Apple Hapus Puluhan Ribu Aplikasi Ilegal di App Store

30 Ribu Aplikasi Di App Store Cina Dihapus Oleh Apple

NESABAMEDIA.COMSebanyak 29,800 aplikasi yang ada di App Store Cina dihapus oleh pihak Apple. Penghapusan puluhan ribu aplikasi itu didominasi oleh aplikasi permainan yang jumlahnya mencapai 26,000 judul dan sisanya merupakan aplikasi penunjang kegiatan. Puluhan ribu aplikasi itu dihapus di tengah diberlakukannya tindakan tegas terhadap aplikasi tanpa lisensi oleh pemerintah Cina.

Sementara itu saat dimintai keterangan terkait penghapusan puluhan ribu aplikasi dari App Store Cina itu, pihak Apple belum memberikan komentar atau pernyataan resmi. Pada awal tahun ini, Apple memang meminta seluruh pengembang aplikasi yang ada di App Store untuk menunjukkan legalitas mereka, dengan deadline sampai dengan bulan Juni. 

Legalitas yang dimaksud harus dikeluarkan secara resmi oleh pemerintah Cina, yang kemudian bisa mengaktifkan pembelian di dalam aplikasi oleh pengguna. Sebenarnya, masalah legalitas sudah diberlakukan sejak lama, namun entah mengapa baru tahun ini Apple mengambil tindakan yang cukup tegas.

Pada awal bulan Juli kemarin, Apple mengawali penghapusan aplikasi yang dianggap tak memiliki izin sebanyak 2,500 judul aplikasi. Dalam penghapusan pertama itu ada nama game dari pengembang yang memiliki nama besar seperti Zynga dan juga Supercell. 

Lebih lanjut, pemerintah Cina sendiri juga telah lama menerapkan aturan sangat ketat kepada industri gaming di sana, terkait masalah konten sensitif yang harus dihilangkan. Semakin ketatnya aturan yang ditetapkan, mendapatkan keluhan dari mayoritas pengembang aplikasi gaming di negara itu. Padahal, industri gaming menyumbangkan pendapatan negara cukup besar, dan apa yang dilakukan Cina itu dinilai banyak pihak telah menjadikan sebuah kemunduran dan hambatan tersendiri.

Adapun para pengembang game tidak kunjung memenuhi legalitas yang akan digunakan untuk transaksi di dalam game mereka, disebabkan adanya permasalahan yang cukup pelik. Mereka mengeluhkan proses pengurusan legalitas yang sangat lama dan berbelit-belit, hingga akhirnya deadline yang diberikan Apple telah lewat, mereka masih belum mengantongi izin.

“Penghapusan ini sangat berdampak bagi pengembang kecil dan menengah, khususnya pada pendapatan mereka. Namun karena pengurusan izin sendiri yang rumit, imbasnya juga sangat besar pada industri gaming di Cina,” ungkap salah satu distributor aplikasi Cina. 

Leave a Reply

Send this to a friend