4 Cara Memperbaiki Koneksi Internet di Android, yang Pertama Paling Ampuh!

Banyaknya pengguna smartphone, membuat perusahaan ternama berlomba-lomba untuk mengeluarkan produk yang paling cangih. Smartphone ini jelas sudah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia terlebih dengan adanya internet. Istilahnya, percuma handphone canggih tapi tak punya kuota internet.

Setelah internet telah terhubung, pengguna bisa mengakses apapun melalui browser. Tetapi, tidak selamanya koneksi internet selalu kencang dan mudah didapat. Masalah yang sering dialami oleh pengguna android ialah koneksi internet yang terputus secara tiba-tiba karena telah melewati lokasi yang tak terjangkau jaringan atau jaringan yang tiba-tiba berubah dari yang 4G menjadI 3G.

Lalu, bagaimana cara memperbaiki koneksi internet di Android tersebut? Yuk, simak penjelasan cara memperbaiki koneksi internet di Android di bawah ini.

4 Cara Memperbaiki Koneksi Internet di Android

1. Mode pesawat

Ketika koneksi internet bermasalah, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menon-aktifkan mode pesawat.

1. Hidupkan data network pada smartphone Anda.

Cara Memperbaiki Koneksi Internet

2. Kemudian, pilih airplane mode untuk mengaktifkan mode pesawat. Tunggu beberapa menit, lalu matikan mode pesawat tersebut. Cara ini cukup ambuh dan terbukti berhasil untuk mengembalikan koneksi internet yang bermasalah

Screenshot_20180910_164756

2. Restart

1. Pertama, tekan lama tombol kunci pada smartphone Anda. Selanjutnya, akan muncul dua pilihan. Pilih menu reboot untuk mematikan

Cara Memperbaiki Koneksi Internet

2. Kedua, sentuh layar pada bagian bawah handphone, lalu geser ke atas (swipe up) untuk menampilkan notification bar, lalu klik menu reboot.

cara mengatasi troubleshoot koneksi internet

3. Masukkan APN secara manual

Pada bagian ini, Anda bisa memasukkan APN secara manual pada smartphone sesuai dengan kartu provider yang Anda gunakan. Setiap kartu provider memiliki APN yang berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya, cara memasukkan APN secara manual bisa Anda lihat disini.

4. Reset VPN

1. Pertama, buka tampilan notification bar pada smartphone Anda. Kemudian, klik logo settings, seperti gambar di bawah ini.

Screenshot_20180910_164810

2. Kedua, pilih menu dual cards and mobile networks, lalu pilih APN.

Cara Memperbaiki Koneksi Internet

3. Ketiga, untuk mereset seluruh APN yang telah dibuat, klik Reset to Default. Selanjutnya, APN akan dikembalikan ke pengaturan awal.

cara memperbaiki koneksi internet di Android

Cukup mudah, kan? Sekarang Anda tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu internet Anda bermasalah padahal kuota internet masih banyak. Anda bisa mencoba beberapa cara memperbaiki koneksi internet di Android diatas untuk mengembalikan jaringan pada android. Terimakasih dan semoga bermanfaat!

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply