• Our Partners:

10 Contoh Recount Text Beserta Artinya, Lengkap dengan General Structure!

Dalam artikel kali ini akan membahas tentang beberapa contoh recount text beserta artinya. Tahukah Anda bahwa jenis teks didalam bahasa Inggris ada 13 ?

Mungkin sebagian dari kita hanya mengetahui beberapa jenis teks, seperti descriptive textnarrative textprocedure text, atau report text. Padahal, recount text juga termasuk kedalam jenis teks dalam bahasa Inggris yang wajib Anda pelajari, sebab menjadi materi pokok dalam kurikulum 2013. Nah, apa pengertian dari recount text?

Recount text merupakan suatu bentuk teks yang berisikan cerita atau urutan kejadian di masa lampau (past tense). Isi cerita diambil dari pengalaman pribadi seseorang yang sudah terjadi di masa lalu. Dengan membuat recount text berarti kita akan mengingat kembali kejadian masa lalu dan menjadikannya kedalam bentuk cerita.

[ez-toc]

Contoh Recount Text dan Artinya

Sebelum membuat beberapa contoh recount text, Anda harus memahami terlebih dahulu bahwa recount text memiliki struktur umumnya, yakni orientation, event dan re-orientation.

• Orientation, biasanya terletak di awal paragraf yang menceritakan latar, seperti waktu dan tempat kejadian.
  • Event, berisi tentang kejadian yang diceritakan secara berurutan berdasarkan waktunya.
  • Re-orientation, berisi tentang penutup dari kejadian yang merupakan ringkasan dari informasi sebelumnya.

1. Contoh Recount Text tentang Liburan di Rumah

Contoh Recount Text tentang Liburan di Rumah

Holiday at Home
(Liburan di Rumah)

Orientation (Pembukaan)

Last thursday was my day off. I didn’t go anywhere. I just stay at home for two weeks to did the same activities routinely, over and over again. I felt that was the worst day I have ever passed.

Hari Kamis yang lalu adalah hari liburku. Aku tidak pergi kemana-mana. Aku hanya menghabiskan waktu dirumah dengan melakukan aktivitas yang sama, lagi dan lagi. Aku merasa itu menjadi hari terburuk yang pernah aku alami.

Event (Isi)

I  woke up earlier and did subuh prayer. After that, I had breakfast with my family in the morning. At 08.00 am, I turned on computer and played many games. Not felt, it was 10.00 o’clock, I rushed to take a bath to freshen my body.

Then, I watched my favorite TV programs until it almost midday. At 01.00 pm, I went to bathroom to ablution and immediately did zuhur prayer. Then, I had lunch and helped my mother to clean the house.

Because I was tired, I felt asleep on the couch. Unexpectedly, after waking up I had a guest who could cheer me up, my aunt came with her child. I kept playing with my nieces until nightfall.

Saya bangun lebih awal dan melakukan sholat subuh. Setelah itu, saya sarapan bersama keluarga di pagi harinya. Pada jam 8.00, aku menghidupkan komputer dan bermain game. Tak terasa, sudah pukul 10.00. Saya bergegas mandi untuk menyegarkan badanku.

Kemudian, aku menonton acara TV kesukaanku hingga menjelang siang. Pada pukul 13.00, Aku pergi ke kamar mandi untuk berwudhu dan segera melakukan sholat zuhur. Lalu, aku makan siang dan membantu ibu membersihkan rumah.

Karena kecapekan, aku tertidur di sofa. Tak disangka, setelah bangun tidur aku sudah kedatangan tamu yang bisa menghibur hati, bibi datang bersama anaknya yang masih kecil. Aku terus bermain bersama keponakanku hingga menjelang malam.

Re-orientation (Kesimpulan)

Although just a home holiday, at least to refresh my mind from the routine activities in the office.

