3 Cara Mengunci Aplikasi Whatsapp di iPhone dengan Sangat Mudah

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi chating yang sangat populer sekarang ini. Dengan whatsapp kamu dapat berbicara dengan seseorang tidak hanya melalui chating dan voice call/panggilan suara, namun juga dapat melakukan panggilan video untuk melihat wajah dari orang tersebut sembari berkomunikasi.

Tetapi tentunya kamu memliki suatu privasi walaupun itu hanya sebatas chating yang tidak ingin di ketahui orang lain isinya. Karena kadang kala salah satu di antara teman kamu ada suka usil dan kepo tentang kamu sehingga mengharuskan kamu untuk mengunci aplikasi tersebut agar tidak dapat di akses orang lain.

Untuk mengatasi hal ini solusinya yaitu dengan cara megunci aplikasi tersebut agar tidak sembarangan orang dan mengaksesnya. Kegunaan dari mengunci aplikasi ini selain untuk menjaga privasi kamu tetapi juga dapat di gunakan untuk mencegah apabila ada orang lain yang berniat jahat untuk membajak akun kamu.

Untuk soal keamanan seperti ini tidak perlu diragukan lagi, karena iphone merupakan salah satu smartphone yang memiliki tingkat keamanan yang canggih. Iphone memiliki fitur bawaan untuk dapat melakukan hal ini.

Cara Mengunci Aplikasi whatsapp di iPhone

Namun masih banyak pengguna iphone yang belum mengetahui cara mengunci aplikasi whatsapp di iPhone, berikut saya akan membagikan beberapa cara yang dapat di gunakan mengunci aplikasi whatsapp di iphone.

1.Menggunakan fitur Two-Step Verification di whatsapp

1. Fitur ini terdapat di dalam aplikasi whatsapp jadi kamu harus membuka whatsapp kamu terlebih dahulu untuk mengaktifkannya. Setelah itu buka menu Settings yang terdapat di ujung kiri layar kamu. Lalu klik Account.

Cara Mengunci Aplikasi Whatsapp di iPhone

2. Kemudian klik fitur Two-Step Verification.

Cara Mengunci Aplikasi Whatsapp di iPhone

3. Setelah terbuka. klik Enable untuk mengaktifkannya.

untuk mengaktifkan fitur

4. Lalu setelah kamu menekan enable kamu akan di minta untuk memasukkan pin yang terdiri dari 6 angka kemudian klik next.

Cara Mengunci Aplikasi Whatsapp di iPhone

5. Kamu akan diminta ulang memasukkan pin yang sebelumnya telah kamu  buat untuk mengkonfirmasi dengan pin sebelumnya telah kamu buat  lalu klik next.

konfirm pin

6. Kemudian kamu juga akan di minta untuk memasukkan email sebagai pengaman jika sewaktu-waktu kamu lupa dengan pin yang telah kamu buat.

memasukkan email

7. Setelah itu tutup aplikasi whatsapp kamu kemudian buka kembali. Maka kamu akan di minta untuk memasukkan pin Two-Step Verification yang telah kamu buat sebelumnya.

Cara Mengunci Aplikasi Whatsapp di iPhone

2. Mengunci Aplikasi Whatsapp dengan Accesibility

Accesibility terdapat di dalam aplikasi setting. Fitur ini lebih tepatnya seperti halaman yang hanya dapat di akses oleh tamu dengan ketentuan yang dapat kita atur sehinnga tamu atau orang yang ingin membuka iphone kita hanya dapat mengakses aplikasi yang kita atur. Ketika kamu menggunakan fitur ini maka hanya halaman yang telah kamu atur yang dapat di lihat oleh orang lain sesuai dengan ketentuan yang telah kamu atur.

1. Kamu harus mengaktifkannya fitur ini terlebih dahulu dengan cara buka aplikasi Setting > General > Accesibility.

accesibility di aplikasi setting

2. Setelah terbuka, scroll ke bawah dan cari Guided Access lalu tekan untuk mengaktifkannya.

guided access

3. Lalu tekan Set Guided Access Passcode. Fitur ini berfungsi untuk mengatur keamanan dengan membuat passcode.

membuat passcode

4. Setelah kamu akan di minta memasukkan Passcode yang tediri dari 4 angka. Seperti gambar di bawah ini.

membuat passcode

5. Kemudian kamu dapat melihat di bagian paling bawah ada terdapat fitur Accesibility shortcut. Fitur ini berguna untuk apabila mengaktifkan fitur ini maka saat kite meneka 3 kali tombol home / Home Button ketika Guided Access di aktifkan maka pengaturan dari accesibility akan di tampikan.

begini cara mengunci aplikasi di iphone

6. Setelah fitur ini aktif maka kamu dapat memilih aplikasi mana yang ingin kamu tampilkan ketika ada orang lain yang membuka iphone kamu. Kemudian buka aplikasi whataspp kamu lalu pilih salah satu menu yang menurut kamu tidak masalah jika di lihat orang lain sebagai contoh buka saja menu Setting yang aman saat di akses orang lain agar rahasia kamu tidak di ketahui. Lalu tekan tombol Home 3 kali untuk mengatur pengamanan ini.

mengatur guided access

8. Selain itu juga terdapat fitur option yang mana terdapat beberapa pilihan yang mana apabila kamu hanya menginginkan ketika fitur ini di aktifkan kamu dapat menyentuh layar atau mengunci layar dan sebagainya lalu klik done. Seperti gambar berikut.

megatur pilihan

9. Untuk mengakhiri fitur ini kamu dapat menekan 3 kali tombol Home kemudian akan muncul tingkat keamanan yaitu kamu diminta untuk memasukkan passcode yang telah kamu buat sebelumnya. Lalu akan muncul tampilan seperti saat kamu akan memulai untuk menonakifkan fitur ini. Kemudian tekan End  yang terdapat di pojok kiri atas dari layar kamu. Seperti gambar di bawah ini.

untuk mengakhiri

3. Mengunci whatsapp dengan Restriction

Mengunci aplikasi whatsapp dengan restriciton lebih tepatnya untuk mengunci kontak wa kamu agar tidak dapat di lihat oleh orang lain.

1. Pertama-tama bukalah aplikasi setting > General > Restriction > Enable Restriction di iphone kamu.

2. Setelah kamu meneka enable restriction maka kamu akan di minta untuk memasukkan Passcode yang terdiri dari 4 angka. Passcode ini berguna sebagai pengaman.

passcode restriction

3. Sebagai tingkat keamanan lanjutan kamu akan di minta menuliskan kemanli passcode yang telah kamu buat sebelumnya.

menuliskan kembali passcode yang telah di buat sebelumnya

4. Pilihlah aplikasi yang ingin kamu kunci atau di sembunyikan agar tidak dapat di akses orang lain. Nah di pilihan ini kamu dapat cari dan tekan Contacts. Maksudnya ialah kamu mengamankan kontak yang ada di aplikasi tersebut agar tidak dapat di akses orang lain.

mengatur contacs

 

5. setelah itu non aktifkan button whatsapp dengan menggeser ke kiri. Hal ini bertujuan untuk menonaktifkan akses kontak whatsapp di iphone kamu.

nonaktifkan wa

6. Kemudian buka aplikasi whatsapp kamu lalu buka kontak kamu di whatsapp. Maka akan ada informasi bahwa whatsapp tidak dapat mengakses kontak kamu.

informasi tidak dapat akses kontak

Mudah kan? itulah beberapa cara mengunci aplikasi whatsapp di iphone dengan menggunakan fitur bawaan yang terdapat di whatsapp dan di iphone. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu orang lain. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend