5 Kampus IT Terbaik di Dunia, Apa Saja Kelebihannya ?

Pendidikan adalah hal yang paling penting untuk para generasi muda Indonesia. Karena pendidikan dapat membuat kita menjadi orang yang lebih baik dan mampu bersaing di dunia pekerjaan.

Tidak hanya dapat bersaing di dalam negeri, pemerintah juga berharap anak-anak Indonesia juga mampu bersaing di luar negeri. Maka dari itu, pilihan universitas pun juga menjadi sorotan bagi sebagian siswa dan siswi Indonesia untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi.

Banyak Universitas-universitas di dunia yang sangat bagus. Tidak hanya bagus, tetapi fasilitas-fasilitas yang disediakannya pun cukup lumayan elite.

Pada artikel ini, akan dibahas tentang 5 kampus terbaik di dunia. Menurutmu apa kelebihan dari universitas tersebut ?

1. MIT (Massachusetts Institute of Technology)

MIT

MassLive

Siapa yang tidak mengenal universitas yang terkenal satu ini ? pasti kamu semua sudah pada tahu dong ya, karena Massachusetts Institute of Technology ini sering disebut-sebut sebagai kampus IT atau computer terbaik di dunia.

Kampus ini terletak di kota Cambridge, Massachussetts lebih tepatnya terletak di seberang Sungai Charles dari distrik Back Bay di Boston, Amerika Serikat. Kampus ini juga memiliki 32 separtemen yang sengaja di khususkan pada bidang sains dan penelitian teknologi.

MIT didirikan pada tahun 1861 dan resmi dibuka pada tahun 1865. Tidak hanya baik dalam segi teknologi dan teknik, kampus ini juga telah mengembangkan cabang dengan jurusan seperti ekonomi, manajemen, biologi dan ilmu politik dalam waktu 60 tahun belakangan ini.

Penghargaan Nobel juga telah di menangkan oleh komunitas MIT sebanyak 59 dari anggota komunitas tersebut. Computer Science and Artificial Intelligence Laboratory dan Media Lab adalah dua buah laboraturium yang cukup terkenal di departemennya.

Selain laboraturium yang memiliki fasilitas yang sangat lengkap dan cukup terkenal, kampus ini juga menyediakan perumahan di salah satu asrama yang sangat terkenal di Amerika Serikat yaitu asrama yang biasa disebut “The Sponge”.

Asrama ini dirancang oleh arsitek yang bernama Steven Holl. Tetapi hanya mahasiswa baru saja yang diwajibkan untuk menetap sementara di kampus, tetapi tetap ada 70% mahasiswa dan mahasiswi yang tetap memilih menetap di kampus selama empat tahun pendidikan mereka.

Fokus dari kampus ini adalah pada penelitian tentang teknologi dan ilmiah, lalu dibagi menjadi lima sekolah dan satu perguruan tinggi.

Alumni dari Massachusetts of Technology yang terkenal yaitu Fisikawan yang bernama Richard Feynman , SB  yang pernah menjadi Pemenang Nobel Fisika, Astronot pemilik nama Apollo 11 Buzz Aldrin, ScD, Mantan Sekjen PBB yang bernama Kofi Annan, SM dan Gubernur Bank Federal Reserve yang bernama Ben Bernanke, PhD.

The Guardian pernah melakukan sebuah survey, dan dikatakan bahwa para lulusan dari MIT sekarang telah membangun perusahaan sebanyak 25.800 dan telah mempekerjakan orang sebanyak 3 juta orang. Dan skor yang di dapat yaitu mencapai dengan skor 93,8 di peringkat QS.

2. Stanford University

Stanford University

Image : Aerogramme Writers’ Studio

Stanford university juga sering disebut dengan Leland Stanford Junior University adalah sebuah kampus swasta yang didirikan pada tahun 1891. Terletak di Stanford, California, Amerika Serikat dan luasnya sekitar 33.1 km².

Kampus Stanford memiliki pemenang terbanyak pada penghargaan Turing atau biasanya dijuluki “Nobel Prize Ilmu Komputer” dalam kategori institusi tunggal.  Majalah Forbes mengatakan perusahaan terbaik di Silicon Valley erat kaitannya dengan Universitas Stanford.

Perusahaan-perusahaan yang didirikan oleh alumni dari kampus ini juga menghasilkan lebih dari $ 2,7 trilliun untuk pendapatan per tahunnya. Perusahaan terkemuka seperti PayPal, Yahoo!, Nike, Google, Firefox, Sun Microsystems dan lain-lain adalah perusahaan-perusahaan yang telah didirikan oleh alumni maupun fakultas Universitas Stanford.

