10+ Aplikasi untuk Youtuber yang Paling Direkomendasikan, Sudah Punya?

Semakin hari, sepertinya dunia per-Youtuban terlihat semakin ramai dan popular. Bahkan di Play Store sendiri, pengguna Youtube telah mencapai 29 juta pada Oktober 2018. Dan tidak dapat disangkal, nongkrong di Youtube memang sangat asyik dan menyenangkan. Kita dapat mampir ke berbagai channel yang kita sukai, misalnya saja beauty tips, game, motivasi, dan berbagai kategori menarik lainnya.

Fakta ini juga yang membuat banyak orang melihat peluang besar dari dunia per-Youtuban, Youtube bisa menjadi ruang untuk mengekspresikan diri, berbagi ilmu dan pengalaman, sampai menjadi ladang menumpuk uang.

Aplikasi untuk Youtuber

Untuk kamu yang tertarik untuk menjadi Youtuber, ada hal penting yang perlu kamu perhatikan. Kamu tidak bisa hanya mengandalkan video dan meng-upload-nya begitu saja. Kamu harus mengasah kreativitasmu untuk membuat video semenarik mungkin. Apabila kamu konsisten dalam meningkatkan kualitas kontenmu, maka besar kemungkinan channelmu akan berkembang.

Nah, untuk membantumu menjadi Youtuber yang berhasil, ada beberapa aplikasi yang dapat kamu andalkan untuk mendukung aktivitasmu sebagai Youtuber. Penasaran apa saja? Simak 10 aplikasi untuk Youtuber berikut ini.

1. DU Recorder

Aplikasi untuk Youtuber

DU Recorder salah satu aplikasi perekam layar yang paling popular, memiliki lebih dari 3 juta pengguna dan mendapatkan rating 4.8/5 di Google Play Store. DU Recorder memiliki dua  fungsi  utama yang tentunya akan sangat membantu ativitasmu membuat konten di Youtube.

Fungsi pertama aplikasi ini yaitu sebagai perekam layar. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk merekam layar ponsel dengan kualitas tinggi, misalnya saat kamu ingin merekam kegiatanmu bermain game, merekam program unik yang kamu tonton di ponsel, dan lainnya. Dan fungsi kedua yaitu sebagai video dan screenshoot editor untuk menciptakan video dan hasil gambar yang lebih baik.

2. Mobizen Screen Recorder

Screenshot_2018-10-28-09-39-21-1

Untuk aplikasi kedua ini cocok untuk kamu yang suka jadi komentator di Youtube mengenai suatu kejadian yang lagi happening. Kamu di sini bisa merekam layar dan merekam ekspresi wajah sekaligus.

Mungkin kamu sudah sering melihat banyak Youtuber asing maupun lokal yang memiliki konten semacam ini, misalnya saat Youtuber asing sedang mengomentari pembukaan Asian Games, dia merekam video pembukaan Asian Games dan ekspresi wajahnya sekaligus.

Baca Juga: 10+ Aplikasi untuk Mengunci Aplikasi yang Paling Direkomendasikan

Nah untuk kamu yang tertarik menjadi Youtuber semacam ini, Mobizen Screen Recorder adalah aplikasi yang sangat kami rekomendasikan.  Tidak hanya dapat merekam saja, aplikasi ini juga dilengkapi dengan video editor yang akan meningkatkan kualitas video karyamu.

3. Kine Master – Pro Video Editor

Aplikasi untuk Youtuber

Kalau aplikasi sebelumnya dirancang untuk membantumu membuat konten di Youtube, aplikasi nomor tiga ini didesain khusus untuk memaksimalkan hasil video ciptaanmu agar menarik untuk ditonton para viewers. Aplikasi untuk Youtuber ini telah dipercaya lebih dari 1.1 juta pengguna untuk mengedit video mereka.

Beberapa fitur unggulan aplikasi ini diantaranya yaitu mendukung multiple layers, dapat mendownload lebih banyak efek, mampu memotong video dengan akurasi yang tinggi, memiliki audio filter, mendukung transisi 3D, dan masih banyak lagi.

4. Live Youtube Subscriber Count

Screenshot_2018-10-28-09-40-11-1

Aplikasi untuk Youtuber yang kami rekomendasikan selanjutnya adalah Live Youtube Subscriber Count, terutama buat kamu Youtuber pemula atau yang masih berkembang. Di awal-awal karir, umumnya Youtuber selalu penasaran dengan perkembangan channel Youtuber mereka, terutama peningkatan jumlah subscriber.

Nah, ini adalah aplikasi yang tepat untuk kamu memantau jumlah subscriber secara real-time. Memang, kamu dapat selalu memantaunya di Youtube, hanya saja Youtube biasanya update jumlah subscriber sekitar satu jam sekali. Kalau kamu tidak suka menunggu, silakan download aplikasi ini.

5. Youtube Studio

Aplikasi untuk Youtuber

Selain Live Youtube Subscriber Count, Youtube Studio juga dapat membantumu untuk memantau perkembangan channelmu.  Aplikasi ini cukup popular dan telah memiliki lebih dari 470 ribu pengguna. Dengan aplikasi Youtube Studio, kamu akan lebih mudah mengatur dan mengelola channel Youtubemu.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Chatting Terbaik untuk Android, Paling Populer!

Kamu dapat memonitori channel dan performa video-videomu kapan saja, merespon komen, mengecek statistik terakhir, update detail video, melihat pengaturan monetisasi, dan detail lainnya mengenai channel Youtubemu.

6. AZ Screen Recorder

Screenshot_2018-10-28-09-40-54-1

AZ Screen Recorder adalah aplikasi yang kemungkinan besar akan kamu butuhkan saat kamu menjadi seorang Youtuber. Fungsi utama aplikasi ini adalah sebagai perekam layar di ponsel Android. Namun, tidak hanya itu, aplikasi ini juga dapat merekam suara sembari merekam layar ponsel.

Cocok sekali apabila konten channel Youtube kamu berupa video tutorial, video promosi, komentator game, dan lainnya. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan pengaturan video, seperti resolusi video, bit rate, orientasi layar, dan lainnya. Untuk fitur yang lebih lengkap bisa kamu dapatkan dalam versi profesionalnya.

7. Thumbnail Maker

Screenshot_2018-10-28-09-41-20-1

Sebagai seorang Youtuber, Thumbnail video adalah salah satu hal penting yang wajib kamu perhatikan. Thumbnail akan sangat menentukan seberapa banyak viewers di videomu di Youtube. Apabila Thumbnail menarik dan unik, maka orang akan penasaran untuk melihat konten video.

Untuk kamu yang masih pemula dan awam dalam dunia per-Youtuban, kamu dapat memanfaatkan aplikasi Thumbnail Maker untuk belajar bagaimana membuat Thumbnail yang baik untuk video-videomu. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur di dalamnya, seperti koleksi desain yang menarik, berbagai pilihan panel warna, berbagai jenis font, dan fitur-fitur lainnya.

8. Video Editor for Youtube, Music, My Movie Maker

Screenshot_2018-10-28-09-50-00-1

Video Editor for Youtube, Music, My Movie Maker adalah aplikasi alternatif lain yang dapat kamu gunakan untuk mengedit video di Youtube. Aplikasi ini akan membantu menciptakan video yang menarik dengan fitur-fitur yang disediakan di dalamnya.

Beberapa fitur utama aplikasi ini diantaranya yaitu untuk mengedit video (memotong, kompres, cermin, flip), menambahkan musik ke video, mengontrol kecepatan video, menyediakan berbagai pilihan stiker emoji, menambahkan teks ke dalam video,  efek filter, dan lain sebagainya.

9. Google Keep

Screenshot_2018-10-28-09-50-25-1

Google Keep bukan aplikasi yang akan secara langsung membantumu membuat konten video. Namun, aplikasi ini akan sangat membantu mengatur aktivitasmu sebagai Youtuber. Google Keep adalah aplikasi untuk membuat catatan secara cepat dan instan.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Video Call untuk Android yang Paling Direkomendasikan

Pekerjaan seorang Youtuber atau content creator tentu akan selalu berhubungan dengan kreativitas. Dan untuk mendapatkan kreativitas, kita perlu menciptakan ide-ide baru. Nah, dengan adanya Google Keep kamu dapat segera menuangkan ide-idemu untuk video selanjutnya di aplikasi ini.

10. Google Adsense

Screenshot_2018-10-28-09-50-44-1

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Youtube memiliki potensi besar untuk menjadi ladang uang. Bahkan, banyak orang kini menjadikan Youtuber sebagai sebuah profesi dan banyak pula orang yang bercita-cita ingin menjadi Youtuber. Bagi kamu yang memang berniat menjadikan Youtuber sebagai pekerjaan, maka kamu pasti tahu bahwa Google Adsense merupakan lahan yang paling sering menjadi incaran para Youtuber.

Kalau kamu ingin atau sudah bekerja sama dengan Google Adsense, aplikasi Google Adsense akan memudahkanmu dalam memantau statistik channel, viewers, dan berapa banyak uang yang akan kamu dapatkan.

Mungkin sekian 10 aplikasi untuk Youtuber yang dapat kami rekomendasikan kali ini. Semoga list aplikasi di atas dapat membantu para Youtuber menemukan aplikasi terbaik. Terima kasih.

 

Leave a Reply

Send this to a friend