Fitur Baru Smartphone Android

5 Fitur Baru Yang Segera Hadir di Smartphone Android

NESABAMEDIA.COMGoogle telah mengumumkan sejumlah fitur baru yang akan dirilis untuk smartphone dengan sistem operasi Android dalam beberapa minggu ke depan. Sejumlah fitur baru ini mungkin sedang dinantikan para penggunanya, dan akan semakin memudahkan aktivitas pengguna untuk mengisi kegiatan sehari-hari. 

Kombinasi Emoji

Berkat keberadaan fitur bernama Emoji Kitchen yang ada di keyboard virtual GBoard, Google berencana untuk memperbanyak pilihan emoji yang ada.

Pengguna akan bisa menjelajahi beragam jenis emoji ketika memilih satu di antaranya, termasuk juga melakukan kombinasi antar emoji untuk menghasilkan sebuah emoji baru. Menjadikan emoji itu sebagai stiker untuk dibagikan di chat atau di sosial media bersama teman. 

Google menjanjikan bahwa akan ada sekitar 14 ribu kombinasi emoji yang memungkinkan untuk dibuat nantinya.

Narasi Audio

Dihadapkan dengan peningkatan kesuksesan pada aplikasi audiobooks, Google tengah berupaya melakukan pengembangan bersama dengan sejumlah publisher di Amerika dan Inggris. Kerjasama itu akan mengembangkan sebuah fitur yang menawarkan kemampuan otomatis dalam menghasilkan versi audio dari buku yang saat ini belum tersedia.

Google berharap fitur baru tersebut bisa mereka rilis ke sejumlah publisher pada awal tahun 2021 mendatang.

Navigasi Suara

Pada awalnya, fitur ini didesain untuk meningkatkan aksesibilitas para pengguna yang tidak bisa menggunakan layar sentuh di smartphone Android. Peningkatan fitur pada aplikasi Voice Access ini akan memungkinkan seluruh pengguna untuk bisa mengontrol antarmuka perangkat smartphone mereka dengan menggunakan suara. 

Kalimat perintah suara yang tersedia itu pun cukup sederhana, seperti “Buka Chrome”, “Geser ke Bawah”, “Balas”, dan lain sebagainya. Fitur ini menjanjikan kemampuan navigasi tanpa menggunakan tangan.

Dapatkan Petunjuk Arah Secara Cepat

Google Maps akan menyederhanakan fitur navigasi antara lokasi yang baru saja disimpan (rumah, kantor, sekolah, toko, dan tempat favorit lainnya) dengan sebuah tab baru bernama “GO”. 

Idenya adalah dengan menyematkan tujuan favorit untuk akses yang lebih cepat ke penunjuk arah, dan kondisi lalu lintas yang dilewati, tanpa harus mengetik alamat seperti biasanya. Pengguna juga akan dapat menyimpan rute transportasi publik favorit untuk mengetahui jadwal kedatangan dan keberangkatan, termasuk juga jika ada jadwal yang tertunda, secara langsung melalui tab Go tersebut.

Berbagi Aplikasi Tanpa Internet

Saat ini sudah memungkinkan untuk bisa membagikan konten multimedia dengan pengguna Android terdekat. Sebentar lagi, juga akan memungkinkan untuk berbagi aplikasi baik itu secara satu-satu atau dalam jumlah banyak menggunakan Google Play. Meski kondisinya tanpa ada jaringan internet.

Leave a Reply

Send this to a friend