Dalam bidang akademisnya, Stanford selalu membuka banyak kesempatan pada mahasiswanya untuk terus berkarya dan membuat suatu hal yang bermanfaat. Contohnya pada Riset, di jurusan Computer science.

Pada akhir tahun pertama, mahasiswa sudah memiliki kesempatan riset di musim panas. Mahasiswa dan mahasiswi S1 di wajibkan mengambil 3 kelas menulis yang basisnya research, jadi seluruh mahasiswa sudah mengetahui dasar-dasar menulis research paper pada tingkat duanya.

Kegiatan ini sangat efektif karena dapat mencetak generasi-generasi yang berpikir kritis dan kreatif dibidang ke-ilmuan. Karena fasilitas yang Stanford terkenal sangat lengkap dengan professor yang sangat berkompeten dibidangnya.

Berkat sistem akademis yang telah di lakukan tersebut, Universitas Stanford ditempatkan pada posisi ketiga di dunia sebagai universitas dengan penelitian terbaik oleh ARWU (Academic Ranking of World Universities) pada tahun 2010.

Berminat untuk mendaftar di Stanford?

3. Oxford University

Oxford University

Image : Daily Mail

Oxford adalah perguruan tinggi berbahasa inggris tertua di dunia. Letak universitas ini berada di kota Oxford, Britania Raya.

Karna kurangnya dokumentasi dan sejarah, hingga kini tidak ditahui kapan universitas besar ini di dirikan. Tetapi beredar kabar bahwasanya pada abad ke 11, kampus ini sudah di dirikan.

Universitas Oxford memiliki fasilitas perpustakaan terbesar di Britania Raya yang koleksi bukunya mencapai 11 juta eksemplar. Dipastikan kalau kamu berkuliah di universitas ini, kamu tidak akan kehabisan buku untuk di baca.

Sama seperti Stanford, kampus ini juga sangat mengedepankan bidang riset dan bekerja sama dengan perusahaan yang sudah terkenal hingga tingkat internasional. Maka dari itu, lulusan-lulusan dari kampus ini selalu diminati oleh para pebisnis internasional.

Times Good Universiry Guide pada tahun 2013, telah merilis Universitas Oxford menduduki posisi ke 1 sebagai universitas terbaik di dunia selama kurun waktu 11 tahun berturut-turut.

Dengan peringkat tersebut, universitas ini diakui telah menjadi kampus paling berpengaruh di dunia. Salah satu start up teknologi DeepMind, mampu membawa nama Universitas Oxford menjadi salah satu universitas teknologi terbaik di dunia.

4. Harvard University

Harvard University

Image : Times Higher Education

Kamu pasti sering mendengar tentang kampus yang satu ini, kan? Atau bahkan kamu pernah bermimpi untuk melanjutkan kuliah di kampus Harvard? Ya, kampus ini merupakan salah satu kampus tertua di Amerika Serikat.

Universitas ini terletak di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat. Kampus ini juga didirikan pada tahun 1636. Harvard merupakan kampus yang sangat ketat dalam proses penyeleksi calon mahasiswanya. Tidak heran, karena kampus ini memiliki nilai unggu dalam bidang akademis dan salah satu kampus yang bergengsi di dunia.

Fasilitas lainnya yang akan kamu dapatkan jika bersekolah disini yaitu, perpustakaan Harvard University ini merupakan perpustakaan terbesar kedua di dunia.

Jurnal maupun paper yang di terbitkan oleh Universitas Harvard banyak menjadi pedoman bagi peneliti yang lain di seluruh dunia. Untuk mencapai hasil yang memuaskan.

Dan universitas ini merupakan universitas yang pernah di duduki oleh CEO Facebook, yaitu Mark Zuckerberg. Walaupun pada saat itu ia drop out.

5. Cambridge University

Cambridge University

Image ; Crompton House School

Universitas kedua tertua berbahasa inggris ini terletak di kota Cambridge, Cambridgeshire, Inggris. Persyaratan masuk pada kampus ini paling ketat di daerah Britania Raya dan menjadi yang paling ketat juga di dunia.

Penghargaan nobel pun banyak yang di menangkan oleh Cambridge yaitu sebanyak 80 penghargaan Nobel. Ini merukapan penghargaan Nobel paling banyak dibandingkan dengan universitas lainnya di dunia.

Jurusan Ilmu Komputer dan Sistem Informasi dari Universitas Cambridge mendapatkan skor senilai 89,8 dari QS.

Itulah 5  kampus IT terbaik dan semuanya merupakan kampus paling bergengsi di dunia. Apakah kamu berminat untuk mencoba ?

 

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply