Begini Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di HP Android Tanpa Ribet

Aplikasi bawaan pabrik (bloatware) android merupakan software yang sudah ada secara default dari pabrik pembuatnya, yang artinya aplikasi tersebut sudah dari sananya bukan hasil dari penggunanya.

Adapun kerugian dari aplikasi bawaan HP ini adalah salah satunya tidak bisa dihapus karena merupakan aplikasi sistem. Selain itu, kerugiannya adalah memakan memori internal, sehingga kapasitas memori bisa saja menjadi penuh dan kita tidak bisa mendownload atau menyimpan aplikasi lainnya.

Selain memakan memori internal, beberapa bloatware atau aplikasi bawaan di HP android terkadang membuat HP kita lemot. Makanya, tidak sedikit juga dari kita yang ingin menghapus aplikasi bawaan yang ada di HP kita, kan?

Bahkan tanpa root saat ini kita bisa dengan mudah meng-uninstall aplikasi bawaan ini dengan mudah di HP Android kita loh. Lalu, bagaimanakah caranya menghapus aplikasi bawaan di HP android?

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di HP Android

Nah, kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana caranya menghapus aplikasi bawaan di HP Android dengan sangat mudah. Bagaimanakah caranya? Langsung saja ikuti langkah – langkah dibawah ini ya.

Cara yang saya bagikan kali ini adalah menghapus aplikasi bawaan di HP android tanpa harus melakukan root. Jadi, anda hanya mendownload aplikasi di HP android agar bisa menghapus aplikasi bawaan di HP android anda. Langsung saja simak langkah – langkah berikut ini.

1. Pertama, silahkan anda download dan install aplikasi Ccleaner di Google Play Store secara gratis di HP Android anda. Seperti pada gambar dibawah ini.

install ccleaner

2. Kemudian, silahkan anda buka aplikasi Ccleaner yang sudah terinstall di HP anda. Seperti pada gambar dibawah ini.

cara menghapus aplikasi bawaan di HP android

3. Lalu, silahkan klik “Mulai”. Seperti pada gambar dibawah ini.

klik mulai

4. Menggunakan aplikasi Ccleaner anda akan mendapatkan iklan pada aplikasinya, jika anda merasa tidak terganggu silahkan klik “Langjutkan dengan iklan”. Seperti pada gambar dibawah ini. Namun, jika anda merasa terganggu, silahkan anda klik “Tingkatkan sekarang” agar aplikasi di update ke versi pro dan berbayar.

klik lanjutkan dengan iklan

5. Kemudian, jika sudah berada di halaman utama, silahkan klik ikon “3 garis” yang berada dipojok kiri anda. Seperti pada gambar dibawah ini.

cara menghapus aplikasi bawaan di HP android

6. Kemudian, silahkan anda klik “Pengelola aplikasi”. Seperti pada gambar dibawah ini.

klik pengelola aplikasi

7. Lalu, silahkan anda klik “Sistem”. Seperti pada gambar dibawah ini.

cara menghapus aplikasi bawaan di HP android

8. Lalu, silahkan anda pilih aplikasi bawaan apa yang ingin anda hapu, misalnya Cuaca. Silahkan anda klik centang pada kotak cuaca. Lalu, silahkan klik ikon “3 titik” yang berada disebelah kanan anda. Seperti pada gambar dibawah ini.

pilih aplikasi

9. Lalu, silahkan anda klik ikon “Tempat sampah (hapus instalasi pembaruan”. Seperti pada gambar dibawah ini.

klik ikon tempat sampah

10. Kemudian, jika muncul jendela seperri dibawah ini. Silahkan anda klik saja “Teruskan” untuk melanjutkan proses penghapusan. Seperti pada gambar dibawah ini.

cara menghapus aplikasi bawaan di HP android

11. Silahkan anda tunggu beberapa saat sampai proses penghapusan selesai.

Nah, bagaimana? Caranya cukup mudah dan sangat sederhana kan? Sekarang kita sudah bisa menghapus aplikasi bawaan Hp yang menurut kita tidak terlalu penting atau bahkan mengganggu. Tanpa root HP kita, kita sudah bisa menghapus aplikasi bawaan HP kita.

Itulah bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan di HP android dengan mudah yang dapat anda coba. Jika artikel ini dapat membantu anda, silahkan share ke teman-teman anda agar mereka juga tahu bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan di HP android dengan mudah.

Leave a Reply

Send this to a friend