2 Cara Menghapus Cache di Iphone dengan Mudah, Sudah Coba?

Pernah tidak kamu merasa iphone kamu sedikit lebih lemot dari biasanya? Hal ini biasanya dikarenakan penumpukan file cache yang terlalu banyak di memori iphone kamu sehingga menyebabkan lemot ketika kamu membuka aplikasi.

Secara istilah cache merupakan aplikasi temporary (sementara)  di memori. Di satu sisi cache dapat membentu mempercepat kinerja saat membuka atau menjalankan suatu apliaksi. Seperti contoh ketika kamu membuka aplikasi tertentu maka akan menghasilkan file cache.

Jadi ketika suatu waktu kamu membuka kembali aplikasi tersebut akan terasa cepat karena sudah tersedia di file cache. Namun file cache yang berlebihan atau terlalu banyak juga tidak bagus, karena akan menyebakan iphone kamu menjadi lemot. Maka dari itu solusi yang harus di lakukan ialah menghapus Cache yang ada di iphone kamu.

Cara Menghapus Cache di iPhone

Menghapus cache dari suatu aplikasi di android dan di iphone sangat berbeda, maka dari itu ikutilah langkah-langkah berikut untuk menghapus Cache di iphone agar para newbie tidak kebingungan lagi.

Hapus Cache di Safari

Aplikasi Safari merupakan salah satu apliaksi yang menyimpan memori di cache sehingga safari dapat di akses dengan cepat. Namun kelebihan cache bukan lah hal yang bagus, maka dari itu haru di hapus.

1. Buka aplikasi Setting di iphone kamu, kemudian scroll kebawah dan cari lalu klik Safari yang berbentuk seperti kompas.

cari saafari - Cara Menghapus Cache di Iphone

 

2. Kemudian pilih dan klik Clear History dan Website Data.

hapus data di safari

3. Setalah itu akan muncul popup  informasi  berupa hal-hal yang akan terjadi ketika menghapus data tersebut. Kemudian klik Clear History and Data.

menghapus data safari - Cara Menghapus Cache di Iphone

Membersihkan File dari Data Aplikasi

File data yang tersimpan oleh aplikasi dapat kamu bersihkan melalui menu Usage Storage di Settings.

1. Pertama kamu harus membuka aplikasi Settings > General > Storage & iCloud Usage > Manage Storage.

menghapus dari penyimpanan - Cara Menghapus Cache di Iphone

2. Kemudian pilih dan klik aplikasi yang menggunakan banyak memori penyimpanan. Perhatikan bagian Documents & Data. Jika sizenya lebih dari 500MB, lebih baik dihapus dan instal ulang aplikasi tersebut. Pada iphone saya data yang paling besar di gunakan oleh Youtube. Maka dari itu saya pilih Youtube karena menggunakan data paling besar di antara aplikasi yang lain.

plih dan klik aplikasi dengan penyimpanan terbesar

3. Setelah itu pilih Delete App, lalu buka App Store untuk menginstal kembali aplikasi tersebut. Kenapa harus dengan menghapus aplikasi? Karena ketika kamu menghapus aplikasi tersebut, maka data-data yang tersimpan akan hilang juga dan ketika kamu menginstall ulang kembali akan  membuat aplikasi terpasang tanpa file data sebelumnya.

Cara Menghapus Cache di Iphone

Di karenakan pada iphone tidak tersedia untuk menghapus cache aplikasi secara langsung yang berbeda dari android karena terdapat fitur untuk menghapus cache aplikasi maka dari itu cara di atas dapat kamu lakukan untuk menghapus cache di iphone. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu banyak orang. Terimakasih:-)

Leave a Reply

Send this to a friend