• Our Partners:

15 Contoh Surat Keterangan Penghasilan, Domisili, Pindah Sekolah, Magang Dll

Untuk mengajukan suatu keinginan baik itu beasiswa, penelitian, dan urusan lainnya tentu akan membutuhkan berbagai macam berkas untuk mendukung tercapainya tujuan.

Sehingga persiapan untuk melengkapi berkas sangat diperlukan dalam hal ini. Untuk itu, dalam proses melengkapi berkas juga tidak boleh sembarangan dan sesuka hati.

Karena tidak semua berkas bisa didapatkan sendiri, melainkan ada campur tangan orang lain atau pihak lainnya. Oleh karena itu, perlu diperhatikan dan dipatuhi prosedur yang ada untuk melengkapi berkas yang diperlukan.

[ez-toc]

Kumpulan Contoh Surat Keterangan

Salah satu berkas yang diperlukan dalam berbagai macam keperluan adalah surat keterangan. Surat  ini biasanya digunakan untuk membuat pernyataan yang menyatakan bahwa orang tersebut benar-benar memiliki data sesuai aslinya dan tidak dibuat-buat. Berikut merupakan beberapa contoh surat pernyataan yang sering digunakan dan dibutuhkan:

1. Contoh Surat Keterangan Penghasilan

Ketika anda bekerja dalam suatu perusahaan atau instansi, maka biasanya anda akan mendapatkan penghasilan setiap bulannya. Penghasilan ini adalah bentuk dari reward dari kerja keras yang telah anda lakukan dalam menjadi karyawan atau pegawai perusahaan.

Terkadang dalam beberapa kegiatan atau pengajuan, terdapat berkas surat keterangan penghasilan yang harus anda berikan. Nah surat keterangan penghasilan ini akan anda dapatkan bisa diminta ke bagian administrasi kantor atau sebagainya. Berikut merupakan contoh surat keterangan penghasilan;

Contoh Surat Keterangan Penghasilan

2. Contoh Surat Keterangan Kerja untuk KPR

Ketika anda sudah berorientasi atau berkeinginan untuk membeli rumah. Maka, anda harus sudah merencanakannya dengan matang. Salah satu berkas yang harus anda lengkapi adalah surat keterangan kerja untuk mengajukan KPR.

Surat ini bisa anda minta langsung ke tempat dimana anda bekerja, dan mengutarakan keperluan surat ini digunakan untuk mengajukan KPR. Berikut merupakan contoh dari surat keterangan kerja untuk KPR:

Surat Keterangan Kerja Untuk KPR

3. Contoh Surat Keterangan Domisili

Domisili merupakan istilah untuk seseorang menetap disuatu daerah. Sehingga jika anda adalah bukan asli orang dari daerah tersebut dan anda ingin menetap didaerah itu, maka anda akan memerlukan surat keterangan domisili ini sebagai bukti anda benar-benar tinggal didaerah tersebut.

Surat keterangan domisili ini juga bisa digunakan untuk membuktikan bahwa seseorang memang benar-benar tinggal di daerah yang dimaksudkan dalam surat. Sehingga kebenaran surat tersebut bisa dipertanggung jawabkan. Berikut merupakan contoh surat keterangan domisili:

Contoh Surat Keterangan Domisili

4. Contoh Surat Keterangan Usaha

Ketika akan menjalankan sebuah usaha, seperti membuka ruko ataupun usaha lainnya tentu akan membutuhkan beberapa dokumen agar usaha tersebut legal dan resmi serta tidak melanggar undang-undang yang berlaku di Indonesia.

Sehingga salah satunya dibutuhkan surat keterangan usaha yang bisa didapatkan di lembaga terkait. Surat ini diperlukan untuk menerangkan bahwa usaha yang anda jalankan adalah usaha yang resmi secara hukum dan sesuai dengan undang-undang yang berlaku di Indonesia. Berikut merupakan contoh surat keterangan usaha:

Surat Keterangan Usaha

5. Contoh Surat Keterangan Sekolah

Ketika kita sedang berada dibangku sekolah, tentu akan ada banyak hal yang membuat kita membutuhkan surat keterangan sekolah. Surat ini biasa digunakan untuk menerengkan secara jelas bahwa anda adalah benar-benar siswa atau siswi dari sekolah tersebut. Surat ini bisa digunakan untuk keperluan mendaftar beasiswa, magang di perusahaan dan keperluan lainnya. Berikut merupakan contoh surat keterangan sekolah yang bisa digunakan:

Contoh Surat Keterangan Sekolah

6. Contoh Surat Keterangan Pindah Sekolah

Pindah sekolah bisa menjadi hal yang wajar karena biasanya mengikuti orang tua yang dipindah tempatkan oleh tempat kerjanya. Selain itu, biasanya terjadi hal lain yang mengharuskan siswa harus pindah sekolah. Sehingga ketika hal ini terjadi, sekolah lama harus mengeluarkan surat keterangan pindah sekolah.

Guna dari surat ini adalah sebagai bukti rekomendasi ke sekolah baru bahwa memang siswa tersebut menginginkan pindah dan bukan terkena masalah. Berikut merupakan contoh surat keterangan pindah sekolah:

Surat Keterangan Pindah Sekolah

7. Contoh Surat Keterangan Kuliah

Sama halnya ketika sedang berada ditingkat sekolah, saat berada di bangku kuliah juga tetap membutuhkan surat keterangan kuliah untuk beberapa hal yang membutuhkan berkas tersebut.

Sehingga ketika seseorang membutuhkan surat tersebut, maka bisa dipastikan bahwa surat tersebut akan digunakan sebagai salah satu berkas pendukung dari agenda atau acara yang ingin dicapai dari siswa, salah satu contohnya adalah magang, beasiswa, dan lain sebagainya. Berikut merupakan contoh dari surat keterangan kuliah:

Surat Keterangan Kuliah

8. Contoh Surat Keterangan Magang

Magang atau bisa disebut juga dengan kerja praktik merupakan salah satu pengalaman yang besar dan sebaiknya dimiliki ketika masih berada di bangku sekolah atau kuliah.

Dengan adanya pengalaman magang di perusahaan, maka secara tidak langsung kita bisa mendapatkan pengalaman bagaimana kehidupan kerja secara langsung.

Salah satu berkas yang diperoleh dari magang adalah sertifikat magang atau bisa juga dengan surat keterangan magang. Dimana dengan adanya surat ini, maka seseorang telah diakui bahwa telah menjalankan magang di perusahaan tersebut. Berikut merupakan contoh dari surat keterangan magang:

Contoh Surat Keterangan Magang

9. Contoh Surat Keterangan Lulus

Surat keterangan lulus atau bisa disebut dengan SKL menjadi salah satu berkas yang dibutuhkan untuk melanjutkan sekolah ataupun mendaftar kerja ketika ijazah belum diterbitkan secara sah.

Dengan adanya surat ini kita diakui bahwa telah menyelesaikan studi di sekolah tempat kita mencari ilmu atau universitas. Sehingga adanya surat ini bisa digunakan sebagai pengganti ijazah untuk sementara. Berikut merupakan contoh surat keterangan lulus;

Surat Keterangan Lulus

10. Contoh Surat Keterangan Perusahaan

Dalam kehidupan kerja, seperti dilingkungan perusahaan atau yang lainnya, tentu akan membutuhkan beberapa dokumen untuk melengkapi perusahaan tersebut didirikan secara sah dan resmi. Salah satu dokumennya adalah surat keterangan perusahaan.

Dimana dokumen ini digunakan sebagai bukti yang sah dan resmi bahwa perusahaan tersebut beroperasi secara legal dan tidak melanggar undang-undang yang berlaku. Berikut merupakan contoh dari surat keterangan perusahaan:

Surat Keterangan Perusahaan

11. Contoh Surat Keterangan Tidak Mampu

Tidak semua masyarakat indonesia adalah orang-orang dengan status menengah keatas. Namun, masih banyak orang-orang yang menengah kebawah di Indonesia.

Salah satu contoh untuk perihal pendidikan, banyak masyarakat menengah kebawah yang terus berjuang agar bisa melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Salah satunya dengan adanya beasiswa.

Beasiswa ini biasanya membutuhkan surat keterangan tidak mampu untuk melengkapi persyaratan admnistrasinya, sehingga sebagai masyarakat menengah kebawah, bisa mengajukan surat tersebut ke kelurahan setempat agar bisa digunakan untuk mendaftar beasiswa tersebut. Berikut merupakan contoh surat keterangan tidak mampu:

Surat Keterangan Tidak Mampu

12. Contoh Surat Keterangan Pengalaman Kerja

Memiliki pengalaman kerja menjadi hal yang sangat penting untuk dimiliki karena bisa digunakan sebagai bukti yang dapat dituliskan di curriculum vitae atau surat lamaran pekerjaan. Surat keterangan pengalaman kerja ini bisa didapatkan ketika seseorang telah bekerja di perusahaan atau instansi tertentu dengan minimal waktu yang telah ditetapkan. Berikut merupakan contoh surat keterangan pengalaman kerja:

Surat Keterangan Pengalaman Kerja

13. Contoh Surat Keterangan Ahli Waris

Surat keterangan ahli waris merupakan surat yang bisa digunakan untuk menerangkan mengenai ahli waris yang ditunjuk untuk mendapatkan hak-haknya mengenai ahli waris. Dengan adanya surat ini, seseorang yang ditunjuk sebagai ahli waris menjadi sah dan resmi sebagai ahli waris. Berikut merupakan contoh surat keterangan ahli waris yang bisa digunakan:

Surat Keterangan Aktif Mengajar

14. Contoh Surat Keterangan Aktif Mengajar

Berprofesi sebagai pengajar menjadi hal yang sangat mulia dan baik karena bisa menyebarkan berbagai informasi bermanfaat untuk banyak orang.

Dengan adanya orang yang berprofesi sebagai pengajar ini bisa menjadi salah satu tempat kita untuk mencari ilmu dan mendapatkan banyak peluang baru untuk mendapatkan pengetahuan baru. Untuk itu terkadang surat keterangan aktif mengajar ini bisa digunakan sebagai bukti bahwa seseorang memang benar-benar aktif mengajar. Berikut merupakan contoh surat keterangan aktif mengajar:

Surat Keterangan Ahli Waris

15. Contoh Surat Keterangan Belum Menikah

Surat keterangan belum menikah biasanya digunakan untuk orang-orang yang belum menikah dan ingin mencari pekerjaan. Dimana, surat ini digunakan untuk menerangkan sebagai bukti secara tertulis bahwa seseorang tersebut memang benar-benar belum menikah. Berikut merupakan contoh surat keterangan belum menikah:

Surat Keterangan Belum Menikah

Dengan adanya beberapa contoh surat keterangan yang bisa dijadikan sebagai referensi contoh untuk membuat surat keterangan sesuai dengan masing-masing tujuan dan fungsinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Editor: Muchammad Zakaria

Download berbagai jenis aplikasi terbaru, mulai dari aplikasi windows, android, driver dan sistem operasi secara gratis hanya di Nesabamedia.com:

Download Software Windows

Download Aplikasi Android

Download Driver Printer

Download Sistem Operasi

Percayalah bahwa apa yang kamu impikan, suatu saat dapat tercapai meskipun jalan yang ditempuh tidak seindah yang kamu kira. So, believe yourself “you can do it”.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments