gangguan lagi.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend