Aplikasi Telnet untuk PC dan Laptop

10 Aplikasi Telnet untuk PC / Laptop Terbaik dan Paling Direkomendasikan

Telnet atau Telecommunication Network merupakan sebuah protokol client – server yang bisa memberikan akses terhadap komputer dalam jarak jauh atau remote access. Agar dapat mengakses komputer dalam jarak jauh Anda membutuhkan sebuah aplikasi Telnet. Aplikasi Telnet dapat digunakan untuk mengakses berbagai layanan umum seperti katalog, database, dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut Anda dapat saling terhubung atau mengakses beberapa komputer selama berada dalam satu jaringan yang sama. Hal seperti ini akan memberikan cara yang lebih mudah untuk semua pengguna yang ingin mengakses.

Aplikasi Telnet untuk PC / Laptop

Banyak aplikasi Telnet yang dapat Anda unduh secara gratis. Namun, setiap aplikasi tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Langsung saja untuk mengetahui aplikasi telnet apa saja yang dapat digunakan di PC/laptop, silahkan simak artikel berikut ini.

1. PuTTY

PuTTY

PuTTY merupakan aplikasi yang bersifat open source yang bisa digunakan untuk melakukan remote access, seperti Telnet, SSH, dan RLogin. Aplikasi ini dapat digunakna untuk mengendalikan sistem dari tempat dan jarak yang berbeda makanya disebut remote access. Remote access ini harus terkoneksi dengan jaringan internet.

Biasanya para pemiliki server menggunakan aplikasi PuTTY ini untuk mengakses ke server mereka. Tempat server yang jauh membuat aplikasi PuTTY ini sangat berguna, karena Anda tidak perlu datang ke tempat server untuk melakukan konfigurasi.

Berbeda dari aplikasi TeamViewer, aplikasi PuTTY hanya menampilkan command teks untuk menjalankan perintah tertentu. Beberapa fitur yang dimiliki aplikasi PuTTY ini adalah transfer file SFTP grafis, remote komputer, penghubung atau jembatan protokol FTP ke SFTP. Dan fitur-fitur yang dimiliki oleh aplikasi PuTTy ini hanya dapat digunakan pada sistem operasi Windows saja.

2. Xshell

Aplikasi Telnet untuk PC Windows 10

Xshell merupakan salah satu aplikasi yang dapat digunakan sebagai Telnet, SSH, dan terminal emulator di sistem operasi Windows. Aplikasi Xshell bisa disebut sebagai aplikasi alternatif lain dari aplikasi PuTTY yang sudah dikenal lebih dahulu sebagai salah satu SSH client untuk Windows. Aplikasi Xshell mempunyai beberapa fitur sebagai pendukung tan dan membuat SSH key.

Xshell mempunyai banyak fitur yang dapat digunakan oleh para penggunanya, seperti membuat, mengedit, serta meluncurkan beberapa sesi secara bersamaan dari jendela utama dengan menggunaan Manajer Sesi Xshell dengan cepat dan mudah. Para pengguna bisa menentukan berapa banyak properti sesi yang akan dibuat dan diluncurkan untuk menentukan bagaimana kerja setiap sesinya.

3. MobaXterm

MobaXterm

MobaXterm merupakan aplikasi komputasi jarak jauh yang sering disebut sebagai aplikasi pamungkas. Aplikasi MobaXterm memiliki banyak fungsi di Windows yang sudah dirancang untuk para Administrator TI, Programmer, Webmaster, serta untuk para pengguna yang membutuhkan dalam menangani pekerjaan mereka dari jarak jauh dengan menggunakan cara yang cukup sederhana.

Aplikasi MobaXterm juga menyediakan berbagai alat jarak jauh yang biasanya penting untuk digunakan, seperti SSH, VNC, RDP, X11, FTP, MOSH, dan lain sebagainya. Dan juga menyediakan beberapa perintah Unix pada desktop Windows. Dan tentunya aplikasi ini dalam bentuk satu file exe portable.

4. mRemoteNG

Aplikasi Telnet untuk Laptop Terbaik

mRemoteNG merupakan salah satu aplikasi yang dapat melakukan beberapa fungsi seperti Telnet, Remote Desktop Protocol (RDP), SSH, dan lain sebagainya. Aplikasi ini dapat melakukan remote pada sistem operasi Windows. Aplikasi mRemoteNG ini dapat melakukan remote PC dengan berbagai jenis protokol seperti VNC, SSH, RDP, dan lain sebaginya.

Awalnya aplikasi mRemoteNG ini bersifat open source yang bisa dihubungkan dengan banyak protokol atau multi protokol dan memiliki fungsi sebagai remote connection manager. Tapi, pihak mRemoteNG selalu memperbaharui dan mengatasi berbagai macam bug pada aplikasi ini sehingga muncullah versi terbarunya yaitu mRemoteNG.

Aplikasi mRemoteNG ini dapat digunakan secara portable pada sistem operasi Windows. Aplikasi ini memiliki ukuran yang kecil yaitu 3.86 MB yang dapat dijadikan pilihan berbagai macam aplikasi untuk login ke SSH Cloud Server.

5. ZOC

ZOC

ZOC merupakan aplikasi emulasi terminal profesional yang populer yang dapat digunakan di sistem operasi Windows dan MacOS. Aplikasi ZOC ini mendukung Telnet, SSH, modem, ISDN, Rlogin, dan sarana komunikasi lainnya.

Aplikasi ZOC ini dikembangkan secara komersial oleh Markus Schmidt dari EmTec Innovative Software di Jerman yaitu sebuah perusahaan yang memproduksi perangkat lunak untuk berbagai aspek komunikasi melalui PC, telepon, ISDN, dan lain sebagainya.

Tampilan antarmuka yang dimiliki aplikasi ini cukup modern, sehingga aplikasi ini dapat dengan mudah digunakan oleh para penggunanya. Fitur-fitur yang dimiliki aplikasi ini juga sangat bagus dan elegan yang dapat menghubungkan Anda ke host dan mainframe melalui telnet, kabel serial, dan lain sebagainya. Namun, sayangnya aplikasi ini hanya dapat digunakan secara gratis selama 30 hari, selebihnya Anda harus membayar sekitar $80.

6. Remote Desktop Manager

Remote Desktop Manager

Remote Desktop Manager (RDM) merupakan aplikasi yang memusatkan semua koneksi jarak jauh pada satu platform yang dapat dibagikan dengan aman di antara pengguna dan di seluruh tim.

Aplikasi ini memiliki dukungan untuk ratusan teknologi terintegrasi, termasuk beberapa protokol dan VPN. Aplikasi ini juga memberikan tingkat keamanan yang cukup bagus dengan menggunakan kata sandi tingkat perusahaan, kontrol akses tingkat global dan granular, dan aplikasi seluler yang kuat untuk melengkapi klien desktop untuk Windows dan Mac.

RDM memberdayakan departemen TI untuk mendorong keamanan, kecepatan, dan produktivitas di seluruh organisasi, sekaligus mengurangi inefisiensi, biaya, dan risiko. Beberapa fitur yang dimiliki aplikasi ini adalah manajemen koneksi jarak jauh, manajemen kata sandi, akses aman ke kritis aktiva, audit dan laporan, dan lain sebagainya.

7. Radmin

Radmin

Radmin merupakan aplikasi yang berupaya untuk mengurangi risiko keamanan di internet. Untuk itu aplikasi Radmin menggunakan saluran aman yang disediakannya agar sebuah komputer dapat dihubungkan dengan komputer lain melalui internet. Siapa saja yang akan memasuki saluran tersebut harus mengetahui password yang digunakannya.

Banyak aplikasi lain yang dapat mengakses remote komputer, tapi belum tentu semuanya aman. Aplikasi Radmin ini menggunakan teknologi VPN (Virtual Private Network) yang terenkripsi untuk memastikan agar tidak ada pihak ketiga atau pihak lain yang dapat mengetahui apa yang sedang dilakukan pada sebuah remote komputer. Enkripsi yang digunakan adalah AES-256 bit sehingga akan mustahil untuk ditembus oleh seluruh komputer di dunia.

8. ExtraPuTTY

ExtraPuTTY

ExtraPuTTY merupakan cabang dari PuTTY versi 0.67. Aplikasi ExtraPuTTY ini memiliki semua fitur dari soft original atau fitur yang sebelumnya, tapi juga ada menambahkan fitur lainnya. Berikut ini beberapa fitur utama yang terdapat di dalam aplikasi ExtraPuTTY: DLL frontend, TestStand API (LabWindows, TestStand 2012), timestamp, statusbar, urutan perintah otomatis, dan lain sebagainya.

Aplikasi ini dapat mengintegrasikan beberapa protokol transfer seperti FTP, TFTP, SCP, SFTP, Ymodem, Xmodem. Aplikasi ExtraPuTTY ini juga dapat Anda gunakan secara gratis dan hanya dapat digunakan di sistem operasi Windows saja.

9. AnyConnect

Rekomendasi Aplikasi Telnet untuk PC

AnyConnect merupakan perangkat lunak klien FTP / FTPS / SSH / Telnet / Terminal gratis. Aplikasi AnyConnect mendukung banyak koneksi sekaligus dalam mode campuran di mana Anda dapat melakukan FTP dan membuat koneksi terminal pada saat yang bersamaan. Aplikasi AnyConnect jugamendukung banyak protokol dan pengaturan protokol tertentu.

Aplikasi AnyConnect akan diperbarui secara otomatis jika versi baru sudah dirilis. AnyConnect berdiri sendiri tetapi juga merupakan bagian dari alat otomasi dan penjadwal VisualCron. Beberapa fitur dari aplikasi AnyConnect yang bisa Anda nikmati adalah drag and drop files, klien dapat memperbarui secara otomatis, mendukung banyak protokol dalam satu klien, tampilan real time log, dan lain sebagainya.

10. TTY Emulator

TTY Emulator merupakan aplikasi emulator terminal gratis yang dapat bertindak sebagai klien untuk protokol SSH, Telnet, rlogin, TCP mentah, dan komputasi serial. TTY Emulator dapat digunakan di sistem operasi Windows. Ini dikompilasi secara statis tanpa ketergantungan DLL tertentu. Aplikasi TTY Emulator benar-benar gratis untuk diunduh dan digunakan.

Semua orang dapat menggunakan perangkat lunak ini secara gratis bahkan untuk perusahaan swasta. Penggunaan TTY Emulator mungkin ilegal di negara tempat enkripsi dilarang. TTY Emulator dapat digunakan untuk koneksi aman dan tidak aman. TTY Emulator didistribusikan sebagai freeware.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang aplikasi telnet apa saja yang bisa digunakan di PC/laptop. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend