Apa itu Tokopedia? Apa Saja Kelebihan, Kekurangan dan Fitur yang Dimiliki Tokopedia?

Berbicara soal berbelanja rasanya sudah tidak asing terdengar di telinga masyarakat Indonesia. Dengan dukungan berbagai teknologi yang canggih saat ini telah menghadirkan berbagai produk yang bisa dijual secara online. Mulai dari produk fashion, kuliner, peralatan rumah tangga, hingga jasa. Tanpa harus bertatap muka anda bisa membeli barang, dengan melakukan konfirmasi pembayaran maka nantinya si penjual akan mengirimkan barang yang anda inginkan ke tempat anda.

Berbagai inovasi telah menghadirkan kemudahan, kita tidak perlu menyewa toko kita bisa membukanya secara online. Peminatnya juga tidak sedikit bisa kita lihat dari semua kalangan telah berpartisipasi dalam kepercayaan membeli produk secara online. Salah satunya adalah Tokopedia, telah berfokus menyuguhkan berbagai barang-barang dengan kualitas yang bagus tanpa perlu khawatir kecewa dengan barang yang telah terpilih.

Apa itu Tokopedia?

Tokopedia merupakan salah satu mall belanja berbasis online yang memungkinkan setiap orang dan pemilik bisnis di Indonesia untuk membuka dan mengurus toko online mereka secara mudah dan bebas biaya, sekaligus memberikan sebuah pengalaman jual beli online aman dan nyaman. Penggunaan Tokopedia sangat mudah dan tidak dipungut biaya. Tokopedia sejatinya tidak mempunyai cabang perusahaan, Ia hanya memiliki kantor pusat yang bertempat di Jakarta.

apa itu Tokopedia

Tokopedia

Awal mula Tokopedia hadir di pasaran pada tanggal 17 Agustus 2009, Tokopedia didirikan oleh Wiliam Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison. Tokopedia mendapatkan seed funding atau pendanaan awal dari PT Dwitama pada tahun 2009. Lalu mendapatkan modal yang sangat besar sekitar USD 100 juta atau Rp 1,2 triliun yang disuntikkan beberapa bulan oleh Softbank Internet and Media Inc. dan Sequoia Capital.

Sejauh ini Tokopedia telah banyak menyabet anugerah penghargaan antara lain : Marketeers of the Year 2014 untuk sektor e-commerce pada acara Markplus Conference 2015 yang digelar oleh Markplus Inc tanggal 11 Desember 2014. Dan pada tanggal 12 Mei 2016, Tokopedia kembali terpilih sebagai Best Company in Consumer Industry dari Indonesia Digital Economy Award 2016. Website Tokopedia menjual berbagai macam barang seperti :

  • Barang Elektronik
  • Peralatan Kantor dan Rumah Tangga
  • Peralatan Olahraga
  • Kosmetik
  • Perlengkapan bayi dll

Tokopedia juga menyediakan berbagai produk digital yang memudahkan konsumen seperti :

  • TokoCash
  • Tiket Kereta Api
  • Air PDAM
  • Angsuran Kredit
  • Pascabayar
  • Gas PGN
  • Mitra Toppers
  • Pulsa
  • BPJS
  • Telkom
  • Donasi
  • Voucher game dll

Hampir semua yang dijual dapat dengan mudah ditemukan disitus jual beli Tokopedia. Hal ini tentu akan sangat memudahkan para pembeli yang tidak mempunyai waktu luang untuk berbelanja di toko dan tidak ingin terlalu ribet. Tokopedia dilengkapi fitur mesin pencari atau search engine yang memudahkan pembeli dalam menentukan dan mencari barang yang diinginkan. Tokopedia juga dilengkapi fitur-fitur direktori sebagai katalog belanja.

apa itu Tokopedia

William Tanuwijaya, CEO Tokopedia

Tokopedia juga bekerjasama dengan agen pengiriman di Indonesia yang memudahkan pembeli yang berlokasi cukup jauh. Pembayaran juga tidak perlu khawatir karena ada proses verifikasi pembayaran yang instan, yang menguntungkan penjual dalam mengirim barang dan memuaskan pembeli karena barang bisa cepat sampai. Ada beberapa fitur tambahan di Tokopedia seperti :

1. JNE Online Booking

Pengiriman dengan jasa JNE, Tokopedia menggunakan pengiriman dengan resi otomatis untuk pengiriman paket dengan jasa JNE. Saat pengiriman Penjual hanya perlu membawa kode booking yang akan diterima saat pesanan masuk dan nomor resi akan secara otomatis akan masuk ke akun si penjual maupun si pembeli. Jadi jangan khawatir barang tidak terkirim ya.

2. User Management / Pengaturan admin

Pengaturan admin merupakan sebuah fitur berbayar yang telah disediakan oleh pihak Tokopedia bagi mereka yang memiliki toko dengan penjualan tinggi dan sering kewalahan dalam mengelola toko sendiri. Fitur ini sangat memudahkan penjual dengan menambahkan sepuluh orang sebagai admin di toko penjual.

3. Tokopedia TopAds

Top Ads adalah fitur yang telah ditawarkan untuk mempromosikan toko ataupun produk dari toko, serta memungkinkan toko dan produk yang dijual dapat dilihat dan membeli banyak produk. Tokopedia sudah menjual lebih dari 4000 barang dan kurang lebih sudah belanja 40 an barang dengan nilai transaksi yang lumayan. Ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Tokopedia yaitu :

A. Dari sisi penjual

  1. Penampilan website yang berwarna hijau berkesan segar.
  2. Tidak memungut biaya
  3. Tampilan website yang minimalis dan informatif
  4. Bagian penambahan daftar produk juga jelas, pilihan kategori lebih bervariasi dan fitur harga grosir
  5. Fitur Preorder yang memungkinkan untuk produk yang membutuhkan proses yang cukup lama, seperti barang impor
  6. Pilihan pengiriman beserta biaya tambahan yang dikenakan
  7. Waktu pemrosesan pemesanan yang mencapai 5-7 hari semenjak invoice masuk, jadi lebih leluasa
  8. Walaupun banyak bug, keamanan akun sangat terjaga, pengguna kode OTP sangat diapresiasi.
  9. Bisa mendapatkan cerita inspirasi, tips-tips dll yang informatif untuk meningkatkan penjualan di blog Tokopedia.

B. Dari sisi pembeli

  1. Loading website cepat
  2. Sering memberikan promo gratis ongkos pengiriman, biasanya jangka waktunya sebulan.
  3. Tersedia dengan fitur pembelian tiket kereta api, pulsa, paket data dan token listrik.
  4. Bisa top up saldo untuk metode pembayaran lebih cepat dan instan
  5. Dengan adanya fitur preorder, kesempatan pembeli yang ingin mendapatkan barang yang memang lama prosesnya menjadi lebih tinggi
  6. Fitur retur gratis ketika barang tidak sesuai, berguna sekali apalagi produk tersebut seperti fashion, sepatu, helm dan lain-lain.
  7. Katalog di Tokopedia sangat membantu.

Mengenai apa itu Tokopedia sudah dijelaskan dengan gamblang pada artikel diatas? Apakah sekarang Anda berminat untuk membuka toko dan bertransaksi di Tokopedia? Dengan visinya “Membangun Indonesia Lebih Baik Lewat Internet”, Tokopedia berusaha meningkatkan perekonomian masyarakat Indonesia supaya lebih baik lagi.

Leave a Reply

Send this to a friend