Oppo Fast Charging 125W Super VOOC

Teknologi Fast Charging 125W Oppo, Akan Hadir Pada Kuartal Pertama 2021

NESABAMEDIA.COMSepertinya pengguna smartphone akan mulai bisa mendapatkan teknologi pengisian daya baterai 125W Fast Charging, pada kuartal pertama tahun 2021 nanti. Seperti dari sebuah bocoran yang diungkap oleh Digital Chat Station, yang menyebutkan bahwa teknologi Fast Charging 125W milik Oppo akan mulai dipasarkan pada kuartal pertama tahun depan. 

Seperti yang sudah diketahui, Oppo pertama kali menginformasikan soal teknologi Fast Charging 125W ini pada bulan Juli lalu. Pada saat itu, Oppo menjelaskan mengenai detail dari teknologi tersebut, namun tidak mengungkap kapan pengguna mulai bisa mendapatkannya.

Jika bocoran tersebut informasinya akurat, maka kehadirannya bisa dibilang lebih cepat dari perkiraan. Namun tidak bisa dipastikan juga jika teknologi Fast Charging 65W milik Oppo juga akan mulai tersedia dalam kurun waktu yang sama. Pasalnya, teknologi Fast Charging 65W diumumkan oleh Oppo bersamaan dengan pengumuman soal teknologi Fast Charging 125W.

Lebih lanjut, teknologi milik Oppo ini dibangun menggunakan protokol yang sama, seperti yang ada pada 65W yakni protokol SuperVOOC 2.0. Diketahui, Oppo meningkatkan voltase hingga 20W, sementara tegangannya diturunkan menjadi 6.25A saat dilakukan pengisian ulang. 

Hasilnya, bisa menjadikan adanya peningkatan kepadatan daya. Teknologi fast charging baru itu diketahui juga menggunakan dua sel baterai 6C, dibandingkan dengan sel 3C yang ada pada fast charging 65W. 

Struktur yang ada pada teknologi juga ditingkatkan, termasuk dengan adanya tiga pompa pengisian daya bersifat paralel, dan juga Microcontroller Unit (MCU) yang terintegrasi agar pengisian daya bisa menjadi lebih efisien. 

Pada pengumuman bulan Juli lalu, Oppo juga mengatakan bahwa teknologi fast charging-nya ini mampu mengisi baterai berkapasitas 4,000 mAh sebanyak 41 persen dari total seluruhnya, hanya dalam waktu 5 menit. Sementara untuk bisa mendapatkan kapasitas penuh, dari 0 sampai 100 persen, membutuhkan waktu setidaknya sekitar 20 menitan. 

Masalah keamanan untuk teknologi itu juga ditingkatkan dan diperbarui oleh Oppo. Mereka menambahkan 10 sensor pendeteksi suhu. Sejumlah pihak juga berharap, teknologi fast charging 125W ini melakukan debut bersamaan dengan flagship baru dari Oppo.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend