• Our Partners:

Pengertian Sistem Operasi Jaringan : Fungsi, Karakteristik dan Contohnya

Dalam berbagai perangkat, baik itu Android, IOS dan juga Desktop maupun Windows pasti memiliki sistem operasi salah satunya adalah sistem operasi jaringan.

Sistem operasi jaringan memiliki tugas yang berbeda-beda disetiap perangkatnya, namun tujuannya tetap sama. Pada umumnya sistem operasi jaringan memiliki pengertian, fungsi, karakter dan juga contoh-contoh.

Apakah anda belum mengetahui tentang pengertian sistem operasi jaringan? Mungkin anda adalah orang yang tepat ketika berada disini. Kenapa? Karena kami disini akan membahas mengenai sistem operasi jaringan, mulai dari pengertian, fungsi, karakter dan contoh-contohnya. Semuanya itu akan kami bahas secara detail sehingga dapat mengerti tentang apa itu sistem operasi jaringan. Berikut pembahasannya.

Pengertian Sistem Operasi Jaringan

Pengertian-Sistem-Operasi-Jaringan

Apa itu Sistem Operasi jaringan? Dalam Wikipedia mengatakan kalau network operating system atau dalam bahasa kita adalah sistem operasi jaringan yang adalah salah satu jenis dari sistem operasi dengan tujuan untuk menangani masalah pada jaringan.

Pada umumnya suatu sistem operasi terdiri dari banyak service atau layanan dimana ini dapat melayani para pengguna atau user. Misalnya layanan yang berbagi berkas, alat, pencetak atau printer, HTTP service, DNS service dan lain-lainnya. Pada dasarnya istilah tersebut sudah dikenal pada tahun 1980 hingga tahun yang ke 1990.

Jika kita melihat pengertian dari sistem operasi dimana ini merupakan salah satu perangkat yang dapat mengelolah sumber daya terhadap perangkat keras atau hardware. Dimana ini mampu menyediakan sebuah pelayanan pada setiap aplikasi yang terdapat di perangkat lunak. Dengan begitu kita bisa artikan kalau sistem operasi jaringan merupakan sebuah sistem operasi yang dapat mencegah beragam masalah di suatu jaringan.

Fungsi Sistem Operasi Jaringan

Fungsi Sistem Operasi Jaringan

Fungsi dari sistem operasi jaringan adalah salah satu sistem yang mungkin sering kita temui dalam kehidupan kita, terutama pada dunia internet atau era modern.

Internet telah menjadi suatu kebutuhan dalam kehidupan banyak orang yang sehari-hari, salah satunya pada saat ini anda sedang menggunakan data seluler untuk membaca artikel ini. Adanya sistem operasi jaringan dalam kehidupan kita, maka kita akan merasakan dampak-dampak negatif maupun positif.

Pada umumnya sistem operasi jaringan memiliki 9 fungsi utama. Seperti apa fungsi utamanya? Yuk kita simak ulasan yang ada dibawah ini.

  • Untuk menghubungkan sebuah perangkat yang lainnya pada jaringan yang sudah dibuat dari sebelumnya.
  • Pengelolahan sumber daya dari jaringan yang sudah dibuat.
  • Untuk menyediakan keamanan pada jaringan agar multiple pengguna bisa terhubung ke suatu jaringan.
  • Sebagai penyedia layanan tertentu pada perangkat yang telah terhubung dengan salah satu jaringan.
  • Pembantu perangkat klien serta sumber daya yang lainnya agar menjadi lebih mudah dalam prosesnya.
  • Untuk melakukan suatu proses monitor dengan status serta fungsi dari elemen-elemen disuatu jaringan.
  • Untuk melakukan suatu proses distribusi terhadap program yang mengupdate software pada perangkat klien yang sudah terhubung dengan jaringan.
  • Untuk membantu penggunaan server pada suatu jaringan terhadap kemampuan komputer dengan cara yang efisien.
  • Untuk membantu menyediakan sebuah toleransi pada yang sering terjadi.

