Whatsapp Web Windows 10 Edge Browser

Whatsapp Web Blokir Akses Microsoft Edge Versi Lama di Windows 10

NESABAMEDIA.COMMicrosoft telah meluncurkan browser Edge yang didukung oleh Chromium, namun pada saat yang sama, untuk versi lama masih dibundel dengan Windows 10 dengan alasan kompatibilitas.

Dengan demikian, para pengembang aplikasi untuk browser Edge versi lama, masih bisa menggunakannya, meski sudah ada versi browser Edge dengan teknologi baru. 

Namun penemuan baru-baru ini mengungkapkan bahwa banyak layanan aplikasi yang tergesa-gesa untuk segera berpindah dari browser Edge versi lama, dan salah satunya adalah seperti yang dilakukan oleh aplikasi Whatsapp Web.

Whatsapp Web yang merupakan aplikasi perpesanan yang dibuat untuk pengguna komputer desktop agar bisa menggunakan layanan Whatsapp, memblokir akses layanan mereka untuk pengguna yang masih memakai browser Edge versi lama. Mereka memaksa pengguna untuk menggunakan browser Edge versi baru yang sudah berbasis mesin Chromium. Atau mereka menawarkan alternatif dengan menggunakan browser lain seperti Chrome dan Firefox, yang sudah mendukung.

Memang keputusan untuk menonaktifkan browser Edge versi lama bukanlah sebuah keputusan yang mengejutkan, namun apa yang dilakukan oleh Whatsapp Web ini dianggap terlalu cepat, dan tentunya bisa mengakibatkan munculnya masalah baru pada aplikasi Whatsapp yang dibuat untuk browser Edge ini. 

Dengan kata lain ada kemungkinan cukup besar aplikasi Whatsapp tidak bisa digunakan, jadi menggunakan browser lain atau menggunakan Whatsapp versi Desktop bisa menjadi jalan alternatif satu-satunya. 

Sementara itu di sisi lain, Microsoft rupanya bertaruh cukup besar pada browser Edge berbasis mesin Chromium tersebut. Berkat perubahan basis platform itu, browser Edge kini telah berkembang luas hingga melampaui sistem operasi Windows 10 itu sendiri. Kini browser Edge telah bisa digunakan atau mendukung untuk perangkat yang berbasis Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, hingga MacOS

Tak sampai di situ, browser Edge berbasis Chromium juga disebutkan tengah menjalani uji coba untuk bisa dikolaborasikan dengan sistem operasi open-source Linux. Dan diperkirakan, kepastian kapan Edge bisa untuk digunakan di sistem operasi Linux, setidaknya bisa digunakan pada awal tahun 2021 mendatang, tepatnya di bulan Januari.

Leave a Reply

Send this to a friend