10+ Aplikasi untuk Menulis di Layar Android yang Paling Keren dan Menarik

Bagi Anda yang masih pelajar atau mahasiswa, membawa buku catatan memang tidak lepas dari aktivitas sehari-hari. Kita membutuhkannya untuk mencatat materi pelajaran, belajar, dan membuat tugas. Mungkin Anda juga pernah mengalami situasi dimana buku terselip, hilang, ketinggalan, dan kejadian sejenisnya.

Memang kadang cukup merepotkan ya harus membawa buku yang berbeda-beda setiap harinya karena banyaknya subjek atau mata pelajaran. Namun, bagi Anda yang tidak mau lagi mengalami situasi seperti itu, atau bagi Anda yang ingin semua catatan terorganisir dan tertata dengan rapi, kini ada alternatif berupa aplikasi untuk membuat catatan sekolah atau kuliah menjadi lebih praktis dan ringkas.

Aplikasi untuk Menulis di Layar Android

Aplikasi-aplikasi di bawah ini dijamin akan memudahkan Anda dalam menulis catatan dan dalam hal penyimpanan. Anda tidak perlu lagi membawa bertumpuk-tumpuk buku di dalam tas, cukup satu ponsel yang memuat aplikasi untuk menulis di layar Android. Penasaran apa saja? Simak 10 aplikasi untuk menulis di layar Android terbaik berikut ini.

1. Squid

Screenshot_2018-11-02-18-32-17-1

Squid adalah aplikasi pertama yang kami rekomendasikan untuk menulis di layar Android Anda. Aplikasi ini dapat menggantikan buku untuk menulis catatan-catatan sekolah atau pekerjaan. Squid didesain supaya kita dapat menulis serasa menulis di kertas.

Anda dapat menggunakan pena aktif, stylus pasif, atau bahkan jari Anda untuk menulis di sini. Selain itu, tersedia juga beberapa jenis kertas yang akan memudahkan Anda menulis catatan, diantaranya yaitu kertas kosong, kertas berpetak, A4, letter, dan lain sebagainya.

2. Microsoft OneNote

Screenshot_2018-11-02-18-32-38-1

Microsoft OneNote adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation dan saat ini telah dipercaya oleh lebih dari 500 ribu pengguna. Di sini tersedia banyak sekali fitur yang dijamin akan membuat Anda betah menulis catatan di di Microsoft OneNote, baik itu untuk catatan pribadi, catatan sekolah, untuk kuliah, dan pekerjaan. Anda dapat menulis dan mengaksesnya dimana dan kapan saja.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Lagu Qasidah Terbaik yang Paling Direkomendasikan

Beberapa fitur utamanya yaitu menyediakan berbagai format tulisan, membuat catatan tulisan tangan, menambahkan gambar ke catatan, menampilkan catatan di komputer, dan masih banyak lagi.

3. ColorNote

Screenshot_2018-11-02-18-32-59-1

Kalau Anda kesulitan dalam mengatur jadwal harian, aplikasi nomor tiga ini mungkin bisa menjadi solusi. ColorNote adalah aplikasi catatan sederhana yang akan memudahkan Anda dalam mengorganisir aktivitas harian Anda. Meskipun sederhana, namun bukan berarti aplikasi ini sama dengan aplikasi Note lainnya.

Aplikasi yang telah memiliki pengguna lebih dari 2 juta ini memiliki desain yang simple namun rapi. Anda bisa membuat berbagai kategori catatan, misalnya buku harian, daftar belanja, aktivitas harian, dan lain sebagainya. Setiap kategori dibedakan dengan warna sehingga Anda akan lebih mudah dalam mengaksesnya.

4. Google Handwriting Input

Screenshot_2018-11-02-18-33-34-1

Aplikasi yang dikembangkan oleh Google dan dirancang untuk Anda yang malas mengetik. Fitur utama aplikasi ini adalah membantu Anda melakukan pengetikkan dengan memasukkan input tulisan tangan maupun audio suara.

Aplikasi ini telah mendukung lebih dari 100 bahasa sehingga besar kemungkinan tulisan Anda dapat terdeteksi di sini. Bahkan tulisan yang tergolong sulit dibaca juga bisa dideteksi oleh aplikasi ini. Tidak hanya menulis saja, di sini Anda juga bisa memasukkan emoji dengan cara menggambar.

5. MyScript Calculator

Screenshot_2018-11-02-18-33-55-1

Nah, kalau aplikasi nomor lima ini khusus untuk Anda yang masih pelajar dan selalu berkutat dengan matematika. Tidak hanya dapat menjadi media untuk menulis coret-coretan saat menghitung soal matematika, aplikasi ini juga bisa memberikan jawabannya untuk Anda.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Desain Baju untuk Android, Desain Baju Tanpa Ribet!

MyScript Calculator adalah aplikasi smart yang akan mendeteksi tulisan tangan Anda dan mengubahnya ke bentuk yang bisa dibaca oleh alat digital. Setelah diubah, aplikasi akan memproses soal dan memberikan jawabannya di lembar yang sama. Menarik sekali, bukan?

6. JotterPad

Screenshot_2018-11-02-18-34-12-1

Aplikasi yang cocok untuk Anda yang bekerja dalam bidang kepenulisan, baik itu penulis novel, artikel, lirik, dan lainnya. Di sini Anda dapat mengekspresikan ide dan menuangkannya ke dalam bentuk teks. Aplikasi ini tidak hanya berguna sebagai media menulis, tetapi juga membantu mengedit tulisan Anda, seperti huruf-huruf yang masih tipo.

Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi dengan adanya kata-kata tipo yang terlewat menggunakan aplikasi ini. Selain itu, Jotterpad juga memiliki antarmuka mengetik yang bersih untuk menjaga kenyamanan pengguna.

7. Simpan Catatanku- Notepad

Screenshot_2018-11-02-18-34-26-1

Simpan Catatanku- Notepad adalah aplikasi alternatif lain bagi Anda yang ingin aplikasi multifungsi dan memiliki banyak fitur. Di sini Anda dapat leluasa menulis catatan apapun dan mengaturnya ke dalam berkas.

Anda juga dapat mengunci catatan tersebut dengan menerapkan kata sandi. Ada banyak sekali pilihan format teks yang dapat Anda gunakan sesuai dengan selera. Dan tidak hanya menulis dalam bentuk teks saja, di sini Anda juga dapat menulis menggunakan tangan, menggambar, dan sekaligus mewarnai.

8. Buku Harianku

Screenshot_2018-11-02-18-34-44-1

Dari namanya, Anda pasti sudah tahu apa fungsi aplikasi yang satu ini. Ya, benar sekali, aplikasi ini khusus untuk Anda yang sedang mencari aplikasi untuk menulis catatan harian atau diary.

Namun, untuk bisa menulis di aplikasi ini, Anda terlebih dahulu perlu menciptakan akun pribadi, Anda juga bisa menghapus akun apabila sudah tidak memerlukannya lagi. Pengguna aplikasi Buku Harianku sudah melebihi 800 ribu pengguna dengan rating 4.6/5 yang tentu menunjukkan bagaimana kualitas aplikasi ini.

9. inKredible – Handwriting Note

Screenshot_2018-11-02-18-35-15-1

Aplikasi untuk menulis di layar Android yang kami rekomendasikan selanjutnya adalah inKredible- Handwriting Note. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menulis dengan tulisan tangan, yang tentunya akan membuat Anda lebih leluasa untuk berekspresi daripada mengetik dengan keyboard.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Kunci Gitar Android, Belajar Gitar Menjadi Lebih Mudah!

Aplikasi ini memiliki dua fitur utama, yaitu simple dan beautiful. Simple karena tidak banyak gangguan di sini, Anda tidak akan menemui banyak tombol di lembar menulis, hanya kertas kosong supaya Anda bisa fokus menulis. Beautiful karena aplikasi ini mampu membuat tulisan Anda terlihat lebih bersih dan rapi.

10. Liveboard Interactive Whiteboard

Screenshot_2018-11-02-18-35-31-1

Aplikasi terakhir yang kami rekomendasikan adalah Liveboard Interactive Whiteboard. Aplikasi yang akan membuat Anda merasa menulis di papan tulis. Ada banyak hal yang bisa Anda tuangkan di papan tulis ini, seperti membuat catatan, menggambar, membuat sketsa, dan lain sebagainya.

Salah satu yang menarik dari aplikasi Liveboard Interactive Whiteboard yaitu adanya fitur realtime drawing and whiteboard sharing, fitur yang memungkinkan Anda untuk berbagi lembar catatan secara realtime ke pengguna lain melalui internet.

Mungkin itu saja 10 aplikasi untuk menulis di layar Android yang dapat kami rekomendasikan. Semoga list di atas  dapat bermanfaat dan membantu. Terima kasih

Leave a Reply

Send this to a friend