Selain 9 fungsi yang ada diatas, ada juga fungsi dari sistem operasi jaringan yang harus diketahui oleh anda. Dimana fungsi tersebut memiliki sebuah kemampuan agar bisa membantu sebuah server yang mengelolah data, baik itu keluar maupun masuk pada sebuah jaringan. Bahkn fungsi dari sistem operasi jaringan mampu mengamankan suatu otoritas, pembatasan akses dan juga salah satu pengentrolan akses yang pada umumnya.

Karakter Sistem Operasi Jaringan

Ada 5 karakteristik dari sistem operasi jaringan yang harus diketahui oleh anda. Apa saja kelima karakteristik tersebut? Berikut 5 karakteristik dari suatu sistem operasi jaringan.

  1. Sebagai tempat pengendali sumber daya pada jaringan.
  2. Sebagai penyedia akses, tentu saja memiliki keamanan dalam jaringan.
  3. Sebuah pengijinan pada remot pengguna yang terkoneksi dalam jaringan.
  4. Dapat mengijinkan suatu pemakaian agar bisa terkoneksi pada jaringan yang ada di dalam internet.
  5. Memback up setiap data atau melindungi dengan cara menyimpan data sehingga dapat dipastikan kalau data tersebut masih ada atau sudah tersedia.

Contoh Sistem Operasi Jaringan

Contoh Sistem Operasi Jaringan

Selain memiliki pengertian, karakter dan fungsi, sistem operasi jaringan juga memiliki sebuah contoh yang bisa membuat anda lebih paham mengenai suatu sistem operasi jaringan. Contoh dari sistem operasi jaringan bisa kita lihat dari kedua versinya, yakni Sistem Operasi Jaringan yang berbasis GUI dan Sistem Operasi Jaringan yang berbasis Text. Apa itu Sistem Operasi Jaringan GUI dan Text? Berikut pembahasannya.

A. Sistem Operasi Jaringan GUI

Sistem Operasi Jaringan GUI (Graphical User Interface) merupakan salah satu jenis sistem operasi yang berpenampilan antar muka dengan desain atraktif sehingga bisa membuat para pengguna komputer menjadi lebih nyaman. Sistem operasi ini salah satu pengembangan dari sistem operasi yang berbasis text.

B. Sistem Operasi Jaringan Text

Sistem Operasi Jaringan Text atau CLI (Command Line Interface) merupakan salah satu sistem opersi yang berpenampilan antar mukanya hanya dengan menampilkan sebuah text saja yang berupa huruf, angka dan juga karakter khusus. Jika kita lihat dari tampilannya, sistem operasi yang berbasis Text kurang merasa nyaman serta kurang menyenangkan untuk setiap para pengguna.

Terus Bagaimana Contoh Dari Sistem Operasi Jaringan?

Nah dari dua versi yang ada diatas, kita bisa mendapatkan berbagai macam contoh yang menggunakan sebuah sistem tersebut. Kalau kita melihat contoh dari versi GUI, anda bisa melihat contoh seperti yang dibawah ini.

  • Windows NT 3.51
  • Windows server 2000
  • Windows XP
  • Windows Server 2003
  • Linux Red Hat
  • Novell Net Ware
  • Microsoft MS-NET
  • Microsoft LAN Manager

Sedangkan jika kita melihat dari pengertian sistem operasi jaringan yang berbasis Text, anda akan mendapatkan contoh-contoh seperti yang ada dibawah ini.

  • UNIX
  • Linux Debian
  • Linux Suse
  • Linux Mandrake
  • MacOS
  • Windows NT
  • Windows Server 2000
  • Windos Server 2003
  • Knoppix
  • Sun Solaris

Itulah pengertian sistem operasi jaringan beserta fungsi, karakteristik dan contohnya yang perlu kita ketahui. Semoga bermanfaat dan mudah dipahami!

Editor: Muchammad Zakaria

Download berbagai jenis aplikasi terbaru, mulai dari aplikasi windows, android, driver dan sistem operasi secara gratis hanya di Nesabamedia.com:

Download Software Windows

Download Aplikasi Android

Download Driver Printer

Download Sistem Operasi

Muchammad Zakaria Nesabamedia.com

Founder dan Chief Editor di Nesabamedia.com. Lebih suka nonton film ketimbang menulis, menulis kalau lagi mood aja. Salam kenal ya!

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments