3 Cara Menyimpan Hasil Download ke Kartu Memori di HP Android

Adakalanya memori internal atau penyimpanan bawaan Android kita penuh, sehingga kita perlu untuk mengalihkan penyimpanan ke direktori lain, penyimpanan eksternal.

Penyimpanan eksternal yang biasanya dimanfaatkan oleh pengguna smartphone adalah kartu memori atau kartu SD. Smartphone yang tidak memiliki kartu memori biasanya harus mengirit penyimpanan terhadap file-file atau data yang tidak terlalu penting. Disitulah peran kartu memori. Namun, penggunaan kartu memori pun harus diatur agar penyimpanan terarah dengan baik.

Cara Menyimpan Hasil Download ke Kartu Memori di HP Android

Penyimpanan file download ke kartu memori akan meminimalisir penggunaan kapasitas memori internal. Hal ini baik untuk menjaga kapasitas memori agar penggunaan smartphone tidak terlalu berat. Bagaimana cara menyimpan hasil download ke kartu memori? Simak beberapa cara berikut ini.

1. Mengatur lokasi penyimpanan pada browser

Cara ini dilakukan atas dasar file download yang diperoleh bersumber dari browser. Bukankah umumnya file yang Anda download berasal dari hasil browsing Anda? Nah, berikut ini langkah-langkah mengatur penyimpanan file download pada browser.

1.  Buka browser Anda. Dalam bahasan ini, saya menggunakan Google Chrome pada Android. Klik ikon seperti yang ditunjuk pada gambar di bawah ini.

cara menyimpan hasil download ke kartu memori 2. Selanjutnya, Anda beralih ke halaman Downloads dengan mengklik opsi Downloads.

select downloads

3. Pada halaman Downloads, klik ikon pengaturan seperti yang ditunjuk oleh gambar di bawah ini.

cara menyimpan hasil download ke kartu memori

4. Kemudian, pilih Download location untuk mengatur lokasi penyimpanan file download Anda.

set download location

5. Pilih opsi SD card untuk mengatur penyimpanan pada kartu memori/penyimpanan eksternal. Klik DONE untuk menyelesaikannya.

select sd card

Nah, sekarang file yang Anda download otomatis akan tersimpan pada kartu memori atau penyimpanan eksternal smartphone Anda.

2. Memindahkan file download secara manual

Cara ini dilakukan untuk saat file telah ter-download. Berikut ini langkah-langkah memindahkan file download secara manual.

1. Buka menu Files atau File manager pada perangkat Android Anda.

go to files

2. Pilih direktori Downloads sehingga akan tampil file-file yang terdapat di dalamnya.

cara menyimpan hasil download ke kartu memori di google chrome

3. Selanjutnya, pilih file yang ingin Anda pindahkan ke penyimpanan kartu memori. Disini Anda bisa memilih lebih dari satu. Setelah selesai menandai file yang akan dipindahkan, klik ikon yang ditunjuk nomor 2 pada gambar di bawah ini.

select file which wanna move

4. Kemudian, pilih opsi Move to… untuk menjalankan perintah pemindahan file hasil download.

select move to... in settings 5. Setelah itu, klik ikon menu untuk memilih direktori penyimpanan.

click menu

6. Pada panel menu, cari nama kartu memori Anda lalu klik untuk memilihnya sebagai direktori untuk memindahkan file yang telah Anda pilih sebelumnya.

select your sd card

7. Pilih folder jika Anda ingin penyimpanan pada kartu memori Anda lebih spesifik. Pada langkah ini saya memindahkan file saya pada folder Android.

cara menyimpan hasil download ke kartu memori

8. Setelah Anda menemukan penyimpanan yang tepat pada kartu memori Anda, klik tombol MOVE untuk memindahkan file.

click move button 9. Nah, akhirnya file download Anda berhasil dipindahkan. Anda dapat mengecek pada direktori di kartu memori Anda.

your file was moved

3. Mengatur lokasi penyimpanan melalui menu Pengaturan

Berikut ini cara mengatur lokasi penyimpanan melalui menu Pengaturan/Settings.

1. Buka menu Pengaturan/Settings pada perangkat Android Anda.

2. Pilih opsi Penyimpanan/Storage.

open settings menu and choose storage

3. Pada tampilan Penyimpanan akan terdapat beberapa informasi mengenai penggunaan memori oleh perangkat Anda. Pilih Setelan penyimpanan untuk memilih lokasi penyimpanan.

select settings

4. Terdapat beberapa kategori yang dikelompokkan untuk menampung file yang ada pada Setelan Penyimpanan. Kategori pengelompokan ini masing-masingnya dapat Anda atur untuk penyimpanan pada kartu memori. Disini saya coba untuk mengatur penyimpanan dengan kategori Galeri. Klik pada Galeri.

choose category files

5. Selanjutnya, setelah Anda mengklik salah satu dari kategori sebelumnya, pilih Penyimpanan eksternal untuk penyimpanan data pada kartu memori.

choose external storage

Nah, Anda berhasil mengatur penyimpanan ke kartu memori melalui menu Pengaturan/Settings.

Adapun cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan laptop/PC yang dibarengi dengan penggunaan kabel data/USB. Data yang terdapat pada Android Anda, baik penyimpanan internal maupun eksternal (kartu memori) akan ditransfer ke laptop/PC. Pada laptop/PC, Anda dapat memindahkan, menghapus, dan menyalin file download Anda secara manual.

Sekian cara memindahkan file download ke kartu memori. Jika ada tanggapan dan saran mengenai bahasan ini, silakan komentar di bawah, ya. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Terima kasih.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend