Aplikasi Pembaca PDF untuk Android

10 Aplikasi Pembaca PDF untuk Android Terbaik dengan Fitur Lengkap

Bagi Anda yang sering membaca file dokumen di komputer maupun smartphone pasti tidak asing dengan istilah PDF. PDF merupakan singkatan dari Portable Document Format yang merupakan file yang digunakan untuk membaca dokumen yang di dalamnya berisi teks, gambar, dan juga konten interaktif lainnya yang tidak cukup hanya dengan aplikasi office.

Anda memerlukan sebuah aplikasi PDF reader untuk menjalankan tugas tersebut. Namun mungkin Anda sekarang bingung kira-kira mana aplikasi pembaca PDF untuk Android yang bisa Anda gunakan? Memang ada banyak pilihan aplikasi PDF reader di Play Store. Jadi, Anda perlu memilih yang terbaik yang benar-benar memiliki kemampuan seperti yang Anda inginkan.

Rekomendasi Aplikasi Pembaca PDF untuk Android

1. Adobe Acrobat Reader

Adobe Acrobat Reader

Siapa yang tidak mengenal Adobe Acrobat Reader? Aplikasi pembaca PDF untuk Android ini memang sangat populer. Aplikasi buatan Adobe ini hadir dengan banyak fitur menarik dan lengkap yang akan memudahkan Anda untuk membuka maupun membaca file PDF. Bukan hanya itu, Anda bisa langsung membuka file PDF melalui website dan juga email.

Selain itu, dengan menggunakan Adobe Acrobat Reader Anda bisa langsung membagikan file PDF secara langsung ke siapa pun yang Anda inginkan melaui fitur Share. Adobe Acrobat Reader menyediakan tiga cara untuk membaca file PDF. Ketiga cara tersebut yaitu Single Page, Continuous Scroll, dan Reading Mode.

2. Foxit

Aplikasi Pembaca PDF untuk Android

Ingin mencari aplikasi pembaca PDF terbaik untuk Android tanpa harus dikenakan biaya apa pun? Maka gunakanlah Foxit. Aplikasi ini bukan hanya menyediakan berbagai macam fitur secara gratis, Foxit PDF Reader juga sudah mendukung berbagai macam fitur yang tidak kalah dengan aplikasi PDF reader yang lainnya. Selain digunakan untuk membuka dan membaca file PDF, aplikasi ini juga bisa Anda gunakan untuk langsung mengedit fie PDF langsung dari smartphone.

Anda juga bisa melakukan rename, move, copy, delete, dan beberapa aktivitas lainnya. Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh aplikasi PDF adalah Anda dapat membuka video maupun audio di sini. Jika ada orang lain yang mengedit file PDF Anda, Foxit bisa melacaknya melalui fitur tracking yang dimilikinya. Bagaimana? Keren kan? Jika tertarik, silakan unduh aplikasi Foxit di bawah ini.

3. ezPDF

ezPDF

Aplikasi pembaca PDF untuk Android yang ketiga adalah ezPDF. Aplikasi yang satu ini menyediakan tampilan dual page yang akan lebih memudahkan Anda untuk membaca file PDF karena akan langsung ditampilkan dua halaman sekaligus. Selain itu, ezPDF juga menghadirkan fitur bernama Sign. Fitur ini bisa Anda gunakan untuk membubuhkan tanda tangan langsung ke file PDF yang Anda inginkan.

Masih banyak berbagai fitur lainnya yang ada di dalam aplikasi ini. Anda bisa menentukan pilihan warna, menambah memo, sampai mengurangi ukuran file PDF. ezPDF juga Anda gunakan untuk memotong bagian PDF yang menurut Anda tidak sesuai atau tidak Anda perlukan.

4. Google PDF Viewer

Google PDF Viewer

Dari namanya kita sudah mengetahuinya bahwa aplikasi ini merupakan buatan Google. Google PDF Viewer juga merupakan salah satu aplikasi terbaik yang bisa Anda gunakan untuk membuka maupun membaca file PDF.

Salah satu keunggulan yang menjadi alasan kenapa Google PDF Viewer banyak digunakan adalah karena sudah terintegrasi dengan Google Drive. Selain itu, software ini juga dibekali dengan fitur copy dan print yang membuat Anda bisa langsung mengcopy maupun langsung mencetak file yang Anda inginkan.

5. Google Play Books

Google Play Book

Sebenarnya Google Play Books lebih terkenal sebagai aplikasi yang digunakan untuk membaca buku. Namun, sebenarnya aplikasi ini juga menjadi salah satu aplikasi PDF Reader terbaik untuk perangkat smartphone Android. Fitur-fitur yang dihadirkan pun tidak kalah dengan yang terdapat pada aplikasi PDF yang lainnya.

Selain Anda bisa memanfatkannya untuk membuka file PDF, Google Play Books juga bisa Anda gunakan untuk membaca file EPUB yang masih jarang Anda temukan ada di aplikasi PDF untuk perangkat Android. Bagi Anda yang tertarik menggunakan Google Play Books, di bawah ini kami sudah menyertakan linknya.

6. MuPDF

MuPDF adalah Aplikasi Pembaca PDF untuk Android

Pernah menggunakan MuPDF? Jika Anda mencari software PDF untuk Android yang menawarkan tampilan simpel dan mudah digunakan, maka MuPDF merupakan pilihan yang cocok. Aplikasi ini memang memiliki keunggulan dari segi tampilannya. MuPDF mampu memberikan tampilan yang berkualitas dan Anda bisa menikmatinya secara gratis.

Tenang saja MuPDF termasuk salah satu aplikasi yang memiliki kapasitas tidak terlalu besar. Jadi aman untuk media penyimpanan Anda. Kelebihan lainnya adalah MuPDF merupakan aplikasi pembaca PDF yang cepat dan ringan sehingga tidak akan memberatkan kinerja smartphone. Selain file berformat PDF, MuPDF juga support beberapa file lainnya seperti OpenXPS atau XPS dan v2 EPUB.

7. CamScanner

CamScanner

Mungkin sekarang Anda bertanya-tanya kenapa CamSacanner masuk ke dalam aplikasi pembaca PDF untuk Android? Pertanyaan ini muncul karena CamScanner memang lebih banyak digunakan untuk memindah atau menscan foto atau dokumen. Padahal, jika Anda perhatikan bahwa CamScanner juga bisa Anda pakai untuk membaca file berformat PDF.

CamScanner dilengkapi dengan fitur yang bisa Anda gunakan untuk mengimport dokumen berformat PDF. Dengan kata lain, Anda bisa membuat buku fisik yang Anda miliki menjadi buku digital yang memiliki format PDF menggunakan aplikasi CamScanner ini.

8. Radaee

Radaee

Anda sudah memiliki aplikasi PDF Reader namun aplikasi tersebut lemot dan membuat kinerja smartphone terganggu? Sekarang beralihlah ke aplikasi Radaee. Aplikasi ini memberikan kelebihan di performanya yang cepat serta cepat.

Jadi, Anda tidak perllu menunggu terlalu lama ketika proses membuka file PDF. Aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan fitur Zoom. Fitur ini akan semakin memudahkan Anda membaca dan menemukan poin penting dari dokumen yang Anda baca.

9. OfficeSuite + PDF Editor

OfficeSuite + PDF Editor

Meskipun OfficeSuite lebih terkenal dan digunakan sebagai aplikasi office, namun sebenarnya aplikasi ini juga bisa Anda pilih sebagai aplikasi pembaca PDF. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan kemampuan yang mampu membuka file PDF secara cepat. Selain itu, Anda juga bisa langsung mengedit file PDF yang Anda inginkan melalui aplikasi ini. Jadi, Anda tidak perlu harus mengcopy ke PC atau laptop hanya sekadar untuk mengeditnya.

OfficeSuite + PDF Editor juga menyediakan fitur yang membuat Anda bisa langsung memberikan komentar maupun catatan-catatan kecil. Semua kebutuhan Anda sudah terpenuhi melalui software yang satu ini.

10. Xodo

Aplikasi Pembaca PDF Android

Aplikasi terakhir yang akan kami bahas adalah Xodo. Meskipun kami bahas yang terakhir namun bukan berarti aplikasi ini kalah dibandingkan aplikasi PDF yang sudah kami sebutkan. Xodo diklaim mampu bekerja dengan cepat dan termasuk aplikasi yang ringan.

Selain itu, Anda juga bisa langsung mengedit file PDF yang sedang Anda baca. Xodo juga sudah teringegrasi secara otomatis dengan Google Drive, OneDrive, serta Dropbox. Tentunya menjadi sebuah kelebihan yang jarang Anda temukan pada aplikasi PDF Reader lainnya.

Leave a Reply

Send this to a friend