10+ Aplikasi Senter Android Terbaik yang Wajib Anda Install di HP Anda

Mengetahui adanya aplikasi senter mungkin bukan suatu hal yang mengherankan melihat fenomena perkembangan teknologi saat ini. Namun, jangan salah sangka, aplikasi senter kini tidak hanya memiliki fitur yang ditujukan untuk penerangan saja, tetapi juga untuk mendukung aktivitas lainnya yang berhubungan dengan penerangan atau bahkan bisa dimanfaatkan untuk membantu pekerjaan lain. Nah, dalam artikel ini kami tertarik untuk mengulas sepuluh aplikasi senter multi-fungsi dengan berbagai fitur yang ditawarkan.

Aplikasi Senter

Di sini Anda dapat menemukan berbagai jenis aplikasi senter, mulai dari yang sederhana sampai yang memiliki fitur lengkap. Nah, apabila penasaran, silakan simak ulasan berikut ini.

1. Flashlight by Lighthouse

Aplikasi Senter

Flashlight by Lighthouse adalah aplikasi senter yang memberikan penerangan yang kuat, lebih kuat daripada flash bawaan ponsel, sehingga jangkauannya juga semakin luas. Tidak hanya menawarkan penerangan, aplikasi ini juga dilengkapi dengan lampu yang bisa berkedap-kedip yang dapat kita atur kecepatannya, lampu layar dengan berbagai pilihan warna, kompas, dan fitur morse. Untuk menjalankan fitur morse, kita hanya perlu menuliskan teks, kemudian tekan tombol jalankan morsenya, maka lampu akan menyala-mati berdasarkan kode morse dari teks yang kita tulis.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Kunci Gitar Android, Belajar Gitar Menjadi Lebih Mudah!

Beberapa fitur yang bisa didapatkan secara gratis adalah mengaktifkan senter secara otomatis saat kita menjalankan aplikasi, senter terus menyala meskipun sudah mengunci layar, dan senter otomatis mati dalam jangka waktu tertentu. Sedangkan fitur berbayar di sini yaitu memungkinkan menghidupkan/mematikan senter hanya dengan dikocok dan jalan pintas untuk mengaktifkan senter.

2. Flashlight by GOMO Limited

Screenshot_2018-08-18-15-06-47-1

Hal yang menarik dari aplikasi ini adalah tampilan interface-nya yang didesain semirip mungkin dengan senter manual. Menggunakan aplikasi ini akan serasa menggunakan senter fisik, sehingga siapa saja yang baru menginstalnya pasti akan langsung paham fungsi dari setiap tombol menunya.

Namun sayangnya, aplikasi Go Flashlight ini hanya memiliki sedikit fitur, yaitu memungkinkan senter dapat aktif secara otomatis ketika membuka layar, lampu kedap-kedip yang bisa diatur kecepatannya, dan screenlight atau senter layar dengan berbagai pilihan warna yang tajam.

3. Color Flashlight

Aplikasi Senter

Color Flashlight memiliki berbagai fitur penerangan, diantaranya yaitu flash biasa, kamera flash, dan senter layar dengan berbagai pilihan warna yang bisa diatur tingkat kecerahannya. Tipe tampilannya hampir sama dengan Flashlight by Lighthouse, hanya letak menunya saja yang berbeda.

Color Flashlight, seperti namanya, tidak hanya dirancang untuk memberikan penerangan saja, tetapi juga menyediakan berbagai efek cahaya bergerak, seperti spiral, blink, rainbow, dan masih banyak lagi. Kita juga dapat membuat tulisan sendiri di layar, dengan background warna sesuai selera, dan mengatur sendiri kecepatan gerak tulisan.

4. Flashlight by Happy Hollow

Aplikasi Senter

Jika dilihat dari fiturnya, aplikasi Fashlight by Happyhollow sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Flashlight by Lighthouse. Fashlight by Happy Hollow memiliki semua fitur yang ditawarkan Flashlight by Lighthouse, seperti sandi morse, kompas, senter layar dengan berbagai pilihan warna penerangan, lampu flash, dan lampu yang dapat berkedap-kedip dengan kecepatan yang bisa diatur.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Browser Terbaik & Gratis untuk HP Android

Bahkan, aplikasi ini juga memiliki pengaturan yang isinya hampir sama dengan Flashlight by Lighthouse, seperti on secara otomatis, tetap menyala meskipun layar telah terkunci, dan senter mati otomatis dalam jangka waktu tertentu. Hanya saja, aplikasi ini belum dilengkapi fasilitas berbayar seperti di aplikasi Flashlight by Lighthouse.

5. Super-Bright LED Flashlight

Screenshot_2018-08-18-15-07-24-1

Aplikasi Super-Bright LED Flashlight memiliki tampilan interface yang hampir sama dengan Go Flash, dirancang supaya dapat mirip dengan senter fisik agar lebih mudah dalam penggunaannya. Fitur utama aplikasi ini yaitu penerangan yang super kuat dan lampu SOS atau kedap-kedip.

Walaupun tidak memiliki fitur lengkap seperti aplikasi senter lainnya, tetapi aplikasi ini dilengkapi dengan pengisian pintar untuk memantau pengisian daya baterai secara otomatis yang dapat mencegah kerusakan akibat pengisian daya berlebih.

6. Flashlight by Flashlight+Clock

aplikasi senter laser

Hampir sama dengan aplikasi senter yang lainnya, aplikasi ini juga menyediakan fasilitas flash cahaya yang kuat dan memungkinkan penggunaan layar sebagai sumber cahaya yang bisa disesuaikan dengan warna dan tingkat kecerahan.

Ada juga fitur kamera senter yang membantu Anda mengambil gambar di tempat-tempat gelap. Fitur yang berbeda dari aplikasi ini adalah adanya jam digital besar yang muncul saat Anda menjalankan aplikasinya, sehingga Anda tidak akan kesulitan lagi mengecek waktu dan tanggal saat berada di tempat gelap.

7. Flashlight-Call Screen Flash

Screenshot_2018-08-18-15-07-44-1

Aplikasi Flashlight-Call Screen Flash juga meniru tampilan lampu senter fisik. Dengan di bagian tengah terdapat tombol on/off dan adanya strobe untuk menjalankan lampu kedap-kedip dengan berbagai tingkat kecepatan.

Hal yang membuat aplikasi Flashlight-Call Screen Flash berbeda dan unik adalah adanya fitur khusus saat ada panggilan, yaitu terdapat pengingat panggilan menggunakan lampu flash yang akan hidup secara otomatis saat panggilan masuk. Selain itu, ada juga flash layar dengan berbagai efek layar yang akan berkedap-kedip ketika panggilan masuk.

8. Flashlight by Splend Apps

aplikasi senter kamera depan

Dibanding dengan aplikasi senter lainnya, Flashlight by Splend Apps memang terlihat sangat sederhana dan memiliki ukuran yang lebih kecil. Fungsi utama aplikasi ini hanya sebagai penerangan flash dan senter layar.

Namun sayangnya, aplikasi ini tidak menawarkan pilihan warna lain untuk screenlight selain putih. Walaupun memiliki sedikit fitur, bukan berarti aplikasi Flashlight by Splend Apps jarang pengguna, justru fitur yang jelas kegunaannya dan tampilannya yang simpel menjadi daya tarik aplikasi ini.

9. Flashlight- Torch LED Light

Screenshot_2018-08-18-15-08-03-1

Saat membuka aplikasi ini, mungkin Anda akan sedikit bingung karena banyaknya tombol menunya. Gambar-gambar yang tertera pada menu juga tidak sepenuhnya menjelaskan apa fungsinya, sehingga Anda perlu mencobanya sendiri untuk mengetahui fungsi setiap menunya.

Tetapi secara umum, aplikasi ini tidak hanya menyediakan lampu sorot saja, tetapi juga menyediakan berbagai fitur pendukung, seperti kaca pembesar, pengatur waktu lampu senter, mendukung perintah menyalakan dan mematikan senter dengan tepuk tangan, lampu strobo, dan masih banyak lagi.

10. Flashlight LED- Universe

aplikasi senter kamera depan

Saat masuk ke aplikasi ini, Anda hanya akan menemui tiga tombol menu dan satu tombol pengaturan. Tiga tombol tersebut adalah tombol on/off senter, tombol untuk mengaktifkan lampu kedap-kedip dengan tiga tingkat kecepatan, dan timer.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Stem Gitar Terbaik dan Gratis untuk HP Android

Timer ini untuk menjalankan senter dalam jangka waktu tertentu dan paling lama hanya sampai 3 menit saja. Untuk tombol pengaturan sebenarnya hanya berisi pilihan senter yang ingin digunakan, senter flash, senter layar, atau senter flash dan senter layar.

Nah, mungkin sekian ulasan mengenai sepuluh aplikasi senter dengan berbagai keunggulan dan kelemahannya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan aplikasi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Send this to a friend