Aplikasi Office untuk Android Terbaik

10+ Aplikasi Office untuk Android Gratis (Terbaik 2022)

Saat ini, smartphone sudah semakin canggih. Pekerjaan yang dulunya hanya bisa dilakukan di komputer atau laptop sudah bisa dikerjakan melalui smartphone. Salah satunya adalah membuat dan mengedit dokumen.

Untuk mengedit dokumen, Anda hanya perlu bermodalkan smartphone yang sudah diinstall aplikasi office untuk Android. Apa saja aplikasi yang bisa Anda instal untuk melakukan pembuatan maupun pengeditan dokumen? Simak penjelasan di bawah ini.

Aplikasi Office untuk Android Terbaik

1. LibreOffice

LibreOffice

Pernah mendengar aplikasi LibreOffice? Mungkin sebagian dari Anda pernah mendengarnya. Mungkin juga Anda salah satu pengguna aplikasi ini. Memang LibreOffice biasanya kita kenal sebagai aplikasi yang terpasang di komputer. Akan tetapi, ternyata aplikasi ini juga bisa sudah tersedia versi Androidnya. Nama sebenarnya adalah LibreOffice and OpenOffice document viewer. Aplikasi buatan Stefl und Taschauer OG ini telah diunduh lebih dari 5 juta pengguna.

Ini menunjukkan bahwa LibreOffice memang menjadi salah satu aplikasi Office untuk Android yang terbaik Anda gunakan. Hadirnya banyak fitur sebagai aplikasi pembuka dokumen berbagai macam ekstensi seperti ODG, ODT, ODP, dan lain-lain membuatnya semakin terkenal. Selain itu, LibreOffice juga bisa Anda gunakan untuk mengedit sampel dokumen, seperti memperbaiki kesalahan tulis dan melakukan highlight terhadap kata atau kalimat yang Anda anggap penting.

2. WPS Office Free

WPS Office Free adalah Aplikasi Office untuk Android

Tidak jauh berbeda dengan LibreOffice, WPS Office Free juga menjadi salah satu aplikasi pembuka dokumen terbaik bagi Anda yang menggunakan smartphone Android. Aplikasi buatan Kingsoft Office ini bisa mulai digunakan untuk perangkat smartphone dengan sistem operasi Android minimal versi 5.0.

Jumlah pengguna yang sudah mendownload WPS Office Free mencapai kurang lebih 100 juta yang tersebar di seluruh dunia. Beberapa fitur yang disediakan oleh aplikasi ini antara lain:

  • Dapat digunakan untuk membuka semua jenis dokumen seperti Word, Excel, dan PDF
  • Menyediakan fitur file enkripsi
  • Menyediakan fitur display yang sederhana sehingga memudahkann para penggunanya meskipun baru pertama kali menggunaakn WPS Office Free
  • Langsung bisa melakukan edit file dan menyimpannya secara cloud

3. Google Docs

Google Docs

Aplikasi office untuk Android yang ketiga adalah Google Docs. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini merupakan buatan Google dan biasanya ketika Anda membeli smartphone Android, maka aplikasi ini akan secara otomatis terpasang di hp Anda.

Dengan kata lain, Anda tidak harus mengunduh aplikasi office lainnya karena sudah ada Google Docs. Namun jika tidak punya, Anda bisa mengunduh Google Docs di Play Store secara gratis tanpa perlu mengeluarkan biaya apapun.

Salah satu kelebihan dari Google Docs adalah aplikasi ini tidak akan memberatkan kinerja smartphone Anda. Ukurannya yang tidak terlalu besar juga membuatnya tidak memakan banyak ruang penyimpanan. Aplikasi ini dibuat agar Anda bisa membuka dan juga mengedit file office. Google Docs juga sudah support dengan berbagai macam versi Android. Untuk jumlah pengunduhnya lebih dari 500 juta.

4. Quip

Quip

Familiar dengan Quip? Quip adalah aplikasi besutan Quip Inc yang sudah diunduh lebih dari 500.000. Software ini memiliki ukuran yang dapat menyesuaikan dengan perangkat smartphone Anda. Sama dengan aplikasi sebelumnya, Quip bisa diinstall pada smartphone yang menggunakan sistem operasi Android minimal 5.0.

Beberapa fitur unggulan yang membuat Quip layak untuk Anda jadikan sebagai pilihan adalah sebagai berikut:

  • Anda bisa membuka, melihat, dan juga mengedit file dokumen atau file office dengan mudah
  • Anda bisa menyisipkan note  atau catatan pada dokumen yang Anda buka
  • Quip dapat Anda gunakan sebagai aplikasi note sehari-hari
  • Mudah melakukan sinkronisasi dengan berbagai perangkat yang Anda gunakan
  • Mudah mengekspor dokumen menjadi file berformat PDF
  • Aplikasi ini dapat Anda gunakan untuk membentuk chat grup dengan pengguna Quip yang lainnya

5. SmartOffice

SmartOffice adalah Aplikasi Office Android Terbaik

Aplikasi office untuk Android yang juga bisa Anda gunakan secara gratis adalah SmartOffice. Aplikasi ini termasuk salah satu yang paling banyak didownload. Hal ini bisa Anda lihat pada jumlah pengunduhnya yang mencapai lebih dari 350 juta. Aplikasi ini memang terkenal karena tampilannya yang sederhana dan mudah dipahami. Ukurannya pun terbilang sangat kecil. Sebagai aplikasi office, SmartOffice hanya memiliki ukuran file 7 MB.

Dengan ukuran sekecil itu, Anda sudah bisa menggunakannya untuk membuka, mengedit, membuat, dan lain-lain. Aplikasi ini support terhadap perangkat dengan OS Android minimal versi 5.0. Beberapa fitur yang dimiliki SmartOffice antara lain:

  • Dapat digunakan untuk membuka berbagai file office seperti word, Excel, dan PPT
  • Dapat membuka dan mengubah format file menjadi PDF
  • Anda bisa menyimpan dokumen yang Anda edit tersebut secara cloud melalui Drop Box atau Google Drive
  • Anda tidak akan terganggu oleh iklan yang terkadang menyulitkan kita ketika melakukan editing

6. Polaris Office

Polaris Office

Aplikasi office gratis lainnya yang dapat menjadi referensi Anda adalah Polaris Office. Aplikasi ini telah didownload lebih dari 40 juta pengguna Android seluruh dunia. Pada tahun 2015, Polaris Office memperoleh penghargaan sebagai best application.

Hal ini tidak lepas dari berbagai fitur yang disematkan di dalamnya yang mampu mengungguli aplikasi lainnya. Anda bisa menggunakan Polaris Office untuk membuat presentasi, mengolah file excel, mengubah dokumen, membuka file PDF, dan lain sebagainya.

Selain itu, Polaris Office juga sudah support dengan penyimpanan berbasis cloud misalnya Google Drive, OneDrive, dan juga Dropbox. Namun memang untuk ukuran filenya cukup besar yaitu sekitar 60 MB. Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk perangkat dengan OS Android minimal vesi 4.4.

7. Office Suite

Office Suite

Bagi Anda yang memiliki tugas untuk membuat presentasi namun tidak memiliki banyak waktu, maka Anda bisa mengandalkan Office Suite. Aplikasi ini telah didownload sebanyak lebih dari 100 juta yang membuktikan bahwa Anda tidak salah menjadikan Office Suite sebagai aplikasi pilihan Anda. Anda bisa dengan mudah mengedit dan membuat dokumen atau PPT langsung dari smartphone.

Beberapa fitur yang dimiliki oleh Office Suite antara lain:

  • Bisa digunakan untuk membuat dokumen Word, Excel, maupun PPT
  • Bisa dengan mudah mengekspor file ke PDF dan membaca file PDF
  • Dokumen yang diedit menggunakan aplikasi ini nanti bisa langsung diupload melalui layanan cloud

8. Docs to Go

Docs to Go

Jika Anda mencari aplikasi office untuk Android yang ringan, kami menyarankan Anda memilih Docs to Go. Aplikasi ini tidak akan memberatkan kinerja smartphone Anda.

Kelebihan yang dimilikinya tidak jauh berbeda dengan aplikasi lainnya seperti membuat dokumen, membaca, mengedit, dan lain-lain. Selain itu, Anda juga bisa membaca dan membuat file PPT di sini. Hasil file atau dokumen yang Anda buat nanti bisa langsung disimpan di memori eksternal. Docs to Go juga sudah mendukung penyimpanan cloud.

9. AndrOpen Office

AndrOpen Office

Seseorang yang berjasa membuat AndrOpen Office adalah Akikazu Yoshikawa. Jumlah pengunduh aplikasi ini lebih dari 1 juta. Apa saja kelebihan yang dimiliki AndrOpen Office?

  • Anda bisa membuat dan membuka file seperti Word, Excel, PPT, dan PDF
  • Sudah mendukung percetakan nirkabel
  • Anda bisa langsung menyimpan hasil editing file Anda baik di memori internal maupun memori eksternal
  • AndrOpen Office juga sudah mendukung penyimpanan berbasis cloud

10. All Doc Reader

Aplikasi Office untuk Android

Aplikasi office untuk Android yang terakhir adalah All Doc Reader. Ukuran aplikasi ini hanya 23 MB dan bisa digunakan untuk perangkat Android minimal OS Android 4.4. Beberapa kelebihan yang dimiliki All Doc Reader antara lain:

  • Bisa membuka dokumen Office dan PDF
  • Bisa konversi dokumen ke PDF
  • Sudah mendukung penyimpanan cloud
  • Terdapat fitur viewing mode atau reading

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend