10+ Aplikasi Kunci Gitar Terbaik & Gratis untuk Android, Belajar Gitar Menjadi Lebih Mudah!

Ingin belajar bermain gitar tapi malas mengikuti les? Tidak masalah, karena saat ini banyak sekali sarana yang dapat Anda manfaatkan untuk belajar otodidak. Tidak hanya mudah, tetapi juga murah.

Anda tidak perlu pergi keluar membeli buku gitar terlebih dahulu atau membuka laptop untuk searching macam-macam kunci gitar, karena sekarang sudah tersedia berbagai aplikasi yang dapat memandu Anda untuk belajar kunci gitar. Yang perlu Anda lakukan adalah memilih aplikasi yang paling tepat sesuai dengan kebutuhan dan memaksimalkan penggunaanya.

Aplikasi Kunci Gitar

Nah, untuk memudahkan Anda, kami memiliki beberapa referensi mengenai aplikasi kunci gitar yang mungkin sesuai untuk Anda. Di sini kami rangkum 10 aplikasi, mulai dari yang dirancang khusus untuk pemula sampai yang advanced.

1. Belajar Kunci Gitar Dasar

Aplikasi Kunci Gitar Terbaik & Gratis

Aplikasi kunci gitar pertama ini sangat cocok untuk Anda yang masih baru dalam dunia gitar. Aplikasi dari Debay Apps ini memang dikhususkan bagi pemula karena isinya berupa kunci-kunci dasar yang biasanya sering dipakai dalam lagu-lagu pop. Ada juga panduan berupa gambar untuk  membantu Anda menyelaraskan jari saat menekan kunci.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Pengunci Galeri untuk HP Android, Biar Aman!

Karena isinya hanya berfokus pada kunci dasar, aplikasi ini tidak terlalu ribet dan berat, sehingga nyaman untuk sarana belajar. Biasanya pemula bingung kunci mana yang perlu dipelajari dahulu, maka dari itu langsung saja download aplikasi ini untuk belajar kunci-kunci dasar gitar.

2. Kumpulan Kunci Gitar Indonesia by Aero Studio

Screenshot_2018-09-19-14-05-57-1

Kalau Anda sudah lebih menguasai kunci gitar, tidak ada salahnya bukan untuk langsung mengaplikasikannya ke dalam lagu? Aplikasi kunci gitar ini tidak hanya memberikan tutorial gitar untuk pemula, tetapi juga menyediakan berbagai lirik lagu populer.

Jangan khawatir kalau tiba-tiba Anda lupa kunci saat sedang memainkan lagu, karena di sini Anda dapat langsung melihat kunci gitar saat membuka lirik, yaitu dengan cara tap kunci gitar dan akan muncul gambar panduan kunci tersebut. Dan menariknya, kunci dan lirik lagu dapat dibuka secara offline sehingga Anda dapat menjalankannya dimanapun dan kapanpun tanpa menggunakan data lagi.

3. Kunci Gitar Indonesia Offline by Yuan Andro Fe

Aplikasi Kunci Gitar Terbaik & Gratis

Sama seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi dari Yuan Andro Fe ini juga dapat menjadi sarana bagi pemula yang ingin belajar memainkan lagu. Di sini tersedia sekitar 2200 lagu dari 200 artis Indonesia.

Sesuai dengan namanya, semua lirik dan kuncinya dapat Anda akses secara offline setelah Anda mendownload aplikasi ini. Mengapa sangat cocok untuk pemula? Karena aplikasi ini dilengkapi dengan kunci dan panduan gambar yang dapat langsung Anda buka ketika memainkan lagu.

4. Kordi Guitar Chord

Screenshot_2018-09-19-14-07-03-1

Pemula biasanya belum peka apakah kunci yang dipetiknya sudah sesuai atau belum. Maka dari itu, aplikasi yang satu ini disediakan untuk memastikan apakah penekanan jari Anda pada senar sudah tepat atau belum.

Tidak hanya menyediakan tab kunci dan gambar panduan jari, di sini Anda juga dapat langsung mendengar bagaimana suara kunci tersebut saat dibunyikan. Saat ini, total kunci gitar pada Kordi Guitar Chord yaitu sebanyak 132 yang akan ditambah pada update berikutnya.

5. Kunci Gitar Dasar 3D

Aplikasi Kunci Gitar Terbaik & Gratis

Nah, aplikasi yang satu ini merupakan alternatif bagi Anda yang kesulitan belajar kunci gitar dari gambar atau foto saja. Melalui aplikasi Kunci Gitar Dasar 3D, Anda dapat dengan jelas melihat posisi jari saat menekan senar dari berbagai sudut berbeda.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Antivirus Terbaik untuk Menangkal Virus

Mengapa? Sesuai dengan namanya, aplikasi ini merupakan sarana belajar kunci gitar secara interaktif dengan 3D. Anda dapat dengan leluasa untuk mengamati pergerakan kunci. Nikmati juga animasi dan sampel suara yang ditawarkan aplikasi Kunci Gitar Dasar 3D.

6. Kumpulan Kunci Gitar Indonesia by More Share Corp

Screenshot_2018-09-19-14-07-53-1

Sudah jenuh memainkan lagu itu-itu saja? Maka kini saatnya untuk mengeksplore lebih banyak lagu. Dan jangan khawatir, kini Anda tidak perlu mencari lagu favorit satu-persatu. Karena saat ini sudah ada aplikasi kunci gitar yang menampung lirik lagu-lagu populer dan terkini beserta kunci gitarnya. Salah satunya adalah aplikasi dari More Share Corp ini.

Disini sudah tersedia komplit kumpulan kunci gitar dari band Indonesia dan luar negeri yang dapat Anda akses secara offline. Ada juga fitur autoscroll yang membantu Anda melihat chord sambil memainkan gitar.

7. Ultimate Guitar

Aplikasi Kunci Gitar

Kalau Anda sering menjelajah di mesin pencari untuk mencari chord lagu, mungkin Anda pernah diarahkan ke situs Ultimate Guitar. Ya, karena kebanyakan situs ini muncul teratas saat Anda mencari lagu populer berbahasa Inggris.

Dan ternyata, Ultimate Guitar tersedia juga dalam bentuk aplikasi. Aplikasinya cukup populer secara global, dimiliki lebih dari 200 ribu pengguna. Tidak hanya menyediakan tabs dan chord untuk gitar, Anda juga dapat mencari berbagai lagu menurut rating, tipe, dan tingkat kesulitan kunci lagunya.

8. Guitar Chord and Tabs by Xssemble

Screenshot_2018-09-19-14-08-58-1

Aplikasi kunci gitar yang memiliki lebih dari 800.000 kunci dan tabs dari berbagai penyanyi. Untuk megakses kunci dan liriknya, tersedia akses secara offline untuk lagu yang Anda favoritkan.

Aplikasi ini memiliki fitur yang cukup lengkap, diantaranya adalah autoscroll untuk menggeser layar secara otomatis saat memainkan lagu, diagram kunci, tool untuk chord transposing, dan di sini Anda juga dapat menciptakan dan menyimpan lagu Anda sendiri. Dengan berbagai fitur yang tersedia, ukuran aplikasi ini cukup menguntungkan, yaitu hanya 5 MB saja.

9. Chord Guitar Full Offline

Aplikasi Kunci Gitar

Chord Guitar Full Offline adalah aplikasi yang juga dikembangkan oleh More Share Corp. Bedanya, aplikasi ini memiliki ukuran yang lebih berat yaitu 39 MB dari pada Kumpulan Kunci Gitar Indonesia yang hanya sekitar 12 MB. Hal ini karena aplikasi Chord Guitar Full Offline menyediakan akses offline secara penuh.

Ada lebih dari 60.000 kunci dari 5000 artis lokal maupun internasional yang dapat Anda akses secara gratis di sini. Fiturnya pun lengkap, seperti autoscroll, pengurutan lagu berdasarkan abjad, pencarian, zoom, favorite song, dan lain sebagainya.

10. Guitar Songs by Suslov Alexnder

Screenshot_2018-09-19-14-09-50-1

Aplikasi kunci gitar yang cukup populer dan telah diunduh lebih dari lima juta kali. Aplikasi ini akan lebih terasa seperti buku lagu dengan dilengkapi kunci dan lirik. Tampilan keseluruhan sangat nyaman, dan penempatan kunci pada lirik lagu juga pas, sehingga bagi Anda yang masih pemula dan belum terlalu peka akan mudah untuk memahami kapan perpindahan lagunya.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Senter Android Terbaik, Wajib Diinstall!

Memiliki semua fitur yang ditawarkan aplikasi lain sejenis, seperti autoscroll, menambahkan lagu favorit, dan tidak membutuhkan koneksi internet untuk mengaksesnya.

Nah, mungkin sekian 10 aplikasi kunci gitar untuk artikel kali ini. Semoga list di atas dapat membantu Anda memilih aplikasi yang paling tepat untuk belajar bermain gitar. Terima kasih.

Leave a Reply

Send this to a friend