Meskipun hanya liburan dirumah, paling tidak dapat menyegarkan pikiranku untuk menjalankan aktivitas rutin di kantor. Kami berangkat pukul

2. Contoh Recount Text tentang Liburan ke Pantai

ilustrasi liburan di pantai

Going to Cermin Beach
(Pergi ke Pantai Cermin)

Orientation (Pembukaan)

A few months ago, I went to Cermin beach with my family. It is located in Serdang Bedagai district about 53 km from Medan city, North Sumatera. The trip there took about 1,5 hours. We left from Medan at 07.30 using a car and we arrived about 09.00 o’clock.

Beberapa bulan yang lalu, aku pergi ke pantai Cermin bersama keluarga. Lokasi pantai itu terletak di Kabupaten Serdang Bedagai, sekitar 53 km dari kota Medan, Sumatera Utara. Perjalanan kesana membutuhkan waktu 1,5 jam. Kami berangkat dari kota medan pukul 07.30 menggunakan mobil dan kami sampai sekitar pukul 09.00.

Event (Isi)

As arrived there, my parents rented a hut to take a rest. I and my brother immediately ran towards the beach. It looked sunny day with the blue sky and I felt a gentle breeze. The waves there were suitable for swimming, but unfortunately I couldn’t swim. I just played with white sand and built a sand castle. I didn’t forget to take a selfie with the background of  beautiful beach.

At noon, I began to feel hungry. I approached the rented hut. Apparently, my mother had prepared food for us. I felt happy to be able to vacation with family and enjoyed the beauty of nature created by God.

Sesampainya disana, orang tua saya menyewa pondok untuk tempat beristirahat. Aku dan adik berlari mendekati pantai. Aku dan adik langsung berlari mendekati pantai. Saat itu hari terlihat sangat cerah dengan langit biru dan aku merasakan hembusan angin yang sepoi-sepoi. Ombak disana cocok untuk berenang, namun sayangnya aku tidak bisa berenang. Aku hanya bermain pasir putih dan membangun sebuah istana pasir. Aku pun tak lupa mengambil foto selfie dengan latar belakang pantai yang sangat indah.

Di siang hari, aku mulai merasa lapar. Aku mendekati pondok yang disewa. Rupanya, ibuku sudah menyiapkan makanan untuk kami. Aku merasa senang bisa berlibur bersama keluarga dan menikmati keindahan alam yang diciptakan oleh Tuhan.

Re-orientation (Kesimpulan)

Not felt, the day had begun in the evening. We hurried to go home. Before went to home, I bought some souvenirs there. Finally, we arrived at 6:00 PM because the trip was jammed.

Tak terasa, hari sudah mulai petang. Kami bergegas untuk pulang ke rumah. Sebelum pulang, aku membeli beberapa oleh-oleh disana. Akhirnya, kami sampai di rumah pukul 18.00 karena sepanjang perjalanan macet.

3. Contoh Recount Text tentang Liburan Sekolah

Contoh Recount Text tentang Liburan Sekolah

Visiting Uncle’s House
(Mengunjungi Rumah Paman)

Orientation (Pembukaan)

The last semester vacation was an unexpected holiday. Because, I didn’t have any vacation schedule. But, my father gave me a surprise. I was very happy and excited to visit my uncle who had not met for two years.

Liburan semester yang lalu merupakan liburan yang tak pernah terlupakan. Pasalnya, aku tidak memiliki jadwal liburan apapun. Tapi, ayahku memberikan kejutan untukku. Aku diajak pergi berlibur ke Panyabungan, tempat paman tinggal. Aku sangat senang dan terharu bisa mengunjungi paman yang sudah dua tahun tidak bertemu.

Event (Isi)

I prepared everything needed to go on vacation. After that, dad invited me to go to the terminal because we did left at 05.00 pm. The trip that must be taken to Panyabungan was around 13 hours. Along the way, I saw such an amazing view from the bus window.

The next day, we arrived at 08.00 am. I didn’t expect them to gather to greet us.On the day, I had to take a rest for freshen my body.

The second day there, I did taken by my uncle to go to the garden to harvest oranges. The location of garden was not far from Uncle’s house. Arriving there, I was happy to be able to pick oranges directly from the tree. The oranges that had been picked were sold and some were for souvenirs.

The third day, I and uncle went to the river for take a bath.  I did amazed to see the water that was so clear. There, I found many people busy to washing and bathing.

The holiday was over, I had to go back to Medan to continue the routine activities. While there, I got a lot of experience and visited family that I had never met before.

Aku pun menyiapkan segala yang diperlukan untuk pergi berlibur. Setelah itu, ayah mengajakku pergi ke terminal karena kami akan berangkat pukul 17.00. Perjalanan yang harus ditempuh ke Panyabungan sekitar 13 jam. Di sepanjang jalan, aku melihat pemandangan yang begitu menakjubkan dari jendela bus.

Keesokan harinya, kami pun sampai pada pukul 08.00. Aku tak menyangka mereka sudah berkumpul. menyambut kami. Di hari itu, aku harus istirahat untuk menyegarkan badanku.

Hari kedua disana, aku diajak paman pergi ke kebun untuk memanen jeruk. Lokasi kebun tidak jauh dari rumah paman. Sesampainya disana, aku senang bisa memetik jeruk langsung dari pohonnya. Jeruk yang sudah dipetik ada yang dijual dan sebagiannya lagi untuk oleh-oleh.

Hari ketiga, aku dan paman pergi ke sungai untuk mandi. Aku terpukau melihat airnya yang begitu jernih. Disana, aku menemukan banyak orang sibuk mencuci dan mandi.

Liburan pun usai, aku harus kembali pulang ke Medan untuk melanjutkan aktivitas rutin. Selama disana, aku mendapat banyak pengalaman dan mengunjungi keluarga yang belum pernah aku temui sebelumnya.

Re-orientation (Kesimpulan)

Although it was a short vacation, it was a memorable holiday for me. I got a lot of experience there.

Walaupun itu liburan singkat, namun itu menjadi liburan yang mengesankan bagiku. Aku mendapatkan banyak pengalaman disana.

4. Contoh Recount Text tentang Pengalaman Pribadi

ilustrasi pengalaman naik motor

My First Experience
(Pengalaman Pertamaku)

Orientation (Pembukaan)

At that time, I was 17 years old. I asked my father to give me a gift which is a motorcycle. However, my wish was rejected by my father because I was still an adult. Then, I asked my father to teach me to ride a motorcycle. Initially, my father refused my request and promised to teach me next year, but I sulked.

Waktu itu, usiaku sudah memasuki 17 tahun. Aku meminta ayah untuk memberiku kado yaitu sepeda motor. Namun, keinginanku ditolak ayah karena aku masih belum dewasa. Lalu, aku meminta ayah untuk mengajariku mengendarai motor. Awalnya, ayah menolak permintaanku dan berjanji akan mengajariku tahun depan, tapi aku merajuk.

Event (Isi)

Finally, my father tought me to ride a motorcycle in a field near the house. Father gave instructions on how to drive it. First, my father led me from behind and I was riding on my father. Over time, I want to try it myself. I was happy and proud to be riding a motorcycle.

A few days later, I tried to ride a motorcycle on the narrow street of my house. I was nervous when there was another motorcycle in front of me. Unexpectedly, my motorcycle hit the wall which made me falled from the motorbike.

Akhirnya, ayah mau mengajariku mengendarai motor di lapangan yang ada didekat rumah. Ayah memberikan petunjuk bagaimana cara mengendarainya. Pertama, ayah menuntunku dari belakang dan aku yang membonceng ayah. Lama-kelamaan, aku ingin mencobanya sendiri. Aku senang dan bangga bisa mengendarai motor.

Beberapa hari kemudian, aku mencoba mengendarai motor di jalan rumahku yang sempit. Aku gugup ketika ada motor lain didepanku. Tidak disangka, motorku menabrak tembok yang membuatku jatuh dari motor.

Re-orientation (Kesimpulan)

I was afraid of being scolded when I got home. But the reality, my father was very proud of me. I was also given advice to be more calm in driving.

Aku takut dimarahi ketika sampai dirumah. Tapi kenyataannya, ayah sangat bangga kepadaku. Aku juga diberi nasihat agar lebih tenang dalam berkendara.

5. Contoh Recount Text tentang Pengalaman Buruk

Contoh Recount Text tentang Pengalaman Buruk

Came Late to School
(Datang Terlambat ke Sekolah)

Orientation (Pembukaan)

Last Wednesday, I was late for school. That’s because I played online games until 3:00 a.m.

Hari rabu yang lalu, aku terlambat datang ke sekolah. Hal itu dikarenakan aku bermain game online hingga pukul 03.00 pagi.

Event (Isi)

At 5:30 a.m., my mom tried to wake me up. But, I ignored mother’s words and continued to sleep again. Suddenly, I was jolted from my sleep and saw it was after 06:30. Without thinking, I took a towel and immediately ran towards the bathroom. I saw breakfast that had been served by my mother. But, I didn’t have time to have breakfast.

Usually, I go to school with my mother. But, mother had gone to the office before I woke up. Finally, I went to school by public transportation.

It showed at 06.49, the public transportation that I wanted arrived. The trip to school took about 8 minutes. Because it was busy, the streets began to jam and made my trip a longer time.

I arrived at school at 7:10. While the class starts at 07.00. I ran to the classroom, but the teacher didn’t let me in because it was past schedule.

Pukul 05.30, Ibu sudah coba membangunkanku. Tapi, aku tidak menghiraukan perkataan ibu dan lanjut tidur lagi. Tiba-tiba, aku tersentak dari tidurku dan melihat jam sudah menunjukkan pukul 06.30. Tanpa pikir panjang, aku mengambil handuk dan segera lari menuju kamar mandi. Aku melihat sarapan yang sudah dihidangkan oleh ibu. Tapi, aku tidak sempat untuk sarapan.

Biasanya, aku pergi sekolah bersama ibu. Tapi, ibu sudah pergi ke kantor sebelum aku bangun. Akhirnya, aku pun pergi menggunakan angkutan umum.

Waktu sudah menunjukkan pukul 06.49, angkutan umum yang aku inginkan pun tiba. Perjalanan ke sekolah membutuhkan waktu sekitar 8 menit saja. Karena sudah jam sibuk, jalanan mulai macet dan membuat perjalanan saya menjadi lebih lama.

Saya tiba di sekolah pukul 07.10. Sedangkan kelas dimulai pukul 07.00. Saya berlari menuju ruang kelas, namun guru tidak mempersilakan masuk karena sudah lewat dari jadwal.

Re-orientation (Kesimpulan)

Finally, I had to stand outside the classroom and lost one lesson. I was embarrassed and promised not to repeat it again.

Akhirnya, saya harus berdiri di luar kelas dan kehilangan satu jam pelajaran. Aku malu dan berjanji untuk tidak mengulanginya lagi.

6. Contoh Recount Text tentang Sejarah

ilustrasi tentang sejarah

Sumpah Pemuda Day
(Hari Sumpah Pemuda)

Orientation (Pembukaan)

Sumpah Pemuda was a day that is celebrated as a pledge of the nations the homeland Indonesia. This oath was considered as a form of the spirit of the Indonesian people in upholding the ideals of Indonesian independence.

Sumpah Pemuda merupakan hari yang diperingati sebagai suatu ikrar anak bangsa terhadap tanah air Indonesia. Sumpah ini dianggap sebagai bentuk semangat bangsa Indonesia dalam menegakkan cita-cita kemerdekaan Indonesia.

Event (Isi)

The “Sumpah Pemuda” Congress was held on October 27-28, 1928 in the city of Jakarta. Then, the day was celebrated every year as the “Sumpah Pemuda” day. Several youth organizations attended the congress such as Jong Java, Jong Batak, Jong Celebes, Jong Sumatranen Bond, Jong Islamieten, Jong Ambon, and others.

Kongres “Sumpah Pemuda” diadakan pada tanggal 27 hingga 28 Oktober 1928 di kota Jakarta. Tanggal 28 oktober kemudian diperingati setiap tahunnya sebagai hari “Sumpah Pemuda”. Kongres tersebut dihadiri oleh para pemuda dan organisasi pergerakan kepemudaan yaitu Jong Java, Jong Batak, Jong Celebes, Jong Sumatranen Bond, Jong Islamieten, Jong Ambon, dan lain-lain.

Re-orientation (Kesimpulan)

The expected results of the Sumpah Pemuda congress were to formulate the homeland, the nation and the Indonesian language. Later, this formula was used as the principle of the unity of the Indonesian nation.

Hasil yang diharapkan dari kongres Sumpah Pemuda adalah merumuskan tentang tanah air, bangsa dan bahasa Indonesia. Nantinya, rumusan ini digunakan sebagai asas persatuan bangsa Indonesia.

7. Contoh Recount Text tentang Idola

ilustrasi tentang idola

Short Biography of Habibie
(Biografi Singkat Habibie)

Orientation (Pembukaan)

Bacharuddin Jusuf Habibie or well known as BJ. Habibie was the third president of the Republic Indonesia. He was born in Pare-pare on June 25, 1936, the fourth child of the couple Alwi Abdul Jalil and RA. Tuti Marini Puspowardojo.

Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang lebih dikenal dengan sebutan BJ. Habibie merupakan presiden Republik Indonesia yang ketiga. Beliau lahir di Pare-pare pada 25 Juni 1936, anak keempat dari pasangan Alwi Abdul Jalil dan RA. Tuti Marini Puspowardojo.

Event (Isi)

When he was a teenager, his father died of a heart attack or precisely on 13 September 1950. Since then, his mother had supported eight children alone.

BJ. Habibie was known as a charismatic and intelligent figure. He got a myriad of achievements and awards, both from Indonesia and internationally. In addition, Habibie was known as a person who is firm, friendly and refined.

Ketika Ia beranjak remaja, ayahnya meninggal terkena serangan jantung atau tepatnya pada 13 september 1950. Sejak itulah, ibunya menghidupi kedelapan orang anaknya seorang diri.

BJ. Habibie dikenal sebagai sosok yang kharismatik dan cerdas. Segudang prestasi dan penghargaan Ia peroleh, baik dari Indonesia atau internasional. Selain itu, habibie dikenal sebagai seorang yang tegas, ramah dan halus.

Re-orientation (Kesimpulan)

Habibie was suitable to be the figure who gave the biggest change for Indonesia. This was evidenced by his success in establishing the first aircraft industry in the Southeast Asia region

Habibie cocok menjadi tokoh yang memberikan perubahan terbesar bagi Indonesia. Hal itu dibuktikan dari kesuksesannya mendirikan industri pesawat pertama di kawasan Asia Tenggara.

8. Contoh Recount Text tentang Memancing

ilustrasi tentang memancing di sungai

Fishing on The River
(Memancing di Sungai)

Orientation (Pembukaan)

Yesterday, my father didn’t work and he took me to spend time going fishing to the river. In the morning, my father took me to the market to buy all fishing equipment. After that, we rushed to the river.

Kemarin, ayah tidak bekerja dan Ia mengajak saya untuk menghabiskan waktu dengan pergi memancing ke sungai. Di pagi harinya, ayah membawa saya pergi ke pasar untuk membeli segala perlengkapan memancing. Setelah itu, kami bergegas menuju sungai.

Event (Isi)

Arriving at the river, I saw many people fishing too. I can’t wait to start. But, I can’t install the hook properly so my father helped me put a hook with the worm that was used as bait.

Then, the father practiced how to throw hooks into the river. I tried it too. I was getting bored because there were no signs of getting fish. Suddenly, I felt the hook move. I immediately moved the hook up and down. I picked up the hook slowly and managed to get a big enough fish. I’m happy and proud because I can enjoy the catch.

Sesampai di sungai, saya melihat banyak orang yang memancing juga. Saya sudah tidak sabar untuk memulainya. Tapi, saya belum bisa memasang kail dengan baik sehingga ayah membantuku memasang kail dengan cacing yang dijadikan umpannya.

Lalu, ayah mempraktekkan bagaimana cara melempar kail ke sungai. Aku pun mencobanya. Saya sudah mulai bosan karena belum ada tanda-tanda mendapatkan ikan. Tiba-tiba, saya merasakan kail bergerak. Saya langsung menggerakkan kail ke atas dan kebawah. Saya angkat kail secara perlahan dan berhasil mendapatkan ikan yang cukup besar. Aku senang dan bangga karena bisa menikmati hasil tangkapan.

Re-orientation (Kesimpulan)

After being satisfied with fishing, we went home. When I got home, I gave the fish to the mother to cook. We ate the fish ravenously.

Setelah puas memancing, kami pun pulang. Sesampainya dirumah, aku memberikan ikan kepada ibu untuk dimasak. Kami menyantap ikan dengan lahap.

9. Contoh Recount Text tentang Memasak

ilustrasi tentang memasak
Orientation (Pembukaan)Cooking was my hobby. I got a new thing when cooking. On January 10, I wanted to give a surprise for my mother. I wanted to make a birthday cake for him.Memasak adalah hobiku. Aku mendapatkan suatu hal yang baru ketika memasak. Pada 10 Januari kemarin, aku ingin memberikan sebuah kejutan untuk ibu. Aku ingin membuat kue ulang tahun untuk nya.

Event (Isi)

That morning, I accidentally woke up late. When mom had went to work, I wake up. I immediately took a shower and prepared to go to the market. I would boght all the ingredients and equipment to make cakes. After buying all the ingredients I had to return home.

When I got home, I went straight to the kitchen. The first thing I had to did prepare the equipment was used to make the cake, such as mixer, oven, scales, spatulas and baking pan. I did combined the yolk, the egg white, and sugar to shake until fluffy. Then, enter flour, the cocoa powder, chocolate paste and baking powder. And stir them until spread out.

After that, I poured it into an oval baking dish and heated the oven to 175 degrees. The time needed to burn the cake was about 45 minutes. Finally, the cake was cooked. I began to decorate the cake to make it look attractive.

Pagi itu, aku sengaja bangun telat. Ketika ibu sudah pergi bekerja, aku pun bangun. Aku segera mandi dan bersiap untuk pergi ke pasar. Aku akan membeli semua bahan dan peralatan untuk membuat kue. Setelah membeli semua bahan akupun kembali pulang.

Ketika saya sampai di rumah, saya langsung pergi ke dapur. Hal pertama yang harus saya lakukan adalah menyiapkan peralatan yang digunakan untuk membuat kue, seperti mixer, oven, timbangan, spatula dan loyang. Saya menggabungkan kuning telur, putih telur, dan gula hingga kocok sampai mengembang. Lalu, masukkan tepung, bubuk cokelat, pasta cokelat dan baking powder. Dan aduk sampai menyebar.

Setelah itu, aku pun menuangkannya ke dalam loyang yang berbentuk oval dan memanaskan oven hingga 175 derajat. Waktu yang dibutuhkan untuk membakar kue sekitar 45 menit. Akhirnya, kue pun masak. Aku mulai menghiasi kue agar terlihat menarik.

Re-orientation (Kesimpulan)

When my mother came home, I brought a cake and sang a birthday song for her. Mother moved that surprise me given. I hugged my mother and said love to her.

Ketika ibu sudah pulang, aku membawakan kue dan menyanyikan lagu ulang tahun untuknya. Ibu pun menangis haru karena kejutan yang aku berikan. Aku pun memeluk ibu.

10. Contoh Recount Text tentang Mendaki Gunung

ilustrasi tentang mendaki
Orientation (Pembukaan)3 days ago, I went to Mount Sibayak with my friends. This was the first time I climbed a mountain and I did it with them. Before leaving, I began packing all the equipment needed, such as eating and drinking equipment, mountain sandals or shoes, medicines, flashlights and spare batteries, carrying bags and more.3 hari yang lalu, aku pergi ke gunung Sibayak bersama teman-temanku. Ini adalah pertama kalinya aku mendaki gunung dan aku lakukan bersama mereka.Sebelum pergi, aku mulai mengemas semua peralatan yang dibutuhkan, seperti peralatan makan dan minum, sandal atau sepatu gunung, obat-obatan, senter dan baterai cadangan, tas gendong dan lainnya.

Event (Isi)

We started climbing at 4:00 a.m. At that time, the day was getting dark and visibility was getting narrower. We used a flashlight to illuminate and find the hiking trail. To get to the top, we spent around 2 to 3 hours. I was a beginner climber, so I only followed the directions of friends who were already professionals climber.

Finally, we arrived at the top of the mountain at 6:00. Apparently, there I saw many people who arrived before we arrived. While waiting for the sun to rise, we cooked food and drinks to warm our bodies. We also sang together and got to know each other.

The sun began to rise. I was amazed to see the beautiful natural panorama of the mountain peak. Once satisfied, we had to go back home. Getting down was not as hard as climbing, we only spent a little energy. Moreover, there were alternative routes for climbers who descend.

Kami mulai mendaki pada pukul 04.00 pagi. Ketika itu, hari sudah mulai gelap dan jarak pandang semakin sempit. Kami menggunakan senter untuk menerangi dan menemukan jalur pendakian. Untuk sampai ke puncak, kami menghabiskan waktu sekitar 2 hingga 3 jam. Aku memang pendaki pemula sehingga aku hanya mengikuti arahan dari teman-teman yang sudah profesional mendaki.

Akhirnya, kami pun sampai di puncak gunung pada pukul 06.00. Ternyata, disana aku melihat banyak orang yang sudah sampai sebelum kami datang. Sambil menunggu matahari terbit, kami memasak makanan dan minuman untuk menghangatkan badan. Kami juga bernyanyi bersama dan saling berkenalan.

Matahari pun mulai terbit. Aku takjub melihat panorama alam yang sangat indah dari puncak gunung. Setelah puas, kami pun kembali pulang.Turun gunung tidak secapek saat mendaki, kami hanya menghabiskan energi yang sedikit. Apalagi, sudah tersedia jalur alternatif untuk pendaki yang turun.

Re-orientation (Kesimpulan)

For me this was an impressive first experience. Tiredness and fatigue was replaced with the natural beauty I saw.

Bagiku ini adalah pengalaman pertama yang mengesankan. Rasa capek dan lelah tergantikan dengan keindahan alam yang aku lihat.

Demikianlah beberapa contoh recount text dilengkapi dengan artinya. Semoga artikel diatas bermanfaat dan bisa membantu Anda untuk lebih menambah wawasan jenis teks dalam bahasa Inggris.

Editor: Muchammad Zakaria

Download berbagai jenis aplikasi terbaru, mulai dari aplikasi windows, android, driver dan sistem operasi secara gratis hanya di Nesabamedia.com:

Download Software Windows

Download Aplikasi Android

Download Driver Printer

Download Sistem Operasi

Irmayani Syafitri

Hargai setiap waktu yang dimiliki