10+ Aplikasi Video Call Terbaik untuk Android yang Paling Direkomendasikan

Komunikasi memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Dan kini, jarak dan tempat tidak lagi menjadi kendala. Berbagai aplikasi untuk bersosialisasi terus bermunculan dengan menawarkan fitur terbaru yang semakin praktis dan canggih, yang memudahkan kita untuk berkomunikasi dimana saja dan kapan saja. Dan aplikasi-aplikasi tersebut telah berkembang pesat dan dimodifikasi sedemikian rupa sehingga tidak hanya menyediakan fasilitas untuk chatting, tetapi juga untuk melakukan panggilan video.

Aplikasi Video Call

Munculnya berbagai aplikasi video call tentu saja membuat masyarakat semakin antusias dan selalu ingin mencoba setiap fitur yang ditawarkan. Dan berikut ini telah kami rangkum sepuluh aplikasi yang memungkinkan Anda untuk melakukan panggilan secara bertatap muka.

1. Skype

Screenshot_2018-08-12-16-45-55-1

Untuk urusan panggilan dan video call, maka Skype adalah rajanya. Skype dilengkapi dengan berbagai fitur menarik yang dapat menunjang aktivitas mengobrol, diantaranya :

  • Panggilan antar-Skype secara gratis dimanapun dan kapanpun, baik panggilan lokal maupun ke negara lain
  • Melakukan panggilan ke ponsel atau telepon kabel
  • Panggilan video secara pribadi
  • Mengobrol asyik bersama teman-teman menggunakan fitur panggilan grup atau panggilan video grup
  • Apabila sedang tidak online, panggilan dapat diteruskan ke nomor telepon Anda.
  • Memasang ID penelepon supaya lawan bicara langsung mengetahui bahwa Anda yang menelepon.

Selain beberapa fitur di atas, Skype juga menyediakan layanan mengirim pesan instan dan memungkinkan Anda berbagi file ke teman atau rekan kerja.

2. WhatsApp

Screenshot_2018-08-12-16-46-33-1

 

WhatsApp adalah salah satu aplikasi chatting paling populer di Indonesia. Hal ini karena fungsi utama dari WhatsApp adalah untuk chatting, sehingga fitur-fitur yang dikembangkan lebih fokus untuk mendukung layanan chatting, seperti adanya informasi last seen, keterangan bahwa lawan bicara sedang mengetik, tanda centang satu yang menandakan pesan sudah terkirim, tanda centang dua sebagai informasi bahwa lawan bicara sudah menerima pesan, tanda centang biru untuk memberitahu bahwa lawan bicara sudah membaca pesan, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Senter Android Terbaik, Wajib Diinstall!

Tidak hanya ingin memanjakan pengguna dengan fitur chat yang hampir lengkap, WhatsApp kini sudah dilengkapi dengan fitur video call yang memungkinkan kita mengobrol dengan teman atau kenalan secara tatap muka. Lebih serunya, fitur ini disediakan secara gratis, Anda hanya perlu kuota saja untuk bisa mengaksesnya.

3. Massenger

aplikasi video call android

Siapa yang tidak kenal dengan Facebook? Media sosial yang dimiliki lebih dari 100 juta penduduk Indonesia ini terus dikembangkan agar layanannya tidak kalah dengan aplikasi-aplikasi terbaru yang terus bermunculan. Salah satu upaya tersebut adalah dengan diluncurkannya aplikasi Messanger yang memiliki berbagai fitur menarik, sehingga acara mengobrol semakin praktis dan seru.

Walaupun awalnya hanya memiliki fitur untuk layanan pesan instan, seperti melakukan pin pada percakapan, mengirim pesan GIF, dan share foto, tetapi baru-baru ini Massanger sudah semakin canggih dengan hadirnya fasilitas video call, baik secara pribadi maupun berkelompok.

4. Google Duo

Berbeda dengan aplikasi video call yang telah disebutkan sebelumnya, Google Duo adalah sebuah aplikasi yang dikhususkan untuk melakukan panggilan video. Walaupun terkesan sederhana dengan fitur yang sedikit, tetapi aplikasi ini memiliki kelebihan dibanding yang lainnya, yaitu kemudahan dalam melakukan panggilan video.

Anda tidak perlu membuat akun khusus untuk melakukan panggilan, Anda hanya memerlukan nomor telepon lawan bicara dan dapat langsung menghubungi, asal kedua pihak menggunakan aplikasi ini. Selain itu, tampilan dan desain pada aplikasi buatan Google ini juga sangat sederhana, sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk menggunakannya. Aplikasi Google Duo tersedia secara gratis bagi Anda pengguna Android maupun iPhone.

5. Justalk

aplikasi video call terbaik

Hampir sama dengan Google Duo, Justalk juga merupakan aplikasi khusus untuk layanan video call. Hanya saja, aplikasi ini memungkinkan Anda melakukan panggilan grup dengan jumlah pengguna tak terbatas. Dibanding dengan aplikasi video call lainnya, kelebihan Justalk yaitu memiliki kualitas suara dan video yang unggul.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Keyboard Terbaik untuk Pengguna Android

Kejernihan suara dan ketajaman gambar akan menambah keseruan saat mengobrol dengan kerabat atau teman. Tampilannya yang sederhana juga memudahkan Anda dalam melakukan panggilan tanpa harus diribetkan dengan berbagai fitur dan menu.

6. IMO

Screenshot_2018-08-12-16-48-16-1

Secara umum, IMO adalah aplikasi yang menyediakan layanan chatting dan panggilan, baik audio maupun video. Selintas, aplikasi ini tidak memiliki keunggulan yang mencolok dibanding dengan aplikasi kompetitor, seperti WhatsApp dan Line.

Mungkin ini yang menjadikan IMO kurang populer di Indonesia. Walau demikian, IMO memiliki fitur unik yang tidak dimiliki aplikasi lainnya, yaitu mengizinkan Anda menggunakan berbagai media sosial maupun aplikasi chatting dalam satu aplikasi IMO. Jadi, ketika ada pesan masuk di akun medsos atau aplikasi chatting, Anda hanya perlu menggunakan IMO untuk mengeceknya.

7. Viber

aplikasi video call

Hampir sama seperti WhatsApp, Viber juga bergerak dalam layanan messanger yang mampu mengenali kontak dengan nomor telepon seluler. Walaupun memiliki fitur yang cukup mendukung aktivitas chatting, seperti memungkinkan kita mengirim file atau video, menyediakan stiker dan emoji, dapat mengirim pesan audio, dan menyediakan layanan video call. 

Namun sayangnya, di Indonesia sendiri aplikasi ini memang kalah jauh dibanding WhatsApp dalam hal kepopuleran. Hal yang unik dari aplikasi Viber adalah adanya fitur geolocation, fitur yang dapat memunculkan geotag lokasi pada setiap pesan yang kita kirim.

8. WeChat

aplikasi video call

Dalam hal pesan, aplikasi asal Tiongkok ini memang cukup unggul dan mampu bersaing. Hal ini karena fitur-fiturnya yang terus diperbaharui untuk mendukung aktivitas chatting, seperti pemindaian kode QR, menemukan teman baru dengan fitur shake ponsel, mengetahui pengguna WeChat lainnya dengan friend radar, walkie talkie, dan drift bottle untuk mencari teman secara acak.

Tidak hanya memberikan fasilitas untuk chatting, aplikasi yang telah dimiliki lebih dari 700 juta pengguna di seluruh dunia ini juga menyediakan layanan voice note dan video call yang membuat kegiatan berkenalan serasa lebih nyata.

9. Hangouts

Screenshot_2018-08-12-16-49-01-1

Hangouts adalah sebuah aplikasi layanan pesan instan milik Google. Aplikasi yang diluncurkan pada pertengahan 2013 ini memungkinkan kita untuk melakukan chat atau konferensi video dengan jumlah pengguna maksimal 10 orang. Hangouts dapat mengintegrasikan antara aplikasi dengan SMS, sehingga Anda dapat mengirim SMS melalui aplikasi ini. Bagi Anda yang ingin memiliki aplikasi Hangouts, pastikan bahwa Anda sudah mempunyai akun Google. Dan Anda dapat langsung mengunduhnya di Apple Store atau Google Play Store.

10. Tango

aplikasi video call

Tango adalah sebuah aplikasi massenger yang tidak berbeda jauh dengan aplikasi sejenisnya. Dengan menggunakan Tango, Anda dapat mengirim pesan, pesan suara, maupun melakukan video call secara gratis dengan kualitas tinggi.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Karaoke Terbaik untuk Android, Yuk Karaokean!

Setelah berhasil memiliki akun, Anda akan secara otomatis dihubungkan dengan kontak lain yang juga menggunakan aplikasi Tango. Selain itu, Tango kini juga sudah bisa diakses via browser untuk pengguna yang prefer menggunakan keyboard dan layar besar. Pengguna hanya perlu masuk ke web Tango, memasukkan nomor telepon, dan melakukan verifikasi.

Walaupun semua aplikasi video call di atas menyediakan fasilitas panggilan video, tetapi tentu saja masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan sendiri. Hal ini karena setiap aplikasi memiliki fokus layanan yang berbeda. Dan Anda hanya perlu menyesuaikan kebutuhan dengan fasilitas yang ditawarkan.

Leave a Reply

Send this to a friend