5+ Contoh Kalimat Present Perfect Tense Positif, Negatif, Interogatif Dll + Artinya

Belajar bahasa Inggris menjadi sangat penting untuk dilakukan. Hal ini karena perkembangan zaman dan teknologi yang begitu pesat. Salah satu contoh belajar bahasa inggris yang dilakukan adalah belajar kalimat present perfect tense.

Present Perfect tense merupakan suatu tense yang menjelaskan mengenai suatu kejadian dimasa lalu, yang masih berlanjut hingga saat ini.

Jenis tense ini banyak digunakan untuk menyampaikan adanya informasi di masa lalu yang masih memiliki kelanjutan pada sekarang ini. Untuk mempermudah belajar tense ini, berikut merupakan beberapa contoh kalimat present perfect tense:

1. Contoh Kalimat Present Perfect Tense Positif

Contoh Kalimat Present Perfect Tense Positif

Untuk memudahkan pembelajaran mengenai kalimat present perfect tense positif, berikut beberapa contoh kalimat tersebut:

  1. I have told you not to distrub my friends. (Artinya adalah saya sudah memberitahumu untuk tidak menganggu teman-teman saya)
  2. I have been gone to Singapore for five times. (Artinya adalah saya sudah pernah pergi ke singapore lima kali)
  3. He has drunk two bottles of coke, he must be get sore throat now. (Artinya adalah dia (laki-laki) telah minum 2 botol cola, dia pasti sakit radang tenggorokan sekarang)
  4. My rabbit has just passed away due to an accident on the road. (Artinya adalah kelinciku baru saja meninggal karena kecelakaan di jalan)
  5. The mechanic has fixed my motorcycle, so I can go along with my friends to Puncak. (Artinya adalah Pak mekanik/montir telah memperbaiki motorku, jadi aku bisa pergi dengan teman-teman ke puncak)
  6. She has worked so hard to study today, she had better take a rest before her exam. (Artinya adalah Dia (perempuan) sudah bekerja keras untuk belajar hari ini, sebaiknya dia beristirahat sebelum ujianmu)

Baca juga : Contoh Kalimat Simple Past Tense

2. Contoh Kalimat Present Perfect Tense Negatif

Contoh Kalimat Present Perfect Tense Negatif

Untuk memudahkan pembelajaran mengenai kalimat present perfect tense negatif, berikut beberapa contoh kalimat tersebut:

  1. I am sorry, I haven’t watched Joker movie. (Artinya adalah Maafkan aku, aku belum menonton film joker)
  2. My laptop is off, because i haven’t charged it yet. (Artinya adalah laptop aku mati, karena aku belum mengisi beterainya)
  3. Lala has not finished her english project to interview. (Artinya adalah lala belum menyelesaikan tugas bahasa inggrisnya untuk wawancara)
  4. I am so sleepy, but I have not studied for next subject. (Artinya adalah saya sudah mengantuk, tapi saya belum belajar untuk pelejaran selanjutnya)
  5. I am so sorry, I haven’t join with your team for this research. (Artinya adalah maafkan aku, aku tidak bisa bergabung dengan timmu untuk penelitian ini)
  6. The class has not begun yet, you’re not late. (Artinya adalah kelasnya belum dimulai, kamu tidak terlambat)

Baca juga : Contoh Kalimat Imperative dalam Bahasa Inggris

3. Contoh Kalimat Present Perfect Tense Interogatif

Contoh Kalimat Present Perfect Tense Interogatif

Untuk memudahkan pembelajaran mengenai kalimat present perfect tense interogatif, berikut beberapa contoh kalimat tersebut:

  1. Have you purchased a cake for ali’s party? (Artinya adalah apakah kamu sudah membeli kue untuk pestanya ali?)
  2. Have you already been accepted in Standford University? (Artinya adalah apakah kamu sudah diterima di Universitas Standford?)
  3. Has the rain stopped now? (Artinya adalah apakah hujannya sudah berhenti sekarang?)
  4. Have you ate your breakfast before going to the school? (Artinya adalah apakah kamu sudah makan sarapanmu sebelum berangkat ke sekolah?)
  5. Have you purchased all needs for art painting class? (Artinya adalah apakah kamu sudah membeli semua peralatan untuk kelas seni melukis?)
  6. Has Mr Bobby fixed my laptop? (Artinya adalah apakah Pak bobby sudah memperbaiki laptop saya?

4. Contoh Kalimat Present Perfect Tense Verbal

Contoh Kalimat Present Perfect Tense Verbal

Untuk memudahkan pembelajaran mengenai kalimat present perfect tense verbal, berikut beberapa contoh kalimat tersebut:

  1. Mr Rino has resigned from startup company. (Artinya adalah Pak rino telah mengundurkan diri dari perusahaan startup)
  2. Lani has sent a message for study group at the cafe, but I forgot it. (Artinya adalah lani sudah mengirimkan pesan untuk belajar kelompok di cafe, tapi saya lupa hal itu)
  3. Nonik hasn’t eaten her lunch yet. (Artinya adalah nonik masih belum makan siang)
  4. We have waited our supervisor for discussion about this research topic. (Artinya adalah kami telah menunggu pembimbing kami untuk berdiskusi tentang topik penelitian ini)
  5. Has your mother called you? (Artinya adalah apakah ibumu telah meneleponmu?)
  6. Cyntia has moved to New York since 1 month ago. (Artinya adalah Cyntia telah pindah ke New York sejak satu bulan yang lalu)

Baca juga : Contoh Application Letter Bahasa Inggris

5. Contoh Kalimat Present Perfect Tense Nominal

Contoh Kalimat Present Perfect Tense Nominal

Untuk memudahkan pembelajaran mengenai kalimat present perfect tense nominal, berikut beberapa contoh kalimat tersebut:

  1. Lesya has been my bestsister and bestfriend since elementary school. (Artinya adalah lesya telah menjadi saudara terbaik dan sahabat baikku sejak sekolah dasar)
  2. Mona hasn’t been here. (Artinya adalah mona belum pernah kesini)
  3. Julia has been excited about her final presentation of this research. (Artinya adalah julia sangat senang dengan presentasi penelitian terakhirnya)
  4. It has been a long time since the last time we met in Taiwan. (Artinya adalah sudah lama sejak terakhir klai kita bertemu di Taiwan)
  5. Has joni been to your house before? (Artinya adalah apakah joni pernah ke rumahmu sebelumnya?)
  6. Vira has been sick since yesterday. (Artinya adalah vira telah sakit sejak kemarin)

Dengan adanya informasi mengenai contoh-contoh kalimat present perfect tense ini, dapat membantu anda dalam belajar bahasa inggris. Meskipun tidak secara general menjelaskan semua tense yang ada dalam bahasa inggris, setidaknya dalam artikel ini dijelaskan beragam kalimat present perfect tense. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Send this to a friend