Aplikasi Google Maps Pembaruan Terbaru

Pembaruan Google Maps Akan Gantikan Keberadaan Android Auto

NESABAMEDIA.COMDalam beberapa minggu belakangan, Google mengumumkan adanya sejumlah fitur baru yang hadir di aplikasi Google Maps, dan babak baru pembaruan yang dirilis pada minggu ini diharapkan bisa menjadi jalan pembuka untuk mengenalkan fitur baru tersebut. 

Pertama adalah pembaruan yang dirilis pada tanggal 10 November kemarin untuk kanal stabil dengan versi 10.53.2, dan dua hari berikutnya Google kembali merilis pembaruan versi 10.54.0. Dan kemarin, Google juga diketahui kembali merilis pembaruan dengan sedikit revisi dan menjadikan versi menjadi 10.54.1 dan juga versi beta 10.55.0 yang sedang memasuki tahap pengujian.

Seperti yang terlihat, Google tidak hanya merilis pembaruan minor, yang biasanya bertujuan untuk memperbaiki bug yang ada di sana-sini, tetapi juga merilis pembaruan yang penting, yang kemungkinan menjadi jalan pembuka untuk pembaruan yang lebih besar lagi. 

Pembaruan itu memberikan perubahan tambahan pada informasi seperti, tingkat kesibukan atau keramaian suatu lokasi, peningkatan mode gelap, serta peningkatan navigasi AR. Diprediksi nantinya Google juga akan menghadirkan pembaruan sangat besar untuk mode navigasi di Maps.

Lebih lanjut, perubahan besar itu adalah fitur mode mengemudi khusus yang seharusnya bisa hadir lebih cepat dan kemungkinan akan menggantikan keberadaan Android Auto untuk smartphone. 

Dengan menjadikan Google Maps sebagai aplikasi inti, mode mengemudi khusus ini diharapkan bisa memberikan pengalaman yang jauh lebih nyaman saat mengendarai kendaraan, menawarkan akses sekali ketuk untuk fitur-fitur ponsel utama seperti melakukan panggilan, aplikasi musik, hingga Google Assistant.

Dengan kata lain, pembaruan yang terinspirasi dari banyak-sedikitnya aplikasi Android Auto pada Google Maps, pada akhirnya akan menggantikan secara penuh keberadaan dari Android Auto itu sendiri. 

Google sebenarnya tetap menutup erat-erat informasi mengenai fitur baru ini, namun keberadaanya terungkap dari kode yang tersimpan pada pembaruan terbaru dari aplikasi itu. Dan diyakini, pengembangan dari fitur yang ada di Google Maps tidak akan berhenti di situ saja. Akan banyak sekali fitur baru yang sedang dikerjakan oleh Google, dan akan dihadirkan dalam waktu dekat.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend