Akhirnya, Samsung Galaxy Tab A 10.1 dan Tab A 8.0 Jajal Android 10

Hingga saat ini, eksistensi tablet sebagai gadget berukuran layar lebar tetap terjaga. Samsung menjadi perusahaan ternama yang masih meluncurkan tablet populer, salah satu edisi dengan harga yang lebih terjangkau adalah Samsung Galaxy Tab A.

Karena tablet masih diminati oleh banyak orang, Samsung pun terus menjaga kualitas produknya dengan memasang sistem operasi terbaru yaitu Android 10 pada tablet yang masih dijual di pasaran. Adapun edisi tablet yang dimaksud ialah Samsung Galaxy Tab A 10.1 dan Tab A 8.0. Kedua edisi tablet Samsung tersebut telah rilis sejak tahun 2019 lalu.

Pembaruan seiring dengan penerapan Android 10 ialah desain user interface (UI) yaitu One UI 2.0. Dilansir oleh Samsung, tayangan baru pada tablet akan menjadi lebih sederhana, elegan, dan tetap berfokus pada elemen penting. Tampilan generasi kedua ini mengusung desain lebih ramping serta mendukung mode gelap yang lebih canggih. Mode gelap diklaim dapat menghemat daya gadget serta meminimalisir kerusakan mata karena menatap layar terlalu lama.

Adapun edisi firmware untuk pembaruan Samsung Galaxy Tab A 10.1 ialah T515XXU4BTFK. Sementara edisi firmware untuk penerapan Android 10 pada Samsung Galaxy Tab A 8.0 ialah P205DXU5BTFB. Sementara, varian tablet yang boleh menjajal Android 10 masih terbatas pada edisi LTE saja. Ke depannya, Samsung berkomitmen untuk menjalankan Android 10 pada tablet dengan model Wi-Fi yang lebih murah.

Samsung Galaxy Tab A 8.0

Untuk mencoba pembaruan, Anda harus menuju menu Pengaturan (Setting), kemudian memilih submenu Pembaruan sistem (System Update). Terakhir, Anda perlu menjalankan langkah Unduh dan pasang (Download and install). Anda pun tinggal menunggu waktu pemrosesan supaya Android 10 dapat berjalan sepenuhnya. Durasi pengunduhan ini akan berbeda pada setiap tablet bergantung pada koneksi internet dan baterai. Supaya lebih cepat, Anda perlu memastikan koneksi internet stabil dan kapasitas baterai yang cukup.

Sebelum meresmikan pembaruan pada Galaxy Tab A 8.0 dan Tab A 10.1, Samsung telah memasang Android 10 untuk Galaxy Tab S4 dan Tab S5e. Jika memiliki Samsung Galaxy Tab A 8.0 dan Tab A 10.1, Anda tentu tidak jadi berganti gadget karena kualitas dan performanya masih terjaga. Terlebih lagi, langkah pembaruan tergolong mudah dilakukan. Selamat mencoba, ya!

Leave a Reply

Send this to